6 Infografik Penting (juga Keren) Untuk Pengusaha Muslim

Di sini, saya akan menyajikan beberapa infografik yang sudah saya kumpulkan dari belantara maya. Diantaranya ada yang memvisualisasikan tentang pengaruh warna terhadap keputusan konsumen (sayang banget kalau tidak melihat dan mengunduh visualisasi ini), tentang social media, SEO, facebook, twitter, Google, Apple, dan ah ….. tanpa banyak berpanjang lebar, selamat menikmati lukisan informasi ini ya akhi.

1. How do Colors Affect Purchases?

color

Infografik ini dibuat oleh KISSMetric – perusahaan yang didirikan oleh Neil Patel – untuk memvisualisasikan hasil-hasil penelitian terkait pengaruh warna terhadap konsumen. Cukup mengejutkan ketika mengetahui bahwa warna atau tampilan visual suatu produk ternyata menjadi faktor utama yang mempengaruhi konsumen untuk membeli atau tidak.

2. The Facebook NATION

Info visual satu ini dipersembahkan oleh Tim dari FusionChart. Di dalamnya terdapat visualisasi yang cantik tapi tetap sederhana. Desainer infografik ini tampaknya memfokuskan diri untuk menyajikan semua data tentang facebook – dalam rentang waktu desember 2010 sampai februari 2011 – dalam bentuk visual. Apa saja? Populasi member facebook berdasarkan negara, jenis kelamin, umur, brand yang disukai (like), dan lain-lain. Anda yang sering berjualan atau memasarkan produk di fb mungkin perlu sekali dengan infografik ini.

3. SEO FAQS – A Guide

Sesuai dengan namanya, infografik ini tampaknya memang khusus dibuat untuk memberikan visualisasi tentang SEO (Search Engine Optimization). Melalui infografik ini, penikmat diajak untuk menelusuri efek yang bisa ditimbulkan oleh sebuah tulisan untuk suatu situs bila bisa tampil di social bookmarking terkenal seperti Digg atau stumbleupon. Selain itu ada juga visualisasi tentang cara mengoptimalisasi halaman supaya diindeks dengan baik oleh mesin pencari ….. dan masih ada beberapa hal lagi tentunya. Tim dari DataDial mempersembahkannya untuk kita semua. Thanks!

4. The Social Network Wars

Sebuah infografik sangat sederhana tentang perbandingan fitur-fitur yang dimiliki oleh 5 social network besar di kolong bumi; facebook, twitter, linkedin, google+, dan tumblr. Di infografik ini, desainernya hanya menggunakan dua warna sebagai simbolisasi apakah sebuah jejaring sosial memiliki fitur tertentu ataukah tidak. Kalau ada berarti “pink”, kalau tidak ada maka “orange”. So simple, so sweet. Grab it!

5. TABLET TAKEOVER – The State of The Tablet PC in the Enterprise

Saat ini tablet PC sedang booming. Pastinya gara-gara Apple dengan iPad-nya. Melalui infografik ini, para pembaca akan diajak untuk menikmati info seputar apa dan bagaimana sebuah gadget yang disebut tablet digunakan di perusahaan. Apa hubungannya dengan pengusaha muslim? Hei, siapa tahu Anda jadi berubah pikiran tentang tablet setelah melihat infografik ini?! Hihihihi, boleh toh …

6. ODE TO STEVE JOBS – Real Artist Shipped

Nah yang satu ini juga sayang kalau dilewatkan. Sebuah infografik yang dibuat khusus untuk memperingati mundurnya Steve Jobs dari kursi CEO perusahaan teknologi yang paling dikagumi di seluruh dunia saat ini, Apple. Di infografik ini, sang desainer melukiskan periode-periode penting seorang Steve selaku CEO Apple. Sejak mendirikan Apple Computer bersama Steve Wozniak sampai ketika ia merilis iClouds. Salah satu kutipan yang saya sangat sukai dari infografik ini adalah ketika Steve Jobs memperkenalkan iMac pada tanggal 6 May 1998, “iMac is next year’s Computer for $1,299, not last year’s computer for $999.” Sungguh inspiratif ya akhi, pelajaran moral yang bisa diambil dari kutipan di atas adalah bahwa sebagai pengusaha terkadang memang kita harus berani pasang harga mahal bila kita yakin produk kita memang lebih unggul ketimbang merk lain. Allahuakbar!

Penutup

Di atas tadi adalah 6 infografik keren yang saya harap bisa membantu sekaligus menginspirasi para pembaca di manapun Anda berada. Seperti yang disebut oleh tim redaksi pengusaha muslim dalam post sebelumnya, “Infografik ini DIDESAIN dengan MENARIK disertai ILUSTRASI yang CANTIK untuk MEMUDAHKAN anda dalam MEMAHAMI aturan pembagian zakat (baik zakat fitri maupun zakat mal) sesuai dengan petunjuk Alquran dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Semoga benar-benar bermanfaat. Amin.

Artikel www.PengusahaMuslim.com