5 Alasan Anda Akan Menyukai Desain Terbaru Pengusaha Muslim (bagian 1)

Mashable! Yoa, dengan hadirnya desain terbaru situs pengusahamuslim.com ini, Bang Hen seolah-olah ingin membuktikan apa yang sudah pernah ia sampaikan kepada saya. Dulu, sewaktu kami masih dalam masa-masa perkenalan, Bang Hen pernah menuturkan bahwa ia ingin sekali meniru tampilan situs Mashable.Com, itu lho situs keren dengan konten berbahasa Inggris yang selalu terdepan dalam menyajikan informasi seputar dunia social media dan Web 2.0. Sebagai teman barunya, saya hanya bisa mendoakan saja, “semoga sukses bang”.

Lalu berhasilkah Bang Hen dengan kata-katanya? Hmmmm …. menurut saya, “Ya …. he did!” Dan bahkan dalam beberapa hal mungkin lebih baik ketimbang Mashable sendiri. Berikut uraiannya!

1. Sweet Navigation untuk Channel kakak-adik

header web pengusahamuslim

Channel kakak-adik yang saya maksud di sini adalah situs-situs atau layanan yang masih berada di dalam kepengurusan yang sama dengan situs pm.com seperti bursa muslim, KPMI, lowongan kerja, dan pusat belanja. Sang desainer dengan cerdik meletakkan link ke situs-situs ini tepat di samping kanan link menuju homepage pengusahamuslim.com. Tujuannya jelas, ke manapun Anda mengklik, Anda akan selalu melihat link ini. Di bagian atas lagi.

2. Explore (di situs tercantum: eksplore)

header web pengusahamuslim
Nah ini dia sebenarnya yang saya idam-idamkan sejak lama. Di dalam halaman eksplore, Anda bisa menemukan link-link bermanfaat yang ada di situs ini. Misalnya link untuk melihat kumpulan tulisan per penulisnya; mulai dari link untuk melihat seluruh tulisan Ust. Aris Munandar, S.S., M.A (121 tulisan). sampai teman saya, Yulian Purnama, S. Kom (6 tulisan). Di versi sebelumnya, halaman keren seperti ini tidak ada. Selain link di atas, ada juga link untuk melihat arsip tulisan per bulan, per kategori, serta 25 tulisan terbaru yang diterbitkan oleh pm.com.

3. Lowongan Kerja

Awalnya saya bingung kenapa situs dengan nama pengusahamuslim.com memasang iklan lowongan kerja. Bukankah pengusaha itu – target audience situs ini – risih dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kepegawaian, termasuk untuk urusan melamar pekerjaan? Lha terus kok malah memasang konten seperti ini?

Well, entah apapun alasannya, saya rasa memasang pengumuman lowongan pekerjaan tetaplah akan memberi keuntungan buat pembaca situs ini. Tidak percaya? Berikut dua diantaranya:

  • Lowongan pekerjaan di pengusahamuslim.com bisa menjadi satu sumber informasi baru untuk para job seeker, yang suatu hari nanti mungkin bisa merubah statusnya dari employee menjadi employer.
  • Para pembaca yang kebetulan sudah berstatus sebagai pengusaha bisa memanfaatkan channel ini sebagai tempat untuk mengumumkan lowongan pekerjaan.

4. Featured Post ada di atas

header web pengusahamuslim

Artikel-artikel menarik di pengusahamuslim.com yang sudah pernah di-publish, kembali ditampilkan secara random (berbeda setiap kali halaman di-refresh) lengkap dengan ilustrasi tulisan tersebut. Dengan modus seperti ini, desainer situs ini mungkin mencoba untuk menangkap perhatian pengunjung homepage dengan pilihan-pilihan artikel yang beragam agar kebosanan tidak datang melanda. Nice work!

5. Latest News

Latest News

Aha, pengunjung setia pm.com pasti akan senang dengan “the all new PM.com” ini. Sekarang, berita atau tulisan terbaru akan ditampilkan secara gamblang dengan gambar ilustrasi serta ukuran font title yang lebih menonjol ketimbang tulisan sebelumnya. Trik ini sangat tepat untuk mengambil fokus pembaca untuk langsung melongok ke arah “latest news”.

Ups, sudah sampai poin kelima. Untuk sementara cukup sampai di sini dulu paparan saya terkait desan terbaru pengusahamuslim.com. Di tulisan berikutnya, saya masih menyimpan enam alasan lagi, bukan lima, kenapa Anda akan menyukai desain terbaru situs ini. Di samping itu, saya juga akan mencoba untuk melepas curhat terkait fitur yang sudah hilang dari desain terbaru ini. Meskipun saya atau bahkan pembaca mungkin sangat menyukainya. Plus sedikit saran tentang pertanyaan “What Next?”.

Disclosure:

Saya tercatat sebagai penulis lepas di pengusahamuslim.com. Cek tulisan berikut yang telah menginspirasi saya untuk melakukan hal yang sama terhadap pengusahamuslim.com.

TechCrunch Design Audit Redux