Humor Segar Untuk Para Pembaca Pengusaha Muslim

Saya tertantang untuk mem-publishnya di sini supaya para pembaca tahu bahwa logo yang sudah Anda desain dengan susah payah pun ternyata bisa jadi korban kejahatan photoshop (begitu cara saya menyebut kejahatan yang untuk melakukannya membutuhkan aplikasi Adobe Photoshop). Tapi antum tidak usah khawatir ya akhi, karena kejahatan yang akan ditampilkan di sini bukanlah kejahatan asal-asalan yang tidak membutuhkan pemikiran, justru kejahatan ini mengandung banyak sekali dimensi kreatifitas dari para pembuatnya. Di samping itu, kejahatan ini juga insyaallah bisa mengundang gelak tawa. Asal antum tetap mau pasang otak saja. Hehehee … yuk kita tertawa sejenak.

1. Facebook is Procrastination

Facebook

Hayo, siapa yang suka menunda-nunda pekerjaan karena terlalu banyak bermain fb? Manipulasi logo facebook ini tampaknya merepresentasikan “fungsi lain” dari jejaring sosial paling populer sejagat ini. Saat ini, hampir 750 juta akun sudah berhasil dihimpun oleh facebook.com dan tidak tertutup kemungkinan beberapa juta diantaranya menggunakan facebook cuma untuk menunda-nunda (procrastinate) pekerjaannya. Antumkah salah satunya? Hehehe … ayo tertawa saja.

2. Youtube is cat videos

YouTube

Desainer logo ini mungkin menganggap bahwa Youtube adalah situs video sharing yang terlalu banyak dihuni oleh video-video LOL cats (istilah asing untuk menyebut video-video yang menangkap aksi lucu hewan-hewan piaraan, khususnya kucing dan anjing).

Dan tampaknya sang desainer tidak salah juga. Hehehe, coba lihat video ini.

3. Playstation is Procrastination

Playstation

Sama dengan facebook, sang desainer alias manipulator mungkin menganggap PlayStation sebagai agen yang sering membuat orang suka menunda-nunda pekerjaan mereka. Ah, jadi ingat sama masa lalu saya sendiri. Dahulu saya memang sering menghabiskan waktu berjam-jam di tempat bermain game. Padahal seharusnya saya bisa saja memilih untuk menyelesaikan pekerjaan rumah saya. Betapa sedihnya …..

4. MTV is Moronic Television

mtv

Dalam bahasa Inggris, Moronic berarti “gila” atau “kegilaan”. Nah, menurut saya, sang desainer mungkin menganggap stasiun televisi yang sudah menggurita ke seluruh dunia ini memang seringkali menjual sesuatu yang gila. Dan itu mungkin tidak salah juga, lihat saja apa yang sering ditampilkan oleh MTV, anak-anak muda yang sering menunjukkan aksi yang tidak positif dan bertentangan dengan budaya ketimuran. Duh, entah apa yang akan dilakukan oleh MTV terhadap “kegilaan” sang penjahat photoshop ini.

5. McDonald is McDiabetes

mcd

Whoops, kalau ini memang serius sekali. Restoran McDonald yang punya cabang hampir di seluruh benua di dunia tampaknya jadi sasaran tembak sang penjahat photoshop. McDonald bukanlah McDonald, tetapi menjadi McDiabetes. Hehehe, serem sekali. Sang desainer mungkin menganggap kalau Diabetes adalah sesuatu yang akan Anda terima bila terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan yang disajikan oleh McD. Watch out!

6. Marlboro is Money Waster

mrlb

Ah, kalau yang ini pasti sudah sangat familiar di mata orang-orang Indonesia. Logo Marlboro milik perusahaan tembakau Phillip Morris seringkali muncul di TV dan papan reklame negeri ini. Dan apa kata sang desainer terhadap salah satu produk rokok terpopuler di dunia ini? Money waster alias …. hmmm, saya kasih dalam bahasa betawi aja deh, “tukang ngabisin duit!”. Bener tidak sih?

7. Nintendo is Nothing to do

Nintendo

Anda pernah main video game Mario Bros versi awal? Kalau iya mungkin Anda adalah orang yang dimaksudkan oleh sang desainer logo manipulatif ini. Menurutnya Anda adalah orang yang sedang menghabiskan waktu saja karena tidak ada atau tidak tahu harus mengerjakan apa. Nah lho, benar tidaknya itu harus dikembalikan ke diri kita masing-masing.

8. Windows is “Will Work for a while

windows

Gubraks, jangan lihat logonya. Coba lihat tagline-nya: “Will Work for a while“. Sebagai seorang pengguna Windows 7 Home Premium versi OEM (sudah teinstal di laptop yang Axioo yang saya beli), sebenarnya saya tidak terlalu setuju dengan tagline manipulatif ini. Saat ini, saya rasa Windows 7 benar-benar jauh lebih baik ketimbang Windows versi sebelumnya. Selama saya menggunakan Windows 7, jarang sekali sistem operasi besutan Microsoft ini membuat jengkel. Bahkan hampir-hampir tidak pernah.

Nah, kecuali kalau Windows 98, ME atau XP yang memang sering membuat saya – atau mungkin bahkan Anda juga – geleng-geleng kepala. Maklum, Windows sebelum 7 biasanya seringkali memunculkan error berupa BSOD (blue screen of death).

9. Apple is Appearance Cost!

apple

Oke, kalau ini sindiran yang tepat. Selain banyak dipuji karena kemolekan user experience-nya, Apple juga seringkali jadi sasaran “sindiran”. Para penyindir umumnya menyinggung harga produk-produk Apple yang biasanya dianggap terlalu mahal, meski dari segi spesifikasi teknis terkesan biasa-biasa saja. Mahalnya produk-produk Apple inilah yang biasanya selalu dikait-kaitkan dengan tampilan Apple yang mempesona (baca: cantik itu memang mahal).

Anda harus percaya dengan sindiran ini. Kalau tidak percaya, bandingkan saja laptop berbasis Windows dengan laptop berbasis MacOS. Dengan spesifikasi teknologi (procesor, memori, hardrive) yang sama, Anda bisa mendapatkan laptop berbasis Windows dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang laptop Mac.

Apa moral dari kejahatan photoshop di atas? Di satu sisi, manipulasi seperti ini bisa membuat pemilik logo merasa berang, tapi di sisi lain si pemilik logo bisa jadi justru merasa sebaliknya karena ternyata logonya memang sudah mendunia sehingga layak untuk dijadikan sasaran kejahatan.

Hahaha, sebuah peringatan kecil untuk para pengusaha muslim, bila Anda sudah terkenal dan mendunia, Anda harus siap kalau ada oknum-oknum yang akan bermain-main dengan identitas perusahaan Anda. Haruskah melapor polisi? Tidak perlu karena itu adalah sebuah pertanda kalau logo Anda memang sudah populer. Wallahu’alam.

Artikel www.PengusahaMuslim.com