Bisnis Lewat Facebook:mengasyikkan Dan Menjanjikan

Popularitas dan pertumbuhan Facebook memang luar biasa. Penggunanya dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang sangat pesat. Walhasil, popularitas Facebook akhirnya mampu menggeser fasilitas jejaring sosial pendahulunya, semisal Friendster.

Di Indonesia, Facebook menjadi situs jejaring sosial yang paling diminati. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang perkembangan pengguna Facebooknya tergolong fantastis. Tidak berlebihan jika Budi Putra memberikan julukan terhadap negeri ini sebagai “The Republic of The Facebook“.

Melihat segmentasi pengguna Facebook yang cukup luas dan hampir menjangkau semua kalangan, tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang luar biasa jika Anda mau mengembangkannya. Apalagi, Facebook kini telah melengkapi fiturnya dengan beberapa fasilitas bisnis. Tidak mengherankan jika banyak pihak mulai melirik Facebook sebagai sarana untuk bisnis online produk maupun jasa.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang fasilitas bisnis yang tersedia di Facebook, sekaligus cara menggunakannya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Sebagai sarana untuk menjual produk (toko online)

Agar konsumen tidak sekadar mengenal visual produk yang Anda tawarkan, Anda perlu mengaktifkan aplikasi marketplace (pasar). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Facebook.
  2. Masuk ke akun, lalu pilih “Pengaturan Akun”.
  3. Pilihlah tab “Jaringan”. Pada kolom “Gabung ke Suatu Jaringan”, pilih jaringan yang hendak Anda ikuti. Lalu, isikan alamat email-nya dan klik tombol “Bergabung”. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan konfirmasi.
  4. Aktifkan “Aplikasi Pasar”, caranya: pilih tombol “Aplikasi” yang berada di sudut kiri bawah halaman Facebook Anda. Pilih opsi “Jelajahi Aplikasi Lain”.
  5. Setelah itu, akan muncul halaman baru. Pada sisi kiri, pilih opsi “Pencarian”. Ketikkan kata kunci “Marketplace” dan tekan “Enter“.
  6. Lalu cari dan klik aplikasi “Marketplace“.
  7. Pilih tombol “Menuju ke Aplikasi”.
  8. Selanjutnya, pada halaman “Marketplace Categories” ada beberapa kategori. Pilihlah sesuai kategori produk yang ingin Anda jual. Lalu, pilih opsi “Items for Sale“.
  9. Pada bagian “Post Items for Sale“, ketik produk yang ingin Anda jual.
  10. Setelah itu, akan muncul jendela yang meminta persetujuan “Izin Akses ke Aplikasi Marketplace“, klik tombol “Izinkan”.
  11. Halaman selanjutnya:
    • Pada kotak “Title“, ketik nama produk Anda.
    • Why are You Selling It?” Isilah sesuai alasan Anda, misalnya: untuk mencari penghasilan.
    • Price“, isi sesuai dengan harga produk Anda.
    • Description“, isilah dengan keterangan produk yang ingin Anda jual dan lokasinya.
  12. Berilah tanda centang pada opsi “Profil”, “Daftarkan di”, dan “Privasi”.
  13. Pilihlah tombol “Choose” atau “Telusuri” pada bagian foto untuk menampilkan gambar produk. Lalu, carilah gambar produk di komputer Anda. Setelah itu, klik “Open“. Berilah tanda centang pada “Term of Use“.
  14. Klik “Submit“.
  15. Lalu pilih opsi “Bagikan” pada sudut kanan atas.
  16. Pilih tab “Kirim ke Profil” dan klik tombol “Kirim”.
  17. Sekarang, Anda bisa melihat tampilan produk tersebut di halaman profil Anda.

Sebagai sarana untuk mengiklankan produk

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah login, klik bagian “Iklan” di halaman bawah Facebook.
  2. Rancang iklan Anda. Rancanglah sebuah iklan yang kreatif, termasuk judul (maksimal 25 karakter, termasuk spasi) dan isi iklan (maksimal 135 karakter termasuk spasi) pada ruangan yang telah disediakan. Foto produk juga bisa diunggah (upload).
  3. Tentukan sekarang. Anda diberikan pilihan, apakah konsumen diarahkan langsung ke halaman situs Anda ataukah ke salah satu halaman di Facebook, semisal “Halaman”, “Aplikasi”, “Grup”, atau “Acara”. Jika Anda sudah mengaktifkan halaman tersebut, Anda bisa memilih salah satu darinya. Pada halaman ini, Anda bisa memilih untuk untuk melampirkan aksi sosial pada iklan yang Anda tampilkan. Jika Anda mencentang kotak, maka Facebook akan menambahkan konten yang memberitahukan para pengguna Facebook mengenai interaksi teman-teman mereka terhadap produk yang Anda iklankan.
  4. Menetapkan target. Isi sesuai dengan segmentasi konsumen yang ingin Anda jaring. Pada asalnya, Facebook akan membidik semua pengguna yang berusia di atas 18 tahun.
  5. Promosi dan harga. Berilah nama promosi Anda. Yang perlu diketahui, iklan dengan produk yang serupa akan berbagi jadwal penayangan. Selanjutnya, Anda tinggal menentukan anggaran harian dan jadwal Anda sesuai yang diminta.

Sebagai sarana untuk memasang dan menjual Facebook Application

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan pemrograman. Anda bisa membuat sebuah aplikasi semenarik mungkin. Konsumen bisa menggunakan layanan ini setelah mereka membeli atau berlangganan aplikasi tersebut.

Sebagai sarana untuk memasang dan menjual Facebook Application

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan pemrograman. Anda bisa membuat sebuah aplikasi semenarik mungkin. Konsumen bisa menggunakan layanan ini setelah mereka membeli atau berlangganan aplikasi tersebut.

Sebagai sarana mencari investor

Dengan jaringan pertemanan yang sudah Anda miliki, Anda bisa menuangkan gagasan bisnis Anda dan mencari rekan kerja yang tertarik dengan gagasan tersebut. Kontak personal bisa Anda lakukan jika ada yang berminat melakukan kerja sama dengan Anda.

Oleh: Lely Noormindha

Artikel www.PengusahaMuslim.com