Yuk, Buka Lapak Di Forum Online! (seri 1)

Bagi Anda yang belum punya anggaran dana untuk membuat toko online, tidak perlu khawatir untuk tetap berdagang, karena menjual stok barang bisa dilakukan melalui berbagai cara di dunia maya. Sebenarnya, toko online sebenarnya hanya satu dari berbagai cara berjualan online. Tidak perlu “mendewakan” asumsi bahwa Anda harus memiliki situs toko online sendiri untuk bisnis ini.

Bergabung dengan forum komunitas online adalah salah satu jawabannya. Sekarang, forum online sudah banyak jumlahnya. Ada yang merupakan bagian tersendiri dari suatu situs, ada pula yang berdiri secara independen.

Detik.com, misalnya, memiliki forum tersendiri untuk komunitasnya, yang beralamat di forum.detik.com. Forum yang berdiri independen pun tidak kalah subur peminatnya. Misalnya, Kaskus atau Lautan Indonesia. Anda tinggal berjelajah di mesin pencari, seperti: Google atau Yahoo, dan Anda akan mendapatkan berbagai pilihan forum.

Kelebihan berjualan di forum adalah Anda bisa menawarkan barang sesuai dengan kategori produk. Jika Anda menjual velg mobil, Anda bisa menawarkan di kategori otomotif pada subforum tersebut. Jika Anda ingin menjual koleksi uang kuno Anda, Anda bisa menawarkannya di kategori barang koleksi. Pastinya, segmentasi forum online itu lebih jelas dengan adanya berbagai kategori ini. Walaupun, tiap situs forum memiliki varian kategori yang berlainan.

Pilah-pilih forum

Hanya saja, sebelum Anda berjualan di forum, pastikan forum tersebut memiliki subforum jual beli. Lucu kalau Anda berjualan di tempat yang salah. Di Kaskus, misalnya, dari halaman depan situs terlihat jelas adanya pilihan forum jual beli (FJB) dan forum umum. Di FJB, semua kategorinya hanya berisi hal yang berbau bisnis. Adapun di forum umum, terdapat beragam subforum yang berisikan berbagai tema diskusi.

Memilih forum untuk berjualan juga harus diperhatikan. Berjualan di forum itu seperti Anda berjualan di pasar. Semakin banyak member (anggota) yang tergabung di forum itu, semakin besar pula kemungkinan thread penawaran produk Anda dilihat. Lalu lintas pengunjung yang tinggi memungkinkan thread Anda dikunjungi tidak hanya oleh member, tetapi juga oleh pengguna internet lain melalui mesin pencari. Inilah keuntungan berpromosi di forum;
thread yang berisi penawaran produk Anda secara otomatis terindeks di mesin pencari.

SEO (search engine optimation) dilakukan oleh pengelola situs forum. Kalau berpromosi tunggal lewat toko online resmi, Anda dihadapkan pada PR (pekerjaan rumah) “harus selalu mengoptimalkan SEO”. Tujuannya, agar situs menempati halaman awal di mesin pencari.

Kalau Anda sebelumnya jarang atau belum pernah berkunjung ke situs forum, barangkali Anda merasa kaget dengan format halaman depan situsnya. Susunan teks biasanya mendominasi tampilan konten. Lebih kaget lagi, mungkin, Anda langsung dihadapkan pada banyaknya pilihan subforum. Sebaiknya, jangan berpikir untuk mundur dahulu, karena itulah bentuk dinamika forum yang anggotanya adalah calon pelanggan produk Anda.

Mempelajari budaya suatu forum komunitas online itu penting. Tiap forum memiliki ciri khas tersendiri. “Kaskus“, misalnya, forum dengan jumlah member lebih dari tiga juta orang ini didominasi anak muda dan golongan paruh baya yang masih berpikiran dinamis. Bahasa yang dipakai lebih ke bahasa pergaulan. Kata yang khas di forum ini adalah “agan/juragan” untuk sapaan di antara para member.

Kalau Anda berkunjung ke forum “Detik“, mungkin lebih sering menemui bahasa yang lebih serius karena beda segmentasi member. Anda juga jangan kaget bila menemui adanya member yang berkomentar pedas ketika mengomentari suatu tulisan. Pelajari budaya ini untuk merangkai kalimat promosi dan jenis produk yang tepat dalam penawaran produk.

Tidak setiap kategori pada subforum jual beli ramai pengunjung. Anda bisa mengamati ramai-tidaknya pengunjung dengan melihat dinamika yang ada pada kategori tersebut. Berjualan buku bekas mungkin ramai peminatnya di forum Kaskus. Namun, belum tentu ramai di forum Detik. Karenanya, seleksi forum juga penting dilakukan sebelum Anda memasarkan produk.

Memulai jualan

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah berjualan di forum online. Tiap forum mempunyai aturan tersendiri. Namun, inilah langkah dasarnya:

1. Pendaftaran keanggotaan

Kalau Anda ingin bergabung di forum online, Anda mesti mendaftar dulu menjadi anggota. Gratis! Anda hanya cukup mengisi identitas, nama ID, dan password, yang nantinya digunakan untuk login.

2. Pelajari aturan main

Namanya juga menumpang di situs orang lain, kita pun harus tunduk pada peraturan di situs itu. Setiap kategori di subforum jual beli, biasanya dilengkapi dengan rules (aturan main). Pelajari dan pahami isi aturan tersebut dan jangan sampai Anda melanggarnya. Pelanggaran bisa berakibat fatal. Misalnya, untuk hukuman terparah, thread yang berisi penawaran Anda akan dihapus, atau bahkan ID dan IP Anda di-banned (diblokir).

3. Membuat penawaran

Setelah memiliki akses untuk login, Anda bisa langsung membuat penawaran di subforum yang sudah disediakan situs. Penawaran ini disebut “thread”, dan Anda disebut “pembuat thread” atau “thread starter” (TS). Buatlah penawaran Anda sebaik mungkin dan persuasif. Sesuaikan bahasa yang digunakan mengikuti “adat” yang ada di forum.

Jangan sembarangan membuat judul. Pilihlah judul yang mungkin sedikit “provokatif” agar penawaran Anda dikunjungi, karena pesaing Anda di suatu kategori bisa berjumlah puluhan, bahkan ratusan.

Usahakan selalu menyertakan foto produk (bila berupa produk riil) dan penjelasan yang jelas tentang produk tersebut. Buatlah syarat dan ketentuan pembelian bagi calon pembeli yang ingin memesan. Pastikan Anda menuliskan nomor kontak atau fasilitas kontak lainnya (seperti ID Yahoo Messenger, email, dan sebagainya) untuk mempermudah komunikasi. Biasanya, pembeli lebih suka mengirim sms untuk bertanya atau memesan produk.

Bersambung, insya Allah ….

Oleh: Ilham Choirul Anwar

Artikel www.PengusahaMuslim.com