Dongkrak Jumlah Follower Akun Twitter Anda. Sekarang Juga! (bagian 1)

Dengan jutaan pengguna yang berasal dari Indonesia, twitter bisa jadi merupakan “channel emas” buat Anda, baik selaku pribadi maupun pengusaha. Melalui twitter, Anda bisa menggaet orang yang sebelumnya tidak Anda kenal sama sekali sampai menjadi seorang pelanggan setia produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Tapi untuk melakukan itu, memiliki jumlah follower yang melimpah adalah salah satu syarat untuk mencapainya. Berikut langkah-langkah jitunya:

1. Pilih Nama Akun yang Tepat

Nama akun yang mengandung nama asli Anda selaku founder dan atau nama produk/nama perusahaan lebih baik ketimbang nama-nama akun aneh dari negeri antah berantah. Contohnya begini; bila Anda punya bisnis franchise Warung Angkring Pak Kumis, mungkin nama akun @warungangkring atau @angkringpakkumis atau @namaanda lebih baik ketimbang @bucdsj123 atau @47shdkjhasd7 sejenisnya. Tiga contoh nama akun yang pertama tampak lebih manusiawi ketimbang dua yang datang belakangan. Bila Anda ingin berbisnis dengan manusia, maka cobalah untuk menjadi “manusia”. Akun twitter Zahir Accounting bisa jadi contoh loh…

2. Gunakan gambar profile yang pas!

Perusahaan Anda punya logo? Jika ya, maka gunakan saja logo itu sebagai gambar profil Anda. Sederhana bukan? Jika tidak suka atau sudah bosan dengan logo, Anda juga bisa berkreasi dengan menampilkan gambar-gambar atau foto yang berhubungan dengan produk atau jasa perusahaan Anda. Misalnya tadi, bila Anda berbisnis warung angkring, gambar profilnya bisa logo atau foto-foto menu favorit yang ada di warung Anda. Boleh foto nasi kucing, foto es teh dan es jeruk, atau gorengan tempe yang anda sediakan.

3. Pajang background yang atraktif

Tanpa perlu berpanjang lebar, Anda bisa langsung mengecek contoh yang bagus di akun twitter milik jetblue, salah satu maskapai penerbangan terkenal di USA. Dengan latar berwarna biru beraksen sayap-sayap pesawat, background seperti ini sudah cukup untuk membuat otak kita langsung menuju ke image atau citra dari perusahaan itu sendiri.

4. Tempelkan akun twitter Anda “di mana saja”

Hahaha …. saya serius dengan tips keempat ini. Bila Anda sudah serius dengan twitter, maka Anda harus berani menempelkan akun Anda di mana-mana. Beberapa tempat yang bagus untuk mencobanya; kartu nama, kop surat perusahaan Anda, header website/blog, footer website/blog, footer email Anda, di bawah komentar Anda yang Anda tinggalkan di blog orang lain, dan seterusnya. Kira-kira di mana lagi ya tempat yang asyik untuk menempelkan akun twitter kita?

5. Sambil berjualan sambil menolong

Nah ini yang harus diperhatikan oleh para pengusaha yang menggunakan twitter. Meskipun salah satu fungsi utama twitter adalah sebagai channel marketing, tapi jangan sampai seluruh tweet kita isinya promosi doang. Usahakan untuk menyelingi promosi-promosi tersebut dengan hal-hal lain seperti tips dan trik, testimoni pelanggan, jawaban-jawaban atas keluhan pelanggan, bagi-bagi hadiah kepada pelanggan secara cuma-cuma, dan sejenisnya. Dalam kasus Warung Angkring Pak Kumis, pemilik akunnya bisa membagikan link tentang bagaimana cara sehat menyantap nasi angkring yang konon katanya terkenal karena “kurang gizinya”. Menarik bukan?

Oke, untuk kali ini sampai di sini dulu. Di tulisan berikutnya, kita masih akan membahas tentang cara mendongkrak jumlah follower twitter. Tapi nanti akan bersifat lebih teknis karena berhubungan dengan istilah-istilah twitter-centris seperti retweet, hashtag, trending topic, dan lain-lan. Tapi apapun itu, insyaallah tidak ada jampi-jampi mbah dukunnya kok. Insyaallah. Always stay tuned in pengusahamuslim.com please …. Semoga bermanfaat. Amin.


Artikel www.PengusahaMuslim.com