Anda Membutuhkan Kualitas Pemimpin Yang Baik?

Mencoba mendaki tangga perusahaan jauh lebih mudah jika Anda tahu apa yang dicari perusahaan pada karyawan yang baik. Lebih dari sekedar ketepatan, kehandalan, dan loyalitas, membuat jalan Anda dalam dunia korporat membutuhkan kualitas kepemimpinan yang memadai. Perusahaan terdiri dari individu. Mengetahui bagaimana memimpin individu dengan cara yang menguntungkan orang-orang yang terlibat di dalamnya serta perusahaan adalah penting untuk kesuksesan bisnis.

Salah satu kualitas terpenting pada pemimpin yang baik adalah harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Kebanyakan masalah yang muncul dalam hubungan personal dan bisnis dikarenakan kurangnya komunikasi yang memadai. Salah satu elemen komunikasi yang paling penting adalah kemampuan untuk mendengar. Kita semua tahu bagaimana tekanan untuk menyampaikan sesuatu pada seseorang yang merupakan pendengar yang buruk. Ketrampilan mendengarkan yang baik termasuk kontak mata dan feedback yang dibutuhkan dalam hubungan bisnis.

Pemimpin yang baik memiliki antusiasme dan hasrat terhadap pekerjaannya. Bahkan pekerja yang paling ambivalen bisa terinspirasi dengan antusiasme alami yang dimiliki pemimpin yang baik. Tidak seorangpun yang terinsipirasi dengan hal-hal yang lebih besar oleh seseorang yang tidak memiliki antusiasme dan hasrat. Salah satu bagian terpenitng dalam antusiasme adalah sikap positif. Orang merasa tidak suka dengan hal yang negatif dan tertarik dengan pemimpin yang memiliki sikap positif.

Salah satu kualitas yang paling penting dan intrinsik pemimpin yang baik adalah inisiatif. Pemimpin yang baik melihat sesuatu yang perlu diperhatikan dan melakukannya tanpa menunggu disuruh. Mengambil inisiatif adalah yang harus dimiliki pemimpin.

Bagian penting lainnya menjadi pemimpin adalah mampu membuat keputusan, bahkan yang sulit sekalipun. Pengambilan keputusan membutuhkan kemampuan untuk melakukan riset. Pemimpin yang baik mengumpulkan semua informasi dan menimbang dengan penuh perhitungan faktor-faktor yang ada di dalamya untuk membuat keputusan yang paling benar. Hampir sama pentingnya dengan mempertahankan keputusan yang mereka buat. Meski jika keputusan menghasilkan konsekwensi yang sebaliknya, pemimpin yang baik akan ada di balik alasan membuat alasan tersebut. Jika terjadi kesalahan, pemimpin yang baik akan belajar dari kesalahannya dan tidak mengulanginya.

Menjadi pemimpin yang bisa diandalkan dan menginspirasi adalah tentang kerja keras dan membentuk perilaku baik. Banyak organisasi yang dijalankan oleh pemimpin yang sukses menawarkan workshop simulasi kepemimpinan bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka. Workshop ini fokus pada meningkatkan dan membentuk kualitas yang membuat pemimpin yang baik. Dengan bantuan para profesional ini, banyak pemimpin yang menyaring kualitas yang ada didialmnya yang akan membuat mereka menjadi pemimpin yang baik.

Penulis: Art Gib adalah seorang penulis freelance
Sumber: http://leadership.bestmanagementarticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com
Artikel: pengusahamuslim.com