Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Artikel, Bisnis Rumahan

Bagaimana Memulai Bisnis Kerajinan- Bag 1

Apakah Anda memiliki bakat membuat kerajinan yang indah, inovatif dan menarik? Anda bisa membuat minat Anda terhadap kerajinan menjadi sesuatu yang menghasilkan income. Anda bisa mendapatkan sesuatu dari kegiatan yang Anda sukai.

Industri kerajinan menunjukkan permintaan yang meningkat di beberapa tahun belakangan ini. Semakin banyak orang yang mencari kerajinan tangan orisinal yang memiliki fungsi dan menarik, tapi dengan harga yang terjangkau dan memiliki nilai seni seperti lukisan. Wilayah dengan potensi wisata juga melihat adanya permintaan yang tinggi terhadap kerajinan tangan karena wisatawan membeli item budaya yang unik sebagai oleh-oleh keluarga dan temannya, serta untuk digunakan sendiri.

Mungkin Anda memiliki ketrampilan untuk membuat kerajinan tangan yang bagus, tapi memulai bisnis kerajinan yang sukses membutuhkan keahlian yang berbeda.

Pertimbangan saat memulai

Jika Anda berencana mengubah kecintaan Anda terhadap kerajinan tangan menjadi sebuah bisnis, ada sejumlah faktor yang harus Anda pertimbangkan:

Putuskan mengapa Anda ingin memulai bisnis ini. Sasaran Anda adalah mengubah hobi menjadi bisnis bisa memberikan level kesuksesan yang dihasilkan. Jika Anda ingin bisnis kerajinan ini menghasilkan atau sebagai income keluarga, maka Anda harus melakukannya dengan serius dan memperlakukannya sebagai bisnis.

Verifikasi permintaan produk Anda. Anda harus tahu pasti bahwa orang menginginkan dan akan membeli produk Anda. Ada produk yang hanya diperuntukkkan untuk pasar yang sangat kecil dan tidak bisa memberikan keuntungan pada operasional bisnis.

Salah satu cara untuk menemukan produk Anda memenuhi keinginan konsumen adalah dengan mengecek eBay. Lakukan riset di eBay tentang produk Anda (misal. Seni manik ) dan lihat penawaran yang didaftar dalam “ending today.” Jika kebanyakan lelang yang berakhir hari itu tidak ada penawaran, maka menunjukkan kurangnya minat terhadap produk tersebut. Juga lakukan pencarian di Google untuk mengetahui berapa banyak situs komersial yang menjual produk seperti Anda. Pendekatan ini bisa membantu Anda mengetahui pesaing Anda, menemukan apa yang mereka tawarkan, dan menentukan ceruk yang memungkinkan bagi Anda serta titik penjualannya.

Memahami dasar-dasar bisnis. Membuat kerajinan tangan adalah: tahu bagaimana merubah profit dari yang lainnya. Memahami semua persyaratan dan memiliki dana cadangan untuk memenuhi pengeluaran sebelum Anda bisa menghasilkan penjualan dan mendapatkan profit.

Kerjakan pekerjaan rumah. Jika Anda tidak memunyai latar belakang bisnis, inilah saatnya untuk mulai belajar dasar-dasar mengelola dan menjalankan usaha kecil. Anda tidak hanya menghasilkan produk, tapi Anda juga menangani pemasaran, penjualan, pembukuan, pembelian dan banyak hal lainnya. Jika Anda akan menyewa orang untuk memproduksi produk Anda, Anda harus belajar mengelola personel. Beli atau pinjam buku bagaimana menjalankan usaha kecil di perpustakaan setempat. Jika Anda merasa lemah dalam hal pembukuan, Anda mungkin bisa mengikuti pelatihan singkat.

Mencari tahu peraturan lokal. Sebagai pemilik usaha, Anda harus memahami peraturan lokal, termasuk perijinan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis. Sekalipun jika Anda menjualnya di pasar kecil, Anda akan diminta mengajukan ijin dan dikenakan pajak penjualan.

Memisahkan bisnis dari akun personal Anda. Saat ini tidak begitu penting dalam tahap awal, dengan memisahkan akun bisnis dari akun personal akan mempermudah hidup Anda, terlebih saat membayar pajak. Anda harus membuktikan bahwa bisnis kerajinan Anda bukanlah hobi – dan ini adalah sebuah bisnis – sebelum Anda bisa mengurangi pengeluaran bisnis dari pendapatan Anda. Memisahkan akun bank dengan nama bisnis Anda adalah langkah pertama.

Tahu dimana Anda akan bekerja. Temukan tempat dimana Anda bisa bekerja, dengan mempertimbangkan efisiensi dan kemungkinan perluasan bisnis Anda. Apakah Anda bekerja di ruang yang terpisah atau menyewa workshop, studio Anda haruslah memenuhi kebutuhan Anda dalam hal ukuran, layanan, keamanan dan keselamatan. Mungkin Anda ingin bekerja dari rumah saat memulai usaha dengan pertimbangan overhead yang lebih rendah dan mulai dengan modal yang kecil. Pastikan tempat kerja Anda memiliki sistem elektrik dan ventilasi, terlebih jika Anda menggunakan bahan kimia.

Menjual produk Anda

Barang kerajinan bisa dijual di berbagai outlet. Berikut di antaranya:

  • Toko Ritel. Cara paling populer menjual produk kerajinan adalah melalui toko khusus kerajinan atau toko gift. Anda juga bisa mencoba menjualnya di department store. Dekati pemilik atau merchandiser terkait dengan produk Anda. Anda bisa memulainya dengan toko butik yang kecil, menawarkan diskon untuk pembelian grosir. Cari tahu permintaan toko- beberapa mensyaratkan kode produk keamanan sementara yang lainnya mengikat Anda dengan kontrak pembelian.
  • Konsinyasi. Toko dengan konsinyasi adalah tempat yang baik untuk menjual produk Anda. Mereka akan membayar Anda setelah produk Anda terjual, dengan mengambil keuntungan 20 persen sampai paling banyak 60 persen dari nilai penjualan. Baca dengan seksama persetujuan konsinyasi. Beberapa diantaranya mengikat kontrak 1 tahun dan gratis satu bulan, sebagai tambahan komisi yang mereka dapatkan dari menjual produk Anda.
  • Pasar kerajinan dan bazar. Pameran kerajinan, pasar kaget dan pameran lokal adalah cara bagus untuk menjual produk Anda. Pengunjung yang datang di pameran atau pasar ini mencari barang unik yang tidak bisa ditemukan di department store. Datangi asosiasi pengrajin profesional dan pusat informasi bisnis untuk mendapatkan jadwal pameran. Jika ada pameran reguler di tempat Anda, hubungi orang yang menanganinya. Anda bisa membuat booth kecil, dimana biayanya lebih murah. Tergantung pada dimana diadakan pameran, didalam atau luar gedung, set-up sangat sederhana hanya dengan meletakkan beberapa meja untuk memajang produk dan canopy untuk melindungi produk Anda. Pasar kerajinan bisa menawarkan Anda peluang untuk mengetahui pembeli dan apa yang mereka cari, serta mengetahui pesaing Anda.
  • Internet. Internet telah menjadi jalur distribusi produk yang penting. Anda bisa menciptakan situs komersial sendiri, bergabung dengan mal kerajinan virtual, atau menjual produk melalui lelang online. Evaluasi biaya utilisasi masing-masing jalur, dan mana yang bisa membuat pelanggan tahu bisnis Anda. Pelajari berbagai alat marketing yang biasa di web. Pelajari bagaimana cara mengambil gambar yang bagus: penjualan Anda tergantung padanya. Perhatikan, bahwa pemasaran online membutuhkan waktu, kesabaran, keteguhan dan pengetahuan prinsip-prinsip pemasaran.

Memasarkan produk Anda

Bentuk pemasaran bisnis kerajinan yang paling efektif adalah reputasi Anda atas mutu yang tinggi. Dengan membuat produk kerajinan yang bermutu secara konsisten, yang menarik dan inovatif, reputasi Anda bisa dijadikan sebagai iklan dari mulut ke mulut. Iklan dari mulut ke mulut, terlebih jika opini diberikan oleh orang berpengaruh (msl. Kolumnis koran), merupakan alat yang ampuh yang bisa membangun bisnis Anda.

Ide-ide marketing yang bisa digunakan dalam bisnis kerajinan, termasuk:

  • Kartu bisnis dan pamflet yang mengilustrasikan dan menjabarkan produk Anda. Pilih produk terbaik Anda untuk ditunjukkan dan pastikan membuat foto yang bagus.
  • Cerita menarik terkait dengan bisnis kerajinan Anda. Bisa saja cara yang unik dimana Anda menghasilkan kerajinan, bahan-bahan asli yang Anda gunakan, atau bagaimana Anda memulai apa yang Anda sukai. Anda bisa meletakkan cerita Anda di website, memasang ide cerita di editor surat kabar, termasuk dalam brosur Anda.
  • Portfolio produk Anda. Membuat portfolio produk terbaik Anda dengan menggunakan foto bermutu. Membuat binder yang dipenuhi oleh produk terbaik bisa saja mahal, tapi penting untuk mewakili galeri, butik, dan retailer lainnya, desainer interior, bahkan arsitek.
  • Direct mail. Pastikan Anda memiliki daftar mailing list. Gunakan cetakan kartupos, dibandingkan flyer atau brosur untuk memotong biaya.
  • Iklan online. Ada banyak bentuk iklan di Web yang bisa Anda coba: membeli iklan banner, Google ad word untuk kata kunci Anda, atau mendonasikan produk Anda untuk kontes website.

Memasarkan bisnis Anda membutuhkan waktu yang signifikan. Pastikan Anda mengembangkan rencana bagaimana Anda bisa melakukannya dengan efektif.

Oleh: Jenny Fulbright
Sumber: www.powerhomebiz.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com
Artikel: www.pengusahamuslim.com

Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28