Efektivitas Vs Efisiensi

Apakah ada harga yang harus dikeluarkan agar efisien? Mungkin Anda berpikir efisiensi tidak mengeluarkan biaya. Semua pengusaha tahu bahwa efisiensi MENGHEMAT uang. Tapi sisi gelap efisiensi adalah penundaan.

Dan penundaan akan KEHILANGAN uang, dan bisnis Anda tidak akan pernah berjalan. Karena itu mengapa efektivitas vs efisiensi itu penting.

Beberapa orang meluangkan waktu membuat rencana dan menulis prosedur. Orang-orang seperti ini ingin tahu dengan pasti apa yang akan terjadi SEBELUM mereka memulainya. Mereka ingin semua kontigensi direncanakan sejak awal. Sehingga mereka terlatih. Mereka membuat peta. Membuat garis besar. Mereka benar-benar membuat perubahan. Setelan yang dibuat dengan baik.

Mereka melakukan banyak pekerjaan, tapi tidak pernah memulainya.

Karena mereka ingin benar-benar sempurna ketika mereka benar-benar memulainya.

Dalam pertandingan efektivitas vs efisiensi, mereka ingin segala sesuatunya efisien. Tanpa cacat.

Jadi tetap menganalisa.

Ini hal besar yang bisa dituju. Bayangkan jika Anda bisa memulai usaha atau proyek dan menjalankannya dengan efisiensi yang sempurna mulai dari awal. Tidak ada waktu yang terbuang. Tidak ada uang yang sia-sia. Anda memiliki sukses yang luar biasa.

Tapi ada beberapa masalah dengan taktik ini:

  1. Anda tidak pernah tahu secara pasti bagaimana sesuatu akan berubah. Bagaimana Anda bisa tahu jika semua rencana akan benar-benar berjalan seperti yang Anda harapkan? Beberapa rencana memang dibutuhkan, tapi apa yang terjadi jika rencana Anda tidak se-efisien seperti yang Anda perkirakan?
  2. Mencoba se-efisien mungkin dari awal adalah sebuah tanda adanya ketakutan yang membatasi Anda. Pikirkan mengapa Anda ingin menjadi efisien? Apakah karena Anda tidak ingin membuat pelanggan marah? Apakah supaya Anda tidak ingin membuang waktu? Apakah karena Anda takut orang berpikir bahwa Anda bodoh jika segala sesuatunya tidak sempurna? Amati dengan baik, ada hal-hal yang Anda takutkan. Kemudian tanyakan pada diri Anda jika ketakutan tersebut benar-benar sesuati yang harus segera Anda hentikan dari awal.
  3. Efisiensi adalah sebuah PROSES. Tidak ada habisnya. Anda tidak membuat copy sales, membuang halaman web, dan menganggap ini akan bekerja dengan brilian. Anda tidak menempatkan proses pada tempatnya, ikuti dengan tepat, dan anggap ini akan berlangsung dalam waktu lama. Banyak hal berubah. Teknologi baru bermunculan. Orang berubah. Peluang baru akan menuntut waktu Anda lebih banyak. Apa yang efisien kemarin belum tentu efisien saat ini. Anda akan banyak belajar hal baru agar lebih efisien. Tentu tidak ada alasan untuk memulainya dengan efisiensi. Nyatanya, ini adalah cara yang tidak efisien untuk memulai!

Timing adalah faktor terpenting dalam efektivitas vs efisiensi. Anda harus Efektif terlebih dahulu.

Efektif berarti Anda menyelesaikan pekerjaan. Satu cara atau lainnya. Efisiensi bisa menyusul.

Buat rencana awal yang masuk akal dengan cepat. Lakukan apa yang menjadi tanggung jawab Anda, kemudian segera mulai kerjakan. Kemudian perhatikan apa yang terjadi saat Anda kerjakan. Lacak data sehingga Anda bisa mengidentifikasikan area mana yang perlu ditingkatkan. Tuliskan proses Anda sehingga Anda bisa menganalisa mereka.

Efisiensi tidak berasal dari teori atau apa yang Anda pikirkan bisa berjalan. Tidak semata berasal dari perencanaan. Ini berasal dari FEEDBACK. Dan Anda tidak akan memiliki apapun jika Anda tidak mengerjakan apapun!

Jangan salah tangkap, efisiensi adalah hal yang penting.

Tapi ingat, Anda harus memulainya terlebih dahulu!

Oleh: Jason Kerchner
Jason Kerchner mengajarkan orang bagaimana mengendalikan usaha dan kehidupan mereka, dan untuk menciptakn gaya hidup yang mereka inginkan. Efektivitas vs. efisiensi adalah area yang yang bisa menahan atau mendorong seseorang. Anda bisa belajar lebih banyak strategi dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis dan hidup dengan mengunjungi blognya di JasonKerchner.com.

Sumber: http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

Artikel: www.pengusahamuslim.com