Apakah Anda Seorang Profesional?

Pahami lima area kunci dimana layanan pelanggan, profesional melakukannya dengan baik. Seorang customer servis meninggalkan mejanya dan mengatakan pada seorang pemuda yang baru saja membantunya, “Anda seorang profesional. Terima kasih.”

Pemuda tersebut tersipu. Dipanggil ‘seorang profesional’ merupakan pujian yang sangat ampuh. Tidak mudah untuk meraihnya. Seorang profesional menguasai lima area inti:

1. Pengetahuan: profesional sejati memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang lain, produk atau jasa apa yang bisa dia sediakan, dimana dan bagaimana mendapatkan bantuan, perubahan apa yang terjadi dalam perusahaan dan dunia? Seberapa baik produk, proses, jasa, dan pengetahuan industri Anda? Ingin peningkatan? Lebih banyak membaca, mendengarkan lebih baik, dan berdiskusi, mendapatkan pengajaran, latihan, dan melaksanakan.

2. Ketrampilan: profesional sejati sangat mahir dan terampil. Mereka tahu bagaimana melakukan sesuatu dengan benar di saat yang tepat dan dengan cara yang benar. Seberapa baik hard skill Anda (kompetensi teknis) dan soft skill (bekerja sama dengan orang lain)? Perlu perbaikan? Belajar dan praktekkan teknik baru, lihat bagaimana para ahli bertindak, mendapatkan banyak pelatihan, lebih berkualias. Lakukan dengan baik, dan kemudian menjadi lebih baik.

3. Sikap: Profesional sejati lebih dari sekedar cerdas secara teknis. Antusiasme mereka memotivasi dan menular ke kita. Pelanggan merasa aman dengan keyakinan mereka. Kolega tersentuh dengan perhatian mereka. Seberapa kuat sikap Anda? Perlu perbaikan? Perjelas apa yang menarika Anda dan mengapa Anda peduli untuk melayani. Gabungkan nilai-nilai Anda dengan tujuan perusahaan, kebutuhan pelanggan dan komitmen yang dibagi dengan kolega. Dan lihat mindset Anda akan seperti elang. Tidak menggerutu di saat Anda seharusnya bersinar.

4. Upaya: Seorang profesional sejati memiliki keinginan dan ambisi yang kuat untuk sukses. Mereka rendah hati, tapi mereka tidak malu untuk berupaya keras mencapai tujuan tertentu. Para pemenang ini melalui jalan yang panjang dan membantu orang lain dalam perjalanannya. Mereka mendorong diri mereka sendiri dan tim untuk pencapaian yang lebih besar. Dan pelanggan mendukung upaya mereka dengan pujian. Seberapa kuat upaya Anda? Ingin meningkatkannya? Kemudian tentukan tujuan yang besar, target yang berkembang. Lakukan setiap hari untuk terus maju.

5. Hubungan: Profesional yang hebat membantu orang lain untuk mencapai masa depannya. Mereka memberikan saran-saran untuk memecahkan masalah Anda dengan segera dan memberikan panduan untuk langkah yang lebih jauh. Mereka mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan Anda dan mempersiapkan jawaban-jawabannya terlebih dahulu. Mereka memikirkan kesuksesan Anda dan memberikan advis yang berharga. Ingin memperkuat hubungan Anda dengan orang lain? Belajar mendengar lebih dekat untuk memberikan perhatian. Memberikan penawaran tanpa diminta. Membuat jaringan dengan orang lain dalam perusahaan, industri, kota Anda. Berikan bantuan kapanpun Anda bisa dan bersedia menerimanya.

***

Penulis: Ron Kaufman merupakan pengajar tingkat internasional di bidang Quality Service. Penulis seri best selling “UP Your Service!” dan pendiri Up Your Service College”.

Sumber: www.UpYourService.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com