Dasar-dasar Marketing Untuk Usaha Kecil

Esensi dari marketing adalah memahami kebutuhan pelanggan dan mengembangkan rencana untuk memenuhi kebutuhan mereka. Setiap orang yang memiliki usaha menginginkan agar usahanya tumbuh. Cara yang paling efektif untuk menumbuhkan serta mengembangkan usaha Anda adalah dengan fokus pada pertumbuhan organis.

Anda bisa meningkatkan pertumbuhan organik dengan empat cara yang berbeda, yang mencakup:

  • Mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  • Mempengaruhipelanggan untuk membeli lebih banyak produk.
  • Mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk yang lebih mahal dan meningkatkan penjualan masing-masing pelanggan.
  • Mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk yang lebih menguntungkan.

Ke-empat hal ini akan meningkatkan pendapatan dan keuntungan Anda. Mari kita fokus pada item pertama, mendapatkan lebih banyak pelanggan. Mengapa? Karena dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda meningkatkan data pelanggan dan pendapatan yang berasal dari data yang lebih besar.

Bagaimana Anda menggunakan marketing untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan

  • Meluangkan waktu untuk melakukan riset dan menciptakan rencana pemasaran strategis.
  • Mengarahkan pengembangan produk agar sampai pada pelanggan yang sebelumnya tidak tertarik.
  • Harga produk dan jasa yang bersaing.
  • Mengembangkan pesan dan materi berdasarkan solusi.

Pentingnya Target pasar dalam usaha kecil

Saat menghadapi pelanggan, ingatlah akan pentingnya target marketing.Alasan mengapa ini penting karena hanya proporsi dari populasi yang akan membeli produk atau jasa.Dengan menempatkan upaya sales dan marketing pada ceruk pasar yang tepat, membuat Anda lebih produktif dan tidak membuang waktu dan energi Anda.

Penting untuk mempertimbangkan segmentasi virtual dengan memilih vertikal tertentu untuk mewakili apa yang Anda tawarkan. Vertikal tersebut memiliki kesamaan dengan produk dan jasa Anda. Sekali lagi, ini akan menghindarkan Anda dari membuang waktu yang berharga dan uang.

Pemasaran usaha kecil dan besar yang berbeda

Jika Anda seperti kebanyakan pengusaha kecil dimana anggaran pemasaran Anda terbatas. Cara yang paling efektif untuk memasarkan usaha kecil adalah dengan menciptakan progmram yang menggabungkan antara aktivitas sales dengan rencana marketing Anda. Kegiatan sales tidak hanya menghemat biaya marketing tapi juga meningkatkan nilai melalui interaksi dengan prospek dan klien Anda. Interaksi ini akan menjadikan riset Anda yang tidak ternilai.

Usaha kecil biasanya memiliki anggaran marketing yang terbatas. Apakah ini berarti Anda tidak bisa bersaing dengan perusahaan besar? Tentu saja tidak. Ini artinya Anda harus berpikir sedikit lebih kreatif. Bagaimana jika melakukan promosi dengan melakukan salah satu hal berikut:

  • Mengundang vendor atau rekan dan meminta mereka untuk berpartisipasi dalam ‘co-op advertising’.
  • Luangkan waktu untuk mengirimkan referal pada pelanggan Anda dan insentif pembelian.
  • Pernahkan Anda terpikir untuk mengenalkan diri Anda di media? Publisitas gratis berpotensi melejitkan usaha Anda. Dengan melakukan ini Anda memposisikan diri sebagai ahli dibidangnya
  • Undang orang-orang disekitar tempat usaha untuk terlibat dalam sebuah acara. Apakah ada acara konser, dimana Anda bisa menjual tiketnya? Ini bisa menjadi sarana publisitas gratis di radio.

Ketika Anda mengeluarkan uang untuk marketing, jangan lupa untuk menciptakan cara untuk melacak kegiatan marketing tersebut. Anda bisa melakukannya dengan meng-coding iklan Anda, menggunakan beberapa telepon bebas pulsa, dan bertanya pada prospek darimana mereka mengetahui Anda. Ini memungkinkan Anda tahu jika strategi marketing tidak berjalan. Anda bisa menggantinya dengan cepat dengan pilihan atau metode yang lebih baik.

Memulai usaha dengan pemasaran usaha kecil

Dengan tekun melakukan pemasaran dan menciptakan strategi yang mudah seperti mempertahankan akuntabilitas Anda untuk menghubungi sepuluh pelanggan atau prospek setiap hari selama seminggu, Anda akan melihat bisnis Anda tumbuh secara siginifikan. Yang terpenting adalah tidak dibutuhkan anggaran marketing yang besar untuk mewujudkannya.

***

Oleh Laura Lake
Sumber: www. About.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com