Memanfaatkan Twitter Guna Mendapatkan Prospek

Sebuah kenyataan bahwa transaksi bisnis berlangsung di Twitterverse. Individu dan bisnis setiap hari terhubung dengan Twitter. Penjualan produk atau penjadwalan jasa menjadi hal yang umum bagi para pengguna Twitter. Bahkan ada perusahaan yang menemukan kandidat terbaik di Twitter!

Apakah Anda juga bergabung? Jika tidak, saya adalah orang yang menggatakan Anda ketinggalan. Nielsen melaporkan bahwa dalam 12 bulan, mulai dari Februari 2008-2009, Twitter meningkatkan jumlah pengunjungnya hingga 1,382%. Ini yang membuat jumlah penggunanya mencapai 7 juta, mari kita lihat dalam sebuah perspektif. Ada 7 juta orang diluar sana yang bisa Anda jadikan prospek. Tertarik? Saya yakin demikian, jadi mari kita lihat bagaimana mengikuti etika Twitter yang benar dan menemukan prospek tersebut yang memiliki minat pada produk atau jasa Anda.

Mari kita bicarakan mengenai etika, karena jika Anda tidak mengikuti etika dengan benar, Anda bisa kehilangan prospek.

1. Tempatkan diri Anda sebagai orang yang bersedia berbagi pengetahuan apa yang menjadi keahlian Anda. Anda melakukannya dengan memberikan informasi yang berharga di Twitter secara konsisten. Ini tidak berarti Anda tidak bisa menjadi diri Anda sendiri atau menunjukkan kepribadian Anda, silahkan lakukan. Namun, jika tweet Anda berisi omong kosong atau tidak ada nilanya, maka akan membuat pengikut Anda pergi dan tidak memandang Anda sebagai orang yang bisa dipercaya yang memiliki solusi untuk memecahkan masalah.

2. Jangan hanya memasukkan produk atau jasa Anda. Ini akan menganggu pengikut Anda dan mereka akan segera meninggalkan Anda, seperti melihat iklan yang berulang kali tampil di acara TV.

3. Tidak ada rahasia di Twitter. Anda menuliskan sesuatu – dan itu akan selalu ada disana, jadi gunakan kata-kata yang umum dan sadari apa yang Anda katakan selalu bisa ditemukan dan jika Anda mengatakan hal yang buruk, maka akan mengantui Anda dimasa datang. Ini akan membuat prospek batal membeli produk atau jasa Anda.

4. Jangan ada pengulangan, jangan memposting pesan yang sama berulang kali. Ini akan menjengkelkan dan menghabiskan tempat. Juga nampak seperti spam jika pesan yang sama tampil berulang kali.

5. Media sosial adalah tentang interaksi, ini bukan sarana untuku promosi diri, tapi merupakan tempat dimana Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan, kolega, dan prospek.

Sekarang kita sudah mengetahui etika dasar. Sekarang bagaimana menemukan prospek di Twitter.

1. Alat yang paling berharga yang bisa Anda gunakan untuk menemukan prospek di Twitter adalah dengan alat pencari. Pencarian dalam istilah dan kata kunci yang mewakili pelanggan Anda. Dengan melakukan ini Anda akan memiliki titik awal yangakan mewakili daftar individu yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa Anda, mulai mengikuti mereka. Anda akan terkejut pada apa yang Anda pelajari yang akan membantu Anda dalam menentukan pasar yang menjadi tujuan produk dan jasa Anda.

2. Luangkan waktu untuk berbagai informasi terkait dengan industri Anda, bukan hanya produk dan jasa serta lihat mereka yang berminat akan mengikuti Anda.

3. Cari orang-orang dengan industri Anda yang berpengaruh di Twitter dan ikuti mereka. Anda akan mendapatkan banyak wawasan dan juga akan melihat dengan siapa mereka berdiskusi, yang mungkin bernilai bagi Anda dalam mempromosikan produk dan jasa Anda.

4. Menciptakan profil Twitter yang menarik perhatian prospek. Buatlah secara informatif dan menarik sehingga menarik pelanggan potensial Anda dan buatlah mereka ingin mengikuti Anda.

5. Terakhir, pilihlah nama Twitter yang mewakili Anda dan bisnis.

***

Oleh Laura Lake, About.com
Sumber: www.marketing.about.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com