Apakah Bisnis Networking Itu?

Bisnis networking mendongkrak usaha dan koneksi personal untuk menyuplai bisnis baru Anda. Konsepnya nampak sederhana, tapi Anda jangan sampai tertipu. Karena ini melibatkan membangun hubungan, maka bisa menjadi proses yang kompleks.

Pikirkan hal tersebut. Berapa banyak orang yang Anda tahu? Berapa banyak dari mereka yang mengerti apa yang Anda kerjakan? Berapa banyak dari mereka yang mengarahkan prospek pada Anda sebagai referal? Dan berapa banyak dari referal tersebut yang melakukan bisnis dengan Anda ?

Bisnis networking lebih dari sekedar menampakkan diri pada pertemuan networking, berjabat tangan, dan mengumpulkan banyak kartu nama.

Misalnya, bayangkan dua orang yang menghadiri sebuah event. Dalam ruangan mereka berpisah, masing-masing mengambil separo ruangan. Di akhir acara, mereka bertemu lagi untuk melihat siapa yang paling banyak mengumpulkan kartu nama bisnis.

Pernahkan Anda bertemu orang yang demikian? Tentu Anda pernah. Kami pernah mengalaminya. Apa yang mereka dapatkan? Mereka mengumpulkan banyak kartu nama yang hanya akan berakhir di laci, tempat sampah, atau yang terburuk – men scannya di komputer sehingga mereka bisa melakukan spam ke semua orang yang baru mereka temui. Mengapa? Apa yang diwakili dari sebuah kartu nama? Ini hanya selembar kertas, dengan tinta dan gambar diatasnya. Tidak ada hubungan yang terbentuk. Strategi networking seperti ini dengan sendirinya tidak efektif dalam hal penggunaan waktu, uang atau energi.

Networking dalam bisnis harus strategis dan terfokus. Tidak semua orang yang Anda temui bisa membantu kemajuan usaha Anda – tapi apapun yang Anda lakukan bisa didorong dengan maksud untuk menumbuhkan bisnis Anda. Anda memiliki kendali penuh atas siapa yang Anda temui, dimana menemuinya dan bagaimana mengembangkan serta mendongkrak hubungan yang saling menguntungkan.

Networking bisnis berarti Anda harus proaktif. Inti dari networking adalah melakukan sesuatu yang spesifik setiap minggunya yang fokus pada networking untuk pertumbuhan bisnis. Membuat rencana, fokus, dan konsisten. Jika Anda benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan networking bisnis dan melangkah menuju tantangan, Anda akan menemukan peluang yang sebelumnya tidak Anda temukan, dan Anda akan membuat investasi yang tidak ternilai untuk pertumbuhan bisnis Anda.

***

Oleh Dr. Ivan Misner
Sumber: www. entrepreneur.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com