Mengelola Bisnis Keluarga

Situasi ini mengakibatkan tekanan bagi pemilik usaha dalam memenuhi harapan keluarga dan terkadang, hal ini menghalanginya untuk melakukan hal yang diperlukan untuk meningkatkan operasional bisnis. Sebagai tambahan, dia juga ditekan untuk membuat keputusan yang dapat diterima oleh semua anggota keluarga agar dapat menikmati hubungan yang harmonis di rumahnya.

Namun, perlu disadari dalam mengelola bisnis keluarga di lingkungan saat ini tidaklah sederhana. Ada kalanya keputusan sulit harus dibuat untuk memastikan kelangsungan dan keuntungan bisnis. Jadi, apakah bisnis keluarga atau bukan, bisnis harus ditangani sebagai usaha yang serius dan bukan sesuatu yanga dianggap sebagai hobi, karena akan mengakibatkan kegagalan jika tidak ditangani dengan baik.

Penting juga menangani isu suksesi di bisnis, khususnya jika pemilik usaha mempunyai anak lebih dari satu. Banyak kasus terjadi dimana anak pemilik berebut kepemilikan bisnis karena pemilik tidak memperjelas siapa yang akan menjalankan bisnis setelah dia meninggal. Saat ini, setiap orang ingin menghindari skenario ini dan kenyataannya, menghindari situasi seperti ini hanyalah masalah perencanaan. Dengan memiliki panduan suksesi akan memungkinkan semua anak saling hidup rukun serta membantu demi keberhasilan bisnis.

Harus ada penunjukan pemimpin dimana setiap orang harus menghormati dan mematuhinya dalam bisnis. Pemimpin juga harus mampu membuat keputusan bisnis. Ini karena jika dia berubah menjadi tidak kompeten, anggota keluarga lainnya dapat merasakannya, sehingga mereka dapat mengatasi situasi dengan lebih baik dan anda sangat ingin menghindari hal ini.

Walaupun, seandainya seluruh anggota keluarga memiliki hubungan bisnis yang baik, disarankan untuk tetap memisahkan bisnis dari urusan pribadi. Sehingga mereka dapat membuat keputusan tanpa bias demi kebaikan bisnis.

Sebagai tambahan, dengan memisahkan pribadi dengan profesional akan membuat pemilik bisnis lebih fleksibel dalam membuat keputusan di tempat kerja.

Hal terpenting dalam mengelola bisnis keluarga dengan baik adalah, memastikan semua keluarga memiliki hubungan baik yang akan tetap langgeng, bahkan jika bisnis berhenti. Yang terakhir, keluarga masih jauh lebih penting daripada bisnis karena bisnis dapat digantikan sementara keluarga anda tidak.

Sumber: Cherie Ang