Bukan Pengusaha Biasa: Apa Yang Membuat Seorang Pengusaha Berbeda?

Studi menunjukkan bahwa pengusaha itu dilahirkan, bukan dibuat. Sebagai seorang pengusaha yang sudah bekerja dengan banyak pengusaha sukses, bisa saya pastikan kebenarannya. Tidak ada dua hal yang sama persis, tapi mereka memang berbeda dari mereka yang gagal, atau yang lebih buruk, tidak pernah mencoba.

Pertanyaan yang sering saya terima adalah apa yang membuat seseorang menjadi pengusaha. Saya mengutip kata-kata Harlan, seorang hakim saat ditanya bagaimana dia mendefinisikan pornografi.  “Saya mengetahuinya saat saya melihatnya”. Pengusaha memiliki ciri tertentu yang berbeda dari kebanyakan orang.  Mereka siap mengambil resiko, tidak memiliki rasa takut, memiliki hasrat, pemecah masalah, positif dan fokus: pengusaha adalah kekuatan yang menjalankan mesin perekonomian.

Saya sudah merangkum 10 karakter yang dimiliki para pengusaha sukses melalui pengalaman hidupnya yang panjang. Beberapa lebih kuat di satu area dibandingkan yang lain, tapi dasarnya tercantum dibawah ini dan mencakup kualitas dan kepercayaan mereka yang konsisten sebagai pengusaha sukses.

10 Sifat penting bagi pengusaha sukses

#1 Memiliki hasrat dalam peluang proyek mereka

Hasrat mengalahkan banyak rintangan dalam pengalaman dan/ atau pendidikan. Hasrat sejati tidak bisa dipalsukan, dan ini nyata!

#2 Keberanian dalam menghadapi keraguan

Setiap pengusaha pasti mengalami kekhawatiran dan keraguan.  Kemampuan untuk mengatasi, mendorong dan mencapai tujuan Anda membutuhkan keberanian.

#3 Kemampuan mengatasi penolakan

Sukses sebagai pengusaha membutuhkan kulit yang tebal. Kritikan dan kata-kata TIDAK akan lebih sering terdengar daripada YA.

#4 Kemampuan untuk terbuka pada perubahan

Perilaku yang terasah dan disposisi akan memotong kemampuan untuk berinovasi, memperbaiki dan menambahkan kreatifitas penemuan atau ide baru.

#5 Isi gelas selalu lebih banyak daripada terisi separo

Pengusaha sukses menyadari adanya rintangan yang harus mereka selesaikan. Mereka harus menghadapinya .Hilangkan sikap dan pemikiran negatif.

#6 Ide kecil yang menjadi ide besar

Coca-Cola tidak diciptakan dengan tujuan untuk pasar minuman yang sangat luas . Seorang apoteker menciptakan formula untuk minuman sodanya sebagai tonik.

#7 Hanya Anda yang bisa mengubah kehidupan Anda

Anda mengendalikan seluruh aspek kehidupan Anda. Ketika Anda bercermin, apakah Anda melihat seorang manusia atau wujud lainnya? Jawabannya merupakan refleksi Anda.

#8 Hanya menyesali apa yang belum Anda lakukan

Menyesali dan berandai-andai atau mimpi buruk peluang yang hilang, atau tidak pernah terjun dalam permainan, aakan membuat Anda merasa bersalah. Betapa sia-sia!

#9 Sukses secara bertahap 

Pemimpi ingin segera mencapai sukses dan jarang mengambil tindakan. Kerja keras, berusaha, inovasi, dan fokus akan menjadikan Anda seorang pemenang.

#10 Belajar mendengarkan

Saat Anda berbicara, anda tidak bisa mendapatkan pelajaran. Ajukan pertanyaan dan cobalah! Mendengarkan adalah hal penting untuk mengatasi penolakan dan kesuksesan.

***

Oleh Geoff Ficke
Sumber: www.articlebase.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com