Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Artikel, Entrepreneurship

10 Alasan Memulai Usaha Saat Resesi

Publisitas yang lebih besar. Kompetisi yang lebih sedikit. Bakat yang menunggu dikembangkan. Inilah alasan mengapa memulai usaha di resesi ekonomi bisa memberikan usaha Anda tembakan yang lebih baik.

Apakah Anda memiliki satu alasan yang bagus untuk memulai usaha saat ini?

Terlepas dari orang-orang disekitar Anda (termasuk media), ini adalah saat terbaik untuk memulai usaha. Coba menoleh kebelakang dan melihat sejarah penurunan ekonomi. Kebanyakan resesi pasca PD II rata-rata berlangsung selama 10 bulan, diikuti dengan siklus pertumbuhan yang rata-rata berlangsung selama 50 tahun.

Apa artinya untuk memulai usaha adalah tidak ada waktu yang lebih baik daripada sekarang untuk terjun dan mulai mengejar usaha impian Anda – sebagai antisipasi pertumbuhan periode berikutnya.

Berikut 10 alasan teratas mengapa Anda bisa memulai usaha sekarang

1. Semuanya lebih murah

Mari kita hadapi: Ada nilai yang sangat besar saat ini dan di pasar dunia. Ini adalah saat yang tepat untuk berbisnis di segala aspek, dari tanah dan peralatan sampai sewa ruang perkantoran, tenaga kerja dan buruh. Ketika nilai aset menurun, tidak ada waktu yang lebih baik untuk terjun ke pasar finansial atau real estate, atau alat berat dan konstruksi. Beberapa orang menunggu bertahun-tahun untuk menemukan nilai di pasar ini – dan inilah saatnya .

2. Anda bisa mempekerjakan orang yang lebih baik dan berkwalitas

Pada era dimana Microsoft melakukan perampingan, Anda bisa menemukan sumber berharga dengan nilai yang terjangkau. Ingin membuka usaha berteknologi tinggi? Ada banyak insinyur yang menunggu direkrut. Berencana membuka perusahaan jasa profesional? Ada banyak akuntan dan pengacara yang menunggu kesempatan berikutnya.

3. Orang ingin mengganti supplier

Bagi banyak perusahaan, segala sesuatu yang menyangkut perspektif biaya harus jelas. Meskipun harga Anda lebih tinggi, tapi jika Anda bisa memberikan nilai yang lebih besar, maka Anda berpeluang untuk memenangkan bisnis. Anda memiliki keuntungan dengan menjadi pendatang baru yang menunjukkan produk dan jasa Anda. Banyak perusahaan yang putus asa dalam menemukan rekanan baru dengan perusahaan baru yang berbeda, dengan cara yang berbeda, lebih baik dan lebih inovatif dalam menyampaikan produk dan jasanya.

4. Kepemilikan yang sepadan dengan insentif pajak

Kepemilikan usaha menawarkan berbagai keutungan pajak yang tidak didapatkan karyawan. Sedangkan pajak bukanlah satu-satunya alasan bagi Anda untuk terjun dalam bisnis, ada satu alasan lagi yang perlu ditambahkan dalam list “keuntungan kepemilikan usaha” Anda .

5. Keluarga atau teman tidak ingin (atau tidak bisa) menginvestasikan lebih banyak dana di pasar modal atau real estate

Ini artinya, mereka bersedia mendanai sebagian usaha baru Anda, atau ekspansi usaha yang sudah terbukti dari waktu ke waktu. Keuntungan utama adalah mereka tahu Anda dan memiliki hubungan dengan Anda – dan jika Anda memiliki business plan yang solid, yang menunjukkan angka nyata, kesempatan Anda untuk menambah modal yang dibutuhkan akan meningkat.

6. Supplier memberikan kredit yang lebih baik

Karena pasar kredit yang secara virtual tutup, alur kredit B2B membuat sirkulasi menjadi hal yang penting. Keuntungan utama adalah semua pihak memiliki lebih banyak insentif daripada sebelunya dalam menemukan situasi win-win yang memungkinkan alur kas dan stok. Saat semua orang berupaya untuk bertahan hidup, tawaran besar bisa didapatkan

7. Publikasi yang baik dengan menunjukkan Anda akan melawan tren

Media menyukai penyimpangan, dan jika Anda optimis dengan ekspansi atau menjalankan usaha sekarang, Anda berada dalam kategori tersebut. Artinya, Anda bisa menunjukkan publikasi yang bagus dengan menunjukkan pandangan “alternatif” Anda di pasar .

8.  Anda bisa membeli apapun yang dibutuhkan melalui lelang

Sebagai tambahan saat segala sesuatunya mahal, Anda bisa menemukan tawaran yang bagus dari lelang, terlebih untuk alat-alat besar dan perlengkapan kantor. Lelang juga tempat yang baik untuk mendapatan barang yang jarang dipakai atau barang yang digunakan dengan hati-hati seperti perlengkapan restoran dengan harga yang bagus. Saat ini Anda bisa mendapatkan barang-barang di mobil terbuka atau sejenisnya dengan layanan antar.

9. Anda bisa mendapatkan  penawaran “low money” atau “no money”

Hanya dengan menyadari adanya peluang baik yang ditawarkan pihak lain, dan mendapatkan penawaran dimana Anda bisa mendapatkan keseluruhan usaha hanya dengan mengambil alih sewa (beserta seluruh perangkatnya). Banyak pengusaha yang meninggalkan biaya, yang berarti Anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan penawaran win-win.

10.  Anda telah kehilangan pekerjaan, dan harus melakukan sesuatu

Terkadang, keputusan usaha terbaik adalah yang didapat saat keadaan terpojok, dan insentif (serta) kebutuhan akan pendapatan biasanya mendorong seseorang untuk “keluar pagar”. Tidak ada yang salah dalam posisi ini hanya adanya kepentingan yang lebih besar untuk melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan pendapatan secepat mungkin.

Sekarang Anda memiliki 10 alasan untuk memulai usaha saat resesi. Namun rintangan menyertai Anda bahwa ekspansi akan  lebih robus daripada penurunan saat ini .

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai daripada saat ini, terlebih jika orang-orang disekililing Anda lebih nyaman dengan alasannya sendiri kenapa mereka tidak segera memulai usaha yang mereka impikan saat ini. Ini artinya Anda akan menghadapi persaingan yang lebih sedikit.

***

Oleh Brad Sugars
Sumber: www.entrepeneur.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28