Bagaimana Memulai E-business?

Apakah memulai bisnis Internet adalah ide buruk? Tidak, jika Anda cerdas dan belajar dari kesalahan orang lain.

Inilah peluang Anda untuk memulai kaya karena  internet telah merubah seluruh peraturan. Selama setengah abad, pemain besar dalam bisnis ini, dari IBM hingga Exxon, mendominasi permainan, meninggalkan ruang untuk memberikan tempat bagi pendatang baru untuk membuat loncatan. Kemudian di tahun 1994 pendatang baru bernama  Netscape mengenalkan web browser, dan berlomba-lomba mendulang uang seperti  Amazon, eBay, Yahoo!, 1-800-Flowers, drugstore.com, Priceline.com, WebMd.com–today,  mereka adalah usaha jutaan – dan bahkan miliaran dollar, tapi kemana mereka sepuluh tahun yang lalu? Tidak ada satupun dari perusahaan ini yang muncul, menghadapi tantangan perdagangan ini. Mereka berhasil karena adanya peraturan baru bagi perusahan kecil yang fleksibel, cerdas, kuat, dan cepat merespon perubahan kondisi pasar.

Web merupakan jalur distribusi baru dan cara baru dalam melakukan usaha. Jangan sampai ketinggalan salah satu bagian tersebut. Dengan memandang web sebagai jalur baru – cara yang berbeda untuk menempatkan produk dan jasa di hadapan konsumen – dan Anda akan kehilangan peluang di Internet, yang akan memberikan banyak perubahan bagi Anda dalam berbisnis.

Alasan berubah ke Dotcom

Apakah Anda  masih belum yakin jika Web adalah tempat berbisnis dimasa depan? Berikut 10 alasan mengapa Anda harus online:

1. Murah. Tidak ada jalan lain yang lebih murah dalam membuka usaha selain dengan membuat web site. Jika Anda bisa menghabiskan jutaan dollar untuk membuka usaha, maka web site dengan anggaran rendah (yang bisa dimulai dengan sekitar $100) bisa membuat bisnis berjalan.

2. Memangkas biaya pemenuhan. Menangani order melalui telepon memerlukan biaya yang mahal, begitu juga dengan mail order. Tidak ada cara lain yang lebih efisien-murah, cepat, akurat untuk memproses order selain dengan menggunakan web site.

3. Katalog Anda selalu ter-update. Katalog cetak membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan tidak seorangpun yang mau mencetak ulang jika ada perubahan harga atau ralat. Website bisa diupdate dalam hitungan menit.

4. Biaya cetak dan pengiriman tinggal sejarah. Pelanggan Anda bisa mendownload informasi apapun yang ingin Anda sampaikan pada mereka dari web site.  Tentu, Anda masih bisa mencetak beberapa material, tapi banyak yang bisa didistribusikan melalui  web.

5. Memotong biaya karyawan. Operasional website membutuhkan jumlah tenaga kerja yang rendah.

6. 24 jam setiap hari. Dan meskipun Anda tidur, website masih beroperasi dan bekerja untuk Anda.

7.  Anda berada di bagian depan audien global. Lihat site log Anda, dan lihat berbagai pengunjung dari  Australia, New Zealand, Jepang, Malaysia – dimanapun ada saluran telepon dan komputer.

8. Tidak diperlukan ijin dan tidak ada perselisihan. Memang bisa berubah, tapi di sebagian besar negara, web usaha kecil bisa dijalankan tanpa ijin dan keterlibatan pemerintah. Saat Anda berkembang dan menambah karyawan, Anda langsung berhubungan dengan hukum dan peraturan. Tapi, tentu menyenangkan jika bisa membuka usaha tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit.

9. Tidak ada konsumen yang marah di hadapan Anda. Anda tidak bisa menggabaikan konsumen yang tidak happy dalam bisnis; pada kenyataannya, seberapa baik Anda memberikan layanan pada konsumen akan menentukan sejauh mana kesuksesan Anda. Tapi setidaknya dengan bisnis web Anda tidak akan pernah berhadapan langsung dengan konsumen yang marah.

10. Kemudahan untuk menampilkan pesan Anda. Antara website dan penggunaan e-mail yang cerdas, Anda memiliki kendali penuh kapan dan bagaimana Anda menampilkan pesan.

***

Sumber: www.enterpreneur.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com