Tentang Software Akuntansi

Pembukuan adalah salah satu proses penting dalam bisnis. Lebih dari sekedar pengembangan produk dan menjual, manajemen yang efektif terhadap alur pendapatan dan pengeluaran, yang membuat bisnis gagal atau berhasil. Jangan berkecil hati jika Anda tidak memiliki pengalaman akuntansi yang memadai –  investasi software akuntansi, dan Anda sudah siap beroperasi.

Tapi dengan banyaknya pilihan yang tersedia, bagaiamana Anda tahu jenis mana yang terbaik untuk anda? Berikut beberapa pertanyaan untuk diri Anda.

Berapa anggaran Anda? Tentukan berapa Anda mengeluarkan biaya software akuntansi untuk membantu membatasi pilihan Anda. Sebagai peraturan umum, program software dengan fitur yang lebih banyak memiliki harga yang lebih tinggi, jadi persiapkan dana lebih jika Anda menginginkan banyak fungsi. Anda akan terkejut jika menemukan software akuntansi yang sangat bagus dengan harga yang sangat rendah, terlebih yang didesain untuk UKM.

Apakah user-friendly? Untuk memangkas waktu pelatihan staf atau diri Anda untuk mengoperasikan software, maka mudah digunakan adalah hal yang perlu diperhatikan. Carilah hal yang sederhana terkait dengan tiga aspek: instalasi, set up, dan navigasi.

Apakah memiliki semua modul akuntasi dan kategori laporan yang Anda butuhkan? Modul paling dasar yang harus dimiliki software akuntansi adalah modul hutang dan piutang. Anda juga harus mencari kategori laporan yang memungkinkan anda membuat dan mencetaknya dengan mudah seperti alur kas untuk periode tertentu, laporan peramalan, piutang, dsb.

Merupakan ide yang bagus untuk investasi dengan harga yang lebih mahal tapi memiliki fitur yang bisa dikembangkan;software harus bisa menangani pertumbuhan (jika Anda menambahkan lini produk atau lebih banyak karyawan untuk payroll, misalnya).

Apakah menawarkan support ? Pilihlah software akuntansi yang dilengkapi dengan FAQ (baik dari segi teknis maupun topik akuntansi), call-center bebas pulsa, dan jika memungkinkan dukungan online.

 

Oleh: Eric Morris

Article Source: www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com