Pentingnya Menilai Kebutuhan Usaha Sebelum Kustomisasi Software Akuntansi

Tidak semua perusahaan membutuhkan software akuntansi yang dikustomisasi untuk usahanya. Bagi perusahaan kecil dan menengah, Anda tidak perlu menggunakan semua fitur software akuntansi yang dikustomisasi. Paket software akuntansi sudah cukup mengakomodasi kebutuhan usaha kecil dan menengah.

Karena itu, sebelum Anda membeli software akuntansi yang terkostumisasi, Anda harus menganalisa kebutuhan dan persyaratan usaha Anda. Industri yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi Anda harus mengidentifikasikan apa yang sesuai untuk industri Anda.

Perbedaan terpenting antara paket software akuntansi dan software kustomisasi adalah software kustomisasi menawarkan modul. Artinya, Anda hanya membeli apa yang dibutuhkan saat ini dan seiring waktu ditambahkan fitur. Paket software kurang lebihnya fixed dengan fitur yang diberikan – biasanya Anda harus membayar untuk mengupgrade.

Jadi luangkan waktu untuk menelaah apa yang Anda butuhkan. Apakah Anda membutuhkan sistem akuntansi yang sederhana untuk menangani hutang  dan piutang? Atau, apakah Anda membutuhkan sistem yang lebih kompleks yang menawarkan payroll, pajak dan manajemen keuangan? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan tahu apakah software yang dikustomisasi adalah yang Anda butuhkan.

Ketika Anda memilih software akuntansi, penting untuk memilih mana yang memberikan fitur yang baik. Software akuntansi harus memiliki fitur seperti membuat neraca, laporan laba-rugi, pengelolaan payroll, pajak, melacak akun piutang atau hutang, proyeksi keuangan, order pembelian, jumlah inventori, dsb.

Kebanyakan software akuntansi dasar memiliki fitur-fitur ini, sementara beberapa fitur secara eksklusif diperuntukkan untuk program kustomisasi. Maka, temukan spesifikasi software yang tepat sebelum membelinya. Ada juga program akuntansi yang tersedia online. Program akuntansi online lebih murah, mudah diupgrade dan memungkinkan Anda mengimplementasikannya dengan lebih cepat. Jadi ini hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli program akuntansi.

Yang terpenting, software harus mudah digunakan. Jika sulit digunakan, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menguasainya. Ini akan menyita waktu Anda dan sumber perusahaan. Mintalah uji-coba penggunaan software agar Anda terbiasa.  Penyedia software akuntansi biasanya menyediakan uji coba gratis bagi prospek potensialnya – pastikan Anda menggunakan peluang ini untuk mengetahui apakah ini software terbaik untuk bisnis Anda.

Oleh: Cheow Yu Yuan

Sumber:www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com