Melatih Diri Anda Menjadi lebih Optimis


Melatih Diri Anda Menjadi lebih Optimis

Optimis bisa menjadikan kita lebih bahagia, lebih sehat dan lebih sukses. Sebagai manusia kita mempunyai keadaan yang terkadang optimis dan terkadang pesimis. Malah untuk sebagian orang sikap pesimis jauh lebih dominan dibandingkan sifat optimis. Bisakah kita melatih diri untuk menjadi lebih optimis? Tentunya bisa dan pasti bisa jika kita mau berusaha. Berikut beberapa tips untuk melatih diri untuk lebih optimis:

1. Dekatkan diri ke Allah

Dengan mendekatkan diri ke Allah, hati dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Pastinya kita semua mengetahui bahwa Allah tidak akan membebani seseorang melebihi kemampuannya. Sehingga apapun yang terjadi, kita harus selalu optimis, karena Allah sudah mengatur segala sesuatu dengan sebaik-baiknya rencana. Allah maha tahu dan kita yang tidak mengetahui yang terbaik.

2. Ubah masalah menjadi tantangan

Masalah adalah masalah jika kita menganggapnya masalah, justru akan membuat masalah tersebut menjadi lebih besar. Cobalah ubah pola pikir anda terhadap masalah tersebut, dari masalah menjadi sebuah tantangan. Jangan sedikitpun lupa untuk melibatkan Allah dalam setiap tantangan yang kita hadapi. Seperti kata Ustad Yusuf Mansur, jika kita memiliki masalah bukan mengadu kepada manusia ataupun ke polisi, tapi adukanlah ke Allah. Jadikan tantangan ini menjadi jembatan pendekat diri ke Allah. Dan selalu katakan ke diri anda bahwa ini bukan masalah, ini adalah tantangan untuk menjadi lebih baik.

3. Motivasi diri anda

Jika anda dihadapkan pada suatu tantangan baru, maka katakanlah kepada diri anda bahwa anda bisa, anda pasti berhasil, karena anda meminta kepada sang pemilik semua urusan yaitu Allah swt. Selalu katakan bantuan Allah akan segera datang, cepat atau lambat.

4. Bayangkan manfaat yang anda dapat

Bayangkan kesuksesan yang akan anda dapat setelah anda berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Bayangkan tingkat kesabaran anda yang lebih meningkat setelah tantangan tersebut selesai. Bayangkan kesuksesan yang anda inginkan untuk terjadi setiap kali anda mendapatkan tantangan baru.

5. Ingat kesuksesan yang pernah anda raih

Jika anda merasa sangat jatuh karena masalah tersebut, maka ingatlah kesuksesan yang dulu pernah anda raih. Yakinkan diri anda, bahwa anda pasti berhasil lagi seperti keberhasilan yang dahulu. Janganlah lupa untuk mencatat setiap keberhasilan yang anda dapat dan masalah yang berhasil anda selesaikan. Ingatlah bahwa bantuan-bantuan Allah selalu datang disetiap anda mendapat masalah, tentunya jika anda terus meminta petunjuk dari Allah.

comments