Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Entrepreneurship, Kewirausahaan

Gagalnya Bisnis Startup

Faktor Kegagalan Bisnis Startup

Artikel ini hasil kerjasam PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Bisnis Startup. Bukanlah sebuah perkara yang mudah apabila Anda ingin mengembangkan bisnis startup Anda sebab pada saat mengembangkan bisnis tersebut, hal yang di butuhkan bukan hanya suatu kerja keras melainkan Anda pun juga membutuhkan sebuah strategi yang tepat untuk Anda jalankan agar dapat mengembangkan bisnis startup Anda secara efektif dan juga efisien.

Menurut Forbes, angka kegagalan dalam bisnis startup mencapai 90%. Hal tersebut berarti bahwa banyak sekali faktor – faktor kegagalan yang mungkin saja terjadi pada saat menjalankan bisnis startup sebab mengingat membangun sebuah bisnis startup bukanlah suatu perkara yang tergolong mudah.

Maka dari itu Anda perlu mengetahui apa – apa saja yang dapat menjadi faktor kegagalan di dalam sebuah bisnis startup. Khususnya bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis startup ini.

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Gagal Dalam Menarik Minat Investor Startup

Di dalam sebuah Event Idea Fest pada tahun 2015 yang bertajuk mengenai “Why Startup Fails”, terdapat dua tokoh startup dari Indonesia yaitu Co – Founder Mind Talk yaitu Danny Wirianto bersama dengan serial entrepeneur VC yaitu Andy Zain, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa faktor yang bisa saja menjadi faktor kegagalan pada saat sedang menjalankan bisnis Startup.

Apa saja faktor – faktor yang dapat menjadi penyebab kegagalan pada saat menjalankan bisnis startup tersebut? Berikut faktor – faktor penyebab kegagalan yang mungkin saja terjadi pada saat sedang menjalani bisnis startup:

Kurang Mengerti kondisi Pasar

Pada saat menjalankan sebuah usaha yang berdasarkan dari hobi maka tentunya akan terasa sangat menyenangkan. Tapi jangan sampai salah, hal ini justru bisa membuat anda terlarut dalam hobi anda tersebut dan kemudian akan membuat anda kurang mendalami kondisi pasar.

Pemahaman tentang kondisi pasar sangat diperlukan. Anda akan tahu apa saja yang masyarakat butuhkan pada saat tertentu. Sehingga anda bisa mengantisipasi kegagalan atau kerugian yang bisa saja terjadi. Untuk itu, mulailah melakukan identifikasi terhadap masalah yang sedang muncul di masyarakat. Lalu anda bisa menemukan solusi pada masalah yang ada.

Kosongnya Kas Perusahaan

Kehabisan dana di tengah jalan memang sering terjadi di setiap perusahaan. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi di awal membuat perusahaan terkadang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor kegagalan sebuah startup. Tidak hanya startup yang didanai sendiri, Startup yang didanai pihak lain juga bisa mengalami masalah yang demikian. Untuk mencegah kegagalan seperti ini, anda bisa merencanakan pengeluaran perusahaan di awal sebelum mendirikan Startup.

Tidak Adanya Kekompakan Tim

Kendala dan masalah terjadi silih berganti. Pastinya anda akan tahu bagaimana perbedaan pandangan setiap karyawan. Jika tidak dibina dari awal, kegagalan seperti ini bisa terjadi. Anda perlu membentuk tim kerja sesuai dengan keahlian dan kekurangan masing – masing karyawan sehingga mereka bisa mengerti tanggung jawab yang diberikan kepada mereka. Karyawan yang memiliki sifat positif juga perlu anda rekrut agar kemampuannya bisa dipergunakan.

Jangan Menyepelakan Sebuah Eksekusi

Setelah adanya ide kreatif maka akan muncul eksekusi. Bagi orang yang bisa membuat ide kreatif, membuat eksekusi sangatlah penting. Apa yang telah mereka pikirkan harus mereka tuang dengan cara yang tepat. Hasil yang berantakan  bisa saja terjadi jika anda terlalu menyepelekannya. Untuk itu, pikirlah secara matang step by step bagaimana cara agar ide yg anda buat tersebut dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga bisnis Startup yang akan anda bangun akan bisa berkembang dengan baik.

Tidak Percaya Diri Melakukan Pivot

Pivot adalah pengubahan konsep awal. Terkadang kita bisa saja merasa tidak percaya diri untuk mengubah suatu konsep awal yang sudah kita bangun. Takut jika kegagalan – kegagalan yang tidak diharapkan terjadi. Walau ini bukan masalah besar, penerapan pivot sangat diperlukan jika Startup dalam keadaan bahaya. Jangan takut menggunakan pivot walau anda merasa pemikiran awal anda hebat. Menurut Andy ide dan kondisi harus sejalan. (Zahir Blog)

Oleh: Nuraini Anitasari

Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28