Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Kita

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Hobi

Hidup perlu kita nikmati, tetapi ketika kita tidak bisa menikmatinya menyebabkan kelelahan sepanjang hari, apalagi masalah pekerjaan, yah ujung-ujungnya akan segara pensiun dini.

Setiap orang mempunyai hobi dan mereka pasti menikmatinya. Itulah cara mengungkapkan diri demi merasakan kenyamanan didalamnya. Yang lebih baik lagi, yaitu menjadikan hobi kita bisa menghasilkan keuntungan.

Apakah Anda tidak ingin mengembangkan hobi menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan, atau kita jadikan hobi itu pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang. Kami mempunyai beberapa tips bagaimana cara menghasilkan uang dari sebuah hobi.

Saat Anda membaca tulisan ini,  ingat.. dan selalu ingat… dalam memulai bisnis dari satu sisi bisa menjadi pekerjaan yang berat bagi Anda. Anda akan mengalami kemunduran diawal, tetapi jika hati Anda ada didalamnya (rasa suka) insya Allah Anda akan mencapai kesuksesan. Anda melakukan semua ini karena mencintai hobi Anda, bukan semata karena uang. Uang akan datang setelah  minat itu muncul.. (biidznillah)

Yang namanya hobi, ya kita akan menikmatinya walaupun menghasilkan keuntungan ataupun tidak. Kita mengerjakannya dengan bahagia dan suka rela. Jika kita hendak menjadikannya sebuah bisnis, dibutuhkan kerja keras dan ketelatenan. Bertekad kuat untuk mencapai puncak. Saya yakin Anda bisa. Berikut ini tips yang bisa membantu Anda memulainya.

Menjual Produk

Menikmati hobi dengan menghasilkan sesuatu…yap menjualnya. Pastikan Anda mempunyai sesuatu yang istimewa dibanding orang lain. Anda bisa menjual di marketplace lokal, tetapi jika mampu menjualnya ke seluruh dunia Anda bisa memasukkan produk ke Ebay, Etsy atau Amazon.

Anda pasti ingat tahun lalu, trend akik meledak berkat penghobi. Forum-forum jual beli online maupun offline banyak berjejalan penjual akik dari berharga puluhan ribu hingga puluhan juta. Jadi hobi bisa saja menjadi bisnis menjanjikan.

Melibatkan orang lain

Beberapa hobi butuh melibatkan orang lain. Contohnya yang saat ini lagi boming di Indonesia adalah hobi memanah. Mengajari pemula yang sama-sama hobi memanah bisa jadi menguntungkan. Jadinya Anda bisa buka kursus mingguan, bulanan.. dan membikin komunitas pemanah di daerah Anda. Dan tentu saja sekalian saja Anda menjual unit panahan.

Temukan Pekerjaan yang Terkait dengan Hobi

Beberapa hobi tidak mudah untuk dijadikan bisnis. Cobalah mencari pekerjaan yang masih terkait dengan hobi Anda. Pecinta bunga, bisa menjadi penjaga kebun. Suka fitnes bisa jadi trainer. Anda  mungkin tidak bisa melakukan apa yang diinginkan, tetapi menemukan sebuah pekerjaan dimana Anda bisa berbagai pengalaman dan pengetahuan tentu itu sangat menggembirakan karena bisa menyalurkan hobi Anda.

Sharing Online

Bisa jadi Anda tidak suka jualan atau mengajar terkait hobi Anda. Ngeblog aja!! Bikin website dan share kesukaan Anda. Anda bisa menulisnya dalam sebuah blog dengan berbagi ide dan pengalaman. Ambil gambar dan tunjukkan kreatifitas Anda. Tentu banyak orang akan mencari website Anda karena kesamaan hobi, dan Anda bisa menyediakan slot iklan pada web tersebut. Buat topik yang menarik atau bikin pengalaman unik Anda dengan sebuah video.

Ambil Gambar

Hampir segala sesuatu yang kita kerjakan bisa difoto. Banyak website dimana Anda bisa mempublis foto hasil karya Anda dan orang-orang bisa membelinya. Ambil gambar dari hobi yang Anda kerjakan dan jual. Siapa tahu, Anda benar-benar punya talenta menjadi seorang fotografer dan gambar Anda sangat dimintai oleh orang lain. Mereka tidak segan merogoh kocek untuk mendapatkan gambar unik darii hasil jepretan kamera Anda.

Dengan semua yang kami sebutkan diatas, perlu diingat bahwa hobi Anda tidak selalu menjadi jalan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Perhitungkan dengan baik alasan Anda menikmati hobi, karena butuh waktu menjadikan hobi sebagai bisnis. Namun, yang lebih penting, Anda sudah mempunyai hobi untuk membantu menikmati hidup walaupun tidak menghasilkan uang sama sekali. Hobi bisa menjadi salah satu hiburan Anda dari penatnya kehidupan. [Lifehack/Joe]

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727