Teknik Lintas Promosi

Lintas promosi bukanlah ide baru. Ini sudah digunakan oleh berbagai bisnis dalam waktu yang lama. Misalnya, perusahaan real-estate mempromosikan pengacara tertentu dalam closing penjualan, dimana pengacara tersebut juga akan mempromosikan agen tersebut dalma perusahaannya. Sistemnya mirip dengan sistem barter, dimana orang bertukar barang dibandingkan menggunakan uang. Bagaimana hal yang primitif bisa digunakan dalam dunia marketing online? Sangat mudah. Lintas promosi, seperti dijelaskan, menjual space iklan. Alih-alih membayar space iklan di website, Anda memasang iklan mereka di tempat Anda, dan iklan Anda dipasang di tempat mereka. Ada banyak cara untuk menggunakan lintas promosi dalam bisnis internet yang bisa menjadi cara yang efektif dan biaya yang efisien dalam beriklan.

Salah satunya adalah bertukar link. Ini sangat efektif ketika melakukan lintas promosi dengan perusahaan yang serupa dengan Anda, namun Anda harus memastikan dan tidak pernah mem-link sebuah halaman yang menjadi pesaing Anda secara langsung. Salah satu hal terbaik dalam bertukar link adalah beberapa search engine mencatat hits dari beberapa site yang terhubung dengan halaman Anda saat menentukan rangking. Karena itu, link ke site populer tidak hanya akan meningkatkan iklan dan traffic Anda, tapi juga meningkatkan rangking search engine Anda.

Saat kustomer potensial atau prospek berlangganan ezine, gunakan peluang ini sebagai lintas promosi. Dihalaman yang sama dimana customer berlangganan ezine, gunakan peluang untuk berlanggganan ezine perusahaan lain. Bahkan Anda bisa bertukar tempat iklan di ezine, dan memberikan rekomendasi pada mereka yang Anda ajak bekerja sama. Bisa saja Anda bertukar kolom di ezine lainnya.

Menulis artikel bebas yang bermanfaat dan akurat bisa menciptakan reputasi Anda dan bisnis Anda. Pembaca akan tahu bahwa Anda ahli di bidangnya. Dalam artike ini, penulis biasanya menggunakan byline untuk mempromosikan site nya. Byline bisa menjadi alat untuk lintas promosi. Anda bisa menggunakan bagian dari tempat di byline untuk merekomendasikan produk lain.

Jika Anda mempertimbangkan menulis ebook, kerjasama bisa meningkatkan profit Anda dan rekan kerja sama. Lintas promosi melalui ebook adalah cara yang bagus untuk memberikan topik yang lebih luas dan mempromosikan bisnis Anda dan rekan.E-book harus harus berisi informasi yang menguntungkan dari segi bisnis dan bermanfaat bagi pembaca. Contoh penggunaan lintas promosi menggunakan ebook adalah site yang menjual video game bekerjasama dengan site yang menjual peralatan game. Dua hal ini akan menarik minat pembaca dan seringkali mengarahkan pembaca ke kedua site tersebut.

Yang harus Anda ingat adalah bahwa rekomendasi yang Anda buat adalah cerminan langsung dari diri Anda, jadi berhati-hatilah dalam memilih lintas promosi.  Juga, akan lebih menyenangkan jika pembeli bisa me-link dari satu site ke site lain seperti layaknya  “belanja disekeliling.“ Karena ini biasanya tidak  menguntungkan bagi Anda, jangan pernah me-link atau merekomendasikan site yang langsung berkompetisi dengan Anda. Namun, disarankan untuk merekomendasikan bisnis yang mirip, seperti kesehatan dengan asuransi jiwa.

Oleh:  Raymond Heye
Sumber: http://www.ourmoneyfarm.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

Artikel www.PengusahaMuslim.com