Software Akuntansi Gratis Atau Manual? Mana Lebih Efisien?

Penggunaan software akuntansi gratis kini kian populer bagi pengguna yang merupakan pelaku bisnis. software akuntansi gratis memang sangat membantu Anda dalam melakukan pencatatan akuntansi. Namun, beberapa orang masih belum bisa meninggalakan sistem akuntansi manual. Manua atau menggunakan software sebenarnya sama-sama memiliki tujuan yang sama, namun pada prosesnya dan manfaatnya saja yang berbeda.

Perbedaan Akuntansi Manual & Software Akuntansi Gratis

Akuntansi Manual

Mungkin akuntansi manual sering dipakai oleh Anda dijaman dahulu. Maklum saja, kini sudah banyak sekali pilihan software akuntansi gratis yang merupakan komputerisasi akuntansi. Inilah ciri khas akuntansi manual:

• Akuntansi manual membuat semua pekerjaan Anda dilakukan mulai dari proses pencatatan hingga pengikhtisaran yang murni dilakukan oleh tangan dan pikiran manusia.

• Unsur manusia lah yang memegang peranan penting dalam menjalankan proses akuntansi

• Kecermatan dan ketepatan waktu sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses perhitungan keuangan.

• Kecermatan dan ketepatan waktu dalam mencatat data keuangan dan juga penyajian laporan keuangan adalah hal yang sangat kritis.

• Perlu adanya pemisahan antara pihak yang mempersiapkan buku harian, buku besar dan jurnal akuntansi.

Akuntansi Berbasis Komputer

• Pada prosesnya juga melibatkan tangan manusia dalam kegiatan key-in transaksi atau mencatat dokuken bisnis yang dilakukan untuk meng-input data kedalam komputer.

• Dibutuhkan kecermatan dan ketepatan waktu pencatatan hingga penyajian informasi dan laporan keuangan sudah cukup terjamin oleh komputer.

• Proses komputer yang dipakai dalam memproses kegiatan akuntansi. Kehandalan hardware, Issue G.I.G.O (Garbage In Garbage Out) dan muncul dalam sistem komputerisasi.

Namun, dalam praktekknya akuntasi berbasis komputerisasi tidak serta merta menggunakan software akuntansi gratis. Microsoft excel juga bisa digunakan untuk perhitungan akuntasi yang berbasis komputer, namun pada prosesnya, Anda mungkin masih direpotkan dengan penggunaan rumus excel yang cukup rumit. Untuk itu, dijaman modern ini, penggunaan software akuntansi gratis sebaiknya menjadi pilihan dalam pembuatan laporan keuangan.

Manfaat Software Akuntansi Gratis

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunkan software akuntansi gratis:
• Anda tak perlu lagi menggunakan rumus untuk perhitungan akuntansi
• Tidak perlu lagi ribet untuk menulis dan membuat rumus yang cukup rumit
• Cukup menginput data atau setiap ada transaksi
• Semua proses yang dilakukan di software akuntansi gratis akan berjalan secara otomatis
• Semua pekerjaan terasa lebih cepat dan mudah
• Laporan keuangan akan langsung jadi secara otomatis

Jika Anda ingin mendapatkan laporan keuangan yang cepat dan otomatis, maka ini solusinya bagi Anda. Kini sudah saatnya Anda beralih ke software akuntansi gratis. Salah satu software akuntansi yang bisa digunakan siapapun dengan bidang usaha apapun adalah Zahir Accounting. Zahir Accounting 6 bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan perhitungan bisnis Anda.

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan software akuntansi:
• Bisa menentukan keputusan bisnis yang cepat
• Mengetahui kondisi keuangan bisnis kapanpun
• Mampu mengelola hutang dan piutang dengan sangat mudah
• Memudahkan pengelolaan persediaan dengan lengkap
• Implementasi yang mudah dan cepat untuk aneka jenis usaha Anda
• Bekerja lebih mengasyikkan
• Investasi yang bagus dengan harga yang sangat terjangkau

Dengan menggunakan software akuntansi gratis maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

• Pengelolaan Inventory Lebih Aman

Inventory merupakan salah satu asset yang dimiliki oleh perusahaan, bisa dalam bentuk barang yang sudah dimiliki atau masih dalam proses lalu akan dijual. Dari inventory tersebutlah, maka Anda bisa mendapatkan informasu tentang seberapa besar jumlah bahan baku dan barang dalam prosesnya hingga muncul laporan keuangan.
Kemudahan tersebut membuat Anda bisa meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi jika dilakukan secara manual. Jika terjadi human error, maka sistem dengan cepat memperingatkan Anda bahwa ada kesalahan dalam memasukkan data pada program software akuntansi gratis tersebut. Maka, Anda pun bisa dengan cepat menyelesaikan dan mendapatkan solusi atas kesalahan yang telah Anda perbuat.

• Bantu Proses Stok Opname

Stok opname bertujuan untuk menghitung dan mencocoknya perbandingan antara jumlah dari stok fisik dengan stok persediaan dalam pencatatan apakah sudah sesuai atau belum antar produk didalam gudang. Tak hanya itu, tujuan lain dari proses ini adalah bisa mengetahui kebenaran dari laporan keuyangabn yang menginformasikan kepastian dari laporan keuangan. Memastikan kecocokan, melihat adanya kecurangan dan ini bisa didapat dari proses stok opname.

• Transaksi Pembelian

Hal ini erat kaitannya dengan pembelian yang telah dilakukan oleh perusahaan Anda. Pada software akuntansi gratis, maka ada menu purchase order yang bisa dijadikan sebagai bukti otentik dalam dokumen dan transaksi pembelian perusahaan. Selain itu, ada juga menu Retur pembelian yang dipakai untuk barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau rusak dalam pengirimannya sehingga harus diganti dengan barang baru yang sesuai dengan apa yang dipesan. Secara umum, software akuntansi gratis memiliki fitur purchase order dan retur pembelian yang mampu memudahkan Anda dalam mengetahui tentang laporan pembelian.

• Transaksi Penjualan

Transaksi penjualan dan pembelian tidak jauh beda. Fungsi dari transaksi penjualan adalah mampu melihat pajak ppn secara detail hingga diskon, dsb. Pada transaksi pembelian, terdapat retur pembelian yang sebaiknya pada menu transaksi penjualan. Ada juga fitur lain lain yakni Retur penjualan yang bisa melakukan pengembalian barang penjualan dari pelanggan. Biasanya, menu atau fitur-fitur ini sudah termasuk kedalam software akuntansi gratis.

• Laporan Neraca

Laporan ini adalah bagian dari laporan keuangan akuntansi yang akan dihasilkan setiap periode tertentu untuk menginformasikan posisi keuangan pada perusahaan Anda. Ada 3 bagian krusial pada neraca laporana keuangan, antara lain asset (harta), liabilitas (kewajiban) dan ekuitas (modal).Maka fungsi utama dari neraca laporan keuangan ini adalah menyediakan infromasi yang mendetai atau terperinci serta mendalam dari nilai debit dan kredit suatu perusahaan.

Maka dari itu, manfaat dari keunggulan penggunaan software akuntansi gratis ini bisa sangat membantu pekerjaan akuntansi perusahaan Anda. Anda tidak perlu lagi repot membuat rumus hingga menulisnya yang penuh dan banyak hingga berderet itu. Dengan kemajuan teknologi ini, maka urusan perhitungan hingga pembuatan laporan keuangan bisa sangat mudah dan menyenangkan. Bahkan, dengan software akuntansi gratis, Anda tak perlu sekolah dibidang akuntansi atau memiliki latar belakang tersebut karena fitur-fiturnya sudah dirancang sangat mudah digunakan untuk siapapun.

Salah satunya adalah Zahir Accounting. Anda bisa menggunakan software akuntansi Zahir dengan mudah. Jika penasaran, coba gratis atau gunakan versi trial dan lihat apa yang Anda rasakan perbedaannya membuat laporan keuangan secara manual dan menggunakan software akuntansi.

Artikel ini hasil kerjasama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting

donasi palestina