10 Alat Marketing Bagi Bisnis Rumahan

Pemilik bisnis rumahan terkadang melihat marketing sebagai pengeluaran yang tidak perlu. Namun, ini tidak bisa dipisahkan dari kenyataan. Karena bisnis rumahan tidak memiliki etalase yang bisa diperhatikan orang yang lalu-lalang, maka bisnis rumahan memerlukan pemasaran. Berikut adalah sepuluh cara dimana Anda dapat mengiklankan bisnis rumahan sesuai anggaran:

1. Direct mail.
Dengan meningkatnya email marketing, direct mail menjadi kurang populer, meskipun masih merupakan cara yang efektif untuk beriklan di banyak industri. Agar berhasil, direct-mail harus nampak profesional. Gunakan jasa copywriter dan desainer profesional jika Anda tidak memiliki ketrampilan tersebut. Anda mungkin bisa melakukan barter untuk pekerjaan desain atau menulis.

2. Voicemail
Meskipun pesan keluar di mesin penjawab telpon atau sistem voicemail dapat membantu mempromosikan bisnis Anda. Pastikan pesan Anda mengandung informasi tambahan produk atau jasa Anda.

3. Brosur
Brosur masih merupakan cara yang efektif untuk mengenalkan produk atau jasa pada konsumen baru. Brosur cukup murah dan mudah dicetak, dan Anda dapat menyebarkannya melalui surat atau menempatkannya di lokasi tertentu yang mudah dilihat. Brosur yang profesional akan membantu meyakinkan potensial konsumen yang masih ragu dengan produk Anda.

4. Press releases
Satu-satunya cara yang lebih baik daripada publisitas murah adalah publisitas gratis, dan press release yang profesional dan tertata akan memberikan hasil yang positif. Dengan menempatkan peluncuran atau promosi produk bertepatan dengan event lokal atau nasional, Anda akan mampu meyakinkan editor untuk memasukkan release Anda di media mereka, apakah di koran, radio, atau surat kabar.

5. Studi kasus
Studi kasus tidak hanya untuk aplikasi ilmiah. Studi produk Anda akan membantu konsumen potensial belajar lebih banyak dan membuat keputusan yang mendidik sebelum mereka membeli.

6. Referal
Mungkin referal adalah satu-satunya cara terbaik menarik pelanggan baru. Jika Anda melakukan sesuatu dengan baik, orang akan membicarakannya. Memberikan layanan pelanggan yang luar biasa untuk klien Anda akan memastikan bahwa Anda memuaskan pelanggan yang akan bersedia membagi informasi Anda kepada teman atau koleganya.

7. Wawancara radio
Jika Anda memiliki pengetahuan yang memadai atas produk atau jasa dan dapat menggabungkannya dengan acara yang sedang berlangsung, maka wawancara radio adalah cara yang ampuh untuk memperluas audiens dan meningkatkan data konsumen Anda.

8. Program Affiliate
Program afiliansi online adalah salah satu cara yang paling efektif dari segi biaya untuk memasarkan produk Anda ke konsumen potensial yang lebih luas. Anda mendapatkan benefit dalam bentuk komisi penjualan tanpa memikirkan mengelola karyawan.

9. Web site yang menarik.
Bagi kebanyakan konsumen, web site adalah kesan pertama yang mereka nilai terhadap sebuah perusahaan. Buatlah yang menarik. Web site Anda harus memberikan informasi produk atau jasa dalam bentuk yang jelas. Banyak orang yang lebih suka melakukan riset online sebelum melakukan pembelian, jadi pastikan website Anda memberikan kesan yang positif bagi konsumen dan prospek.

10. E-zines atau Newsletters

Ketika Anda memberikan isi yang menarik dan informatif terkait dengan produk yang Anda jual, Anda dapat mengubah daftar subscriber menjadi daftar pembeli. Jika Anda tidak punya waktu menjalankan e-zine atau newsletter sendiri, Anda dapat mengirimkan artikel yang berisi informasi Anda ke publikasi yang berlainan. Ketika Anda dianggap sebagai seorang ahli, konsumen potensial akan tahu bahwamereka dapat mengAndalakn Anda untuk informasi dan produk yang bermutu.

Sumber: www.allbusiness.com
Diterjemahkan oleh: Iin- Tim Pengusaha Muslim.com