Strategi Marketing Ukm

Materi marketing di bangku kuliah mengajarkan empat P, dalam marketing mix yang didefinisikan sebagai Product (produk), Price (harga), Placement (Penempatan) dan Promotion (promosi). Ke-empat P ini sangat penting dalam mengembangkan strategi marketing.

Aspek marketing dalam bisnis mengambil peran yang penting dalam menentukan apa yang akan anda jual dan bagaimana menjualnya. Ini terkait bagaimana perusahaan memasarkannya dirinya.

Apa yang dihasilkan dalam bisnis anda adalah refleksi dari perusahaan anda secara keseluruhan. Dengan kata lain, produk anda bisa jadi merk perusahaan, dan perusahaan dapat memberikan brand untuk dirinya sendiri seperti Coca-Cola atau Starbuck”s Coffee.

Apakah produk yang anda hasilkan adalah layanan listrik atau yang lainnya, sasaran anda adalah untuk membangun dan menjual produk yang berkwalitas yang akan menjadi brand perusahaan. Pada dasarnya, kita perlu membangun perangkap yang lebih baik!

Mengapa Starbuck”s coffee lebih besar daripada Gloria Jeans”Coffee atau Seattle”s Best Coffee? (Baru-baru ini Starbucks telah membeli Seattle”s Best Coffee). Saya yakin beberapa diantaranya terkait dengan investasi modal dan waktu, namun kesuksesan Starbuck meruapakan hasil dari menjual kopi sebagai brand dan mengembangkan brand sehingga terkenal. Ini yang disebut dengan kesadaran brand dan pengakuan brand.

Kita semua menyadari keberadaan Starbuck dan mengakui perusahaan sebagai brand.

Sebagai konsumen, kita sangat aware dengan brand, meskipun tanpa kita sadari.

Misalnya, apakah singkatan GE? Kebanyakan konsumen akan mengatakan, GE menjual mesing cuci.Kenyataannya, GE lebih menekankan pada mutu produk yang mereka hasilkan, sehingga konsumen akan terus membeli produk yang dihasilkan GE, apakah mesin cuci, perlengkapan rumah tangga, jasa keuangan, atau mesin pesawat. Sebagai konsumen, persepsi kami adalah GE menghasilkan produk bermutu tinggi.

Jadi, apa yang membedakan produk anda dengan kompetitor? Ada yang mengatakan harga anda harus jauh berbeda dari orang lain. Ini belum tentu benar, karena harga dapat mempengaruhi persepsi produk anda. Konsumen mungkin akan mengartikan harga produk sebagai refleksi mutu produk. Berhati-hatilah dalam menentukan harga produk.

Konsumen adalah orang yang sensitif: Jika anda melakukan hal yang membuat mereka kesal, akan membuat mereka meninggalkan anda. Jadi apa yang membedakan anda dengan pengusaha serupa? Bisa jadi harga, layanan, atau mutu. Produk anda haruslah unik dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Misalnya, jika anda seorang dokter, pengacara, mekanik, anda mampu memasarkan diri anda. Setiap orang memerlukan keahlian anda. Ingatlah, bahwa tidak seorangpun yang menginginkan layanan buruk, harga tinggi, atau mutu jelek. Sebaliknya, beberapa konsumen akan kembali ke perusahaan pertama yang mereka lihat di yellow pages atau internet. Jadi, sasaran anda seharusnya membedakan produk anda dengan menghasilkan produk atau jasa yang bermutu sehingga anda akan menjadi orang yang pertama kali dituju ketika konsumen memerlukan jasa/produk anda.

Ada banyak “hambatan memasuki” yang dihadapi para penjual agar kompetisi tetap pada jalurnya. Apa saja hambatan tersebut?

Penempatan terkait dengan jaringan distribusi dimana anda akan menjual produk. Misalnya, jika anda ingin memiliki toko kue yang sukses, dan anda ingin mengembangkan bisnis dengan menawarkan roti tidak hanya pada pelanggan setia anda, kemana anda harus menjual? Mungkin hanya menjual di sekitar lingkungan anda, tapi misalkan anda ingin mengembangkan bisnis dan mulai menjualnya di toko roti di pertokoan atau kantin universitas. Penempatan menunjukkan arah distribusi.

Strategi lainnya yang membedakan anda dengan yang lain, adalah layanan. Jika anda memperlakukan konsumen dengan buruk atau tidak perduli dengan mereka setelah membeli produk anda, maka hanya menunggu waktu, perlahan mereka akan meninggalkan anda. Komentar dari mulut juga merupakan alat marketing yang efektif.

Sekali lagi, jika anda tidak memiliki produk yang unik seperti yang dilakukan Microsoft 20 tahun yang lalu, anda harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Kita harus menggandalkan kata-kata positif dari mulut ke mulut. Ini adalah iklan terbaik dan murah yang dimiliki pengusaha kecil. Mutu produk dan mutu layanan yang diberikan juga harus diperhatikan.

Apapun yang anda lakukan untuk mengelola bisnis harus membentuk brand. Ketika anda mengadakan meeting dengan staff, tanyakan pada mereka untuk memikirkan dampak dari brand anda. Karena staf anda bertemu dengan konsumen, dan mereka harus memikirkan cara untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen.

Ketika kita memikirkan marketing, hal pertama yang kita pikirkan adalah agar nama kita dikenal. Ini yang disebut dengan promosi, tentang mendapatkan nama baik diluar sana. Anda mempromosikan perusahaan anda dan mempromosikan satu jenis produk atau keseluruhan produk yang anda miliki.

Memasarkan perusahaan atau produk melalui iklan cetak dan billboard memerlukan dana yang besar. Tapi yang ingin saya pastikan adalah anda memahami nilai dari pemasaran perusahaan atau produk yang baik dibandingkan hanya menyetujui anggaran pengiklanan.

Anda harus memahami apa yang ingin disampaikan pada konsumen mengenai anda dan usaha. Mereka ingin mengetahui iapa anda dan apa yang anda jual. Konsumen juga ingin tahu mutu produk anda, dan mereka juga ingin tahu apakah perusahaan cukup bagus dalam hal tersebut. Informasi tersebut hanya didapatkan dari pengalaman yang didapatkan dari produk dan perusahaan anda. Pikirkan hal ini: Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua pada saat membuat kesan pertama.

Ketika anda telah siap mengiklankan, penting bagi anda untuk tahu apakah anda memiliki produk atau jasa yang unik dan apakah produk atau jasa anda berkwalitas.

Yang terpenting, anda harus bisa memuaskan kebutuhan konsumen. Apakah anda tahu apa yang dibutuhkan konsumen dari anda?

Anda HARUS tahu isi bisnis sebelum anda mengenalkannya ke publik. Bagian dari proses ini mencakup beberapa bentuk manajemen, kebanyakan adalah marketing. Yang berarti memasarkan produk yang tepat di saat yang tepat. Kita dapat memasarkan produk secara langsung pada kelompok konsumen tertentu, tapi kita tidak dapat melakukannya sampai kita tahu apa yang kita jual, bagaimana menjualnya, mutu yang kita berikan harapan konsumen dan harapan anda. Konsumen dapat mengatakannya jika anda tahu apa yang sedang terjadi pada bisnis anda berdasarkan bagaimana anda memasarkan produk.

Sering saya katakan; persepsi konsumen dapat menciptakan atau merusak bisnis anda, kecuali anda memiliki keuntungan suplai dan permintaan. Perhatikan kebiasaan membeli anda ketika anda ke berbelanja, perhatikan perilaku belanja. Mengapa anda membeli barang yang anda beli?.

Pemasar memerankan stimuli tertentu yang menimbulkan reaksi konsumen. Sebagai pengusaha, anda harus menciptakan stimuli yang menciptakan pasar untuk memperluas konsumen. Buatlah sesuatu yang berbeda pada produk atau jasa anda.

Oleh: Luis Luarca

Luis Luarca adalah President of Allectus

LLC, perusahaan konsultan manajemen yang membantu UKM dan penulis”Business Management” untuk Pengusaha; “How to Manage Your Small or Mid Sized Business”.

Sumber : http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh :Iin (Tim PengusahaMuslim.com)