Pengusaha Wajib Mengetahui 3 Jenis Laporan Keuangan Ini

Seperti yang kita ketahui bahwa pencatatan akuntansi yang baik dapat mempermudah kita dalam membuat laporan keungan usaha. Dimana laporan keuangan usaha ini sangatlah penting baik bagi pengusaha, investor , dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Banyak pengusaha yang memang tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi namun ini juga bukan berarti pengusaha yang berlatar belakang pendidikan akuntansi mau untuk menerapkan sistem akuntansi yang baik. Banyak pengusaha yang cukup puas dengan arus kas yang mereka dapat setiap harinya. Seperti pedagang kecil atau kaki lima yang sering kita temui, hanyak membagi pendapatannya sebagian untuk belanja usaha,sebagian lagi untuk belanja pribadi tanpa mengetahui secara detail proporsi aset, hutang dan modal dalam usahanya.

Tentunya tanpa pengelolaan keuangan usaha yang baik apalagi bagi pengusaha yang mendapatkan modal dari investor dengan sistem bagi hasil makan akan susah untuk menelusuri proporsi penambahan modal dari laba ditahan dan berapa yang dibagikan. Laporan Keuangan menyediakan berbagai informasi penting yang dapat digunakan untuk membuat perusahaan atau bisnis menjadi lebih menguntungkan.

Untuk itu pengusaha di tuntut untuk wajib mengetahui 3 laporan keuangan berikut :

1. Neraca

Di dalam akuntansi keuangan, Neraca atau laporan posisi keuangan adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:

aset = liabilitas + ekuitas

Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi.

Neraca-Standar.1-724x1024

Untuk mengetahui bagaimana membaca laporan keuangan neraca klik disini

2. Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari:

  • Pendapatan dari penjualan
  • Dikurangi Beban pokok penjualan
  • Laba/rugi kotor
  • Dikurangi Beban usaha
  • Laba/rugi usaha
  • Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain
  • Laba/rugi sebelum pajak
  • Dikurangi Beban pajak
  • Laba/rugi bersih

Laba-rugi.1-724x1024

Laba-rugi.2-724x1024

Untuk mengetahui bagaimana membaca laporan keuangan laba rugi klik disini

3. Arus kas

Laporan arus kas (cash flows) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan.

Manfaat informasi arus kas :

  • Informasi arus kas berguna sebagai indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang, serta berguna untuk menilai kecermatan atas taksiran arus kas yang telah dibuat sebelumnya.
  • Laporan arus kas juga menjadi alat pertanggungj awaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode pelaporan.
  • Apabila dikaitkan dengan laporan keuangan lainnya, laporan arus kas memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna laporan dalam mengevaluasi perubahan kekayaan bersih/ekuitas dana suatu entitas pelaporan dan struktur keuangan pemerintah (termasuk likuiditas dan solvabilitas).

Contoh laporan arus kas sebagai berikut:

arus-kas.1-724x1024

arus-kas.2-724x1024

Untuk mengetahui apa aja bagian dari arus kas secara detil klik disini

Pentingnya pembukuan dalam bisnis ini juga harus didukung dengan pengetahuan si pengusaha. Namun, karena tidak semua orang bisa membuat laporan keuangan yang baik, maka hal tersebut menjadi kendala tersendiri. Software akuntansi merupakan salah satu tool yang dibutuhkan untuk mengolah data dan menyajikan informasi dengan cepat dan akurat. Dengan Software akuntansi pengusaha sangat di bantu dengan laporan keuangan yang siap saji, anda cukup memahami bagaimana cara membaca laporan keuangan yang dihasilkan.

Untuk membantu melakukan pencatatan akuntansi untuk usaha, Anda dapat menggunakan software Zahir Accounting sehingga pembuatan neraca keuangan usaha akan lebih mudah , cepat dan akurat. Anda semakin mudah memahami dalam membaca laporan keuangan sekaligus mengambil keputusan bisnis dengan segera karena kini tampilan grafik analisis bisnis diciptakan lebih fleksibel dan informatif.

Oleh Indraseptiady (Marketing & Support Zahir)

Artikel ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial