Dasar-dasar Networking

Networking bisa menjadi alat iklan yang terpenting yang dapat digunakan oleh usaha kecil.

Sebagai usaha yang baru dimulai, anda memerlukan bantuan saat mengiklankan produk/jasa anda. Iklan cetak mungkin efektif, namun mahal, dimana networking dapat menjadi alat paling ampuh untuk mengenalkan usaha anda. Tidak hanya efektif dalam hal biaya, networking dapat memberikan dampak yang luar biasa pada klien potensial anda, yang pada akhirnya secara langsung mempengaruhi keberhasilan usaha anda.

Satu keuntungan networking adalah peluang yang anda miliki untuk menjual jasa secara langsung. Ketika anda mengirimkan kartu pos, surat, memasang iklan, maka orang akan meliihatnya dan mempertimbangkan usaha anda dilain waktu saat dibutuhkan, namun anda tidak akan pernah yakin. Ketika anda berbicara dengan seseorang secara langsung, anda dapat merasakan tingkat minat mereka, menjawab pertanyaan mengenai usaha anda, dan menentukan usaha mana yang menjadi minat mereka.

Menurut pendapat saya, tidak ada yang mengalahkan dampak berdiskusi secara langsung. Networking memungkinan klien potensial berhadapan secara langsung dan personal, dibalik nama usaha, dan dapat membantu memfasilitasi hubungan yang lebih kuat. Plus, jika anda berbincang-bincang dengan seseorang, mereka akan ingat anda dan usaha anda ketika dilain waktu melihat iklan usaha anda.

Nilai networking terletak pada kesempatan yang anda miliki untuk menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi klien potensial, yang dapat membantu bisnis anda berjalan lama. Jadi, dimana anda harus mulai? Sebelum menemui klien potensial, pikirkan sejenak mengenai bisnis anda, tantangan yang anda hadapi, dan tujuan yang ingin anda capai. Ingatkan diri anda mengapa anda menekuni usaha ini, dan tuliskan ide-ide anda untuk menjual ke klien potensial. Apa yang menjadi kekuatan anda, yang membuat anda berbeda dengan kompetitor, dan jasa apa yang menjadi fokus anda saat berbicara dengan klien potensial?

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, mengapa dan bagaimana jasa anda bermanfaat bagi pelanggan.

Jika anda benar-benar yakin memiliki jasa yang layak untuk ditawarkan, sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, dan layanan anda lebih baik daripada kompetitor, peluang memasarkan bisnis anda melalui networking akan semakin efektif.

Kepercayaan diri anda dalam bisnis anda akan nampak dari perbincangan anda jika anda yakin dengan apa yang anda jual. Jadi luangkan waktu sejenak untuk berpikir mengapa bisnis anda begitu bernilai sebelum anda melakukan networking.

Merupakan ide yang bagus juga jika anda mencoba menjual jasa anda ke yang lain.

Bayangkan diri anda sedang berbincang-bincang dengan klien potensial, berlatih apa yang akan anda katakan dan bagaimana menjawab pertanyaan yang menyudutkan. Anda seperti memberikan presentasi yang lebih baik jika anda fokus pada beberapa poin. Jadi, daripada mendata semua perbedaan jasa yang anda tawarkan, fokus pada beberapa poin penting dan melangkah dari poin tersebut.

Sekali anda memiliki peluang untuk menyiapkan diri anda untuk menjual jasa anda, maka inilah saat untuk memilih tempat networking yang sesuai dengan bisnis anda.

Pikirkan industri yang anda kerjakan, dan carilah tempat yang sesuai dengan jasa anda.

Jika anda dikelilingi dengan orang-orang yang membutuhkan jasa anda, anda berkesempatan menjual jasa anda dengan efektif. Juga, jika anda memfokuskan perhatian anda di bidang /minat tertentu, passion anda terhadap industri tersebut dapat terlihat dari pembicaraan anda dengan klien potensial.

Yang terakhir, networking memberikan anda peluang yang besar untuk membangun database yang kelak dapat digunakan untuk korespondensi, jadi jangan takut untuk minta informasi kontak. Seperti yang telah dijelaskan, pastikan melakukan follow-up setelah pertemuan. Apakah melalui telepon, surat, kartu pos. Anda bahkan dapat menambahkan elemen personal seperti memberikan catatan dengan tulisan tangan, atau mengatakan bahwa anda sangat menikmati diskusi dengan mereka. Mereka akan ingat anda dan bisnis yang anda kerjakan jika anda memberikan waktu ekstra untuk melakukan follow-up ke mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk mendorong servis anda ke klien potensial.

Kemungkinan yang tidak ada habis-habisnya bisa terjadi di dalam networking. Ini adalah cara yang murah dan berharga untuk memasarkan servis anda. Tidak hanya membantu klien potensial untuk berhadap langsung dengan bisnis anda, tapi juga peluang memberikan kesan mengenai bisnis anda. Jadi, apakah anda baru saja memulai, atau ingin memperkaya data klien, networking adalah cara yang sederhana dan efektif yang dapat memberikan keuntungan bagi usaha anda.

Oleh Jennifer Prince

Published: 2/20/2008

Diterjemahkan oleh :Iin untuk pengusahamuslim.com