Tips Meningkatkan Kecepatan Membaca


Tips Meningkatkan Kecepatan Membaca

Sebagai seorang pengusaha tentunya kita harus terus meningkatkan pengetahuan agar mengetahui trend terbaru pasar. Tapi kebanyakan pengusaha mengeluhkan banyaknya kesibukan, sehingga tidak bisa mengupdate pengetahuan mereka. Disisi lain keluhan yang muncul adalah karena membaca biasanya memerlukan waktu yang lama, sehingga kesibukan-kesibukan lain terbengkalai. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan meningkatkan kecepatan membaca. Dengan meningkatkan kecepatan membaca, anda bisa tetap beraktifitas dan tetap bisa terus mengupdate ilmu pengetahuan anda.  Richard L. Feldman salah satu professor di Universitas Columbia yang merupakan pakar dalam bidang membaca cepat memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan membaca buku atau materi non fiksi:

1. Mulai membaca dipagi hari

Kebanyakan orang bisa meningkatkan kemampuan membaca mereka dua kali lipat dan bisa meningkatkan daya konsentrasi dengan cara membaca materi-materi yang penting setiap pagi hari.

2. Membuat prioritas membaca

Buatlah prioritas pada materi bacaan menjadi 3 kategori, yaitu sangat penting, penting dan kurang penting. Kemudian mulailah untuk membaca dari yang paling penting.

3. Cari ide utama dari artikel

Pertama-tama lihatlah secara cepat (skim) daftar isi, kemudian tandai bagian yang penting dari buku tersebut. Kemudian sebelum anda membaca, bacalah kalimat pertama dan kalimat terakhir dari paragraph tersebut. Hal ini karena ide utama dari satu paragraph biasanya terdapat pada kalimat awal atau akhir.

4. Buat pertanyaan

Buatlah pertanyaan tentang apa yang ingin anda ketahui dari suatu buku. Dengan ini anda bisa terfokus dengan jawaban dari pertanyaan yang anda buat.

5. Membaca di lingkungan yang nyaman

Membacalah menggunakan pendiri buku, sehingga kemiringan buku mencapat 45 derajat dari meja. Dengan cara ini mata kita menjadi lebih nyaman untuk membaca. Hindari membaca buku dalam posisi tidur.

6. Catat bagian yang penting

Hindari membaca berulang-ulang dengan cara mencatat bagian-bagian yang penting dari suatu artikel atau buku. Sehingga anda tidak perlu untuk membaca lagi jika anda lupa.

7. Hindari menggunakan highlighting

Kebanyakan orang menggunakan highlight untuk menandai bagian-bagian penting dan membacanya lagi setelah proses highlight selesai. Dengan cara ini sama saja anda membaca untuk kedua kalinya. Sedangkan dalam meningkatkan kecepatan membaca, mengulangi apa yang telah dibaca sangatlah dihindari. Cobalah untuk mengerti saat anda membaca artikel dan coba mencatat saat itu juga bagian yang penting. Sehingga anda tidak perlu membaca berulang-ulang.

8. Membaca ulasan

Jika terdapat ulasan mengenai buku yang akan anda baca, maka sebaiknya bacalah ulasan tersebut, sehingga anda merasa tertarik dan bisa menandai bagian-bagian yang penting.

9. Fleksibel dalam membaca

Beberapa artikel perlu dibaca secara perlahan-lahan. Maka berusahalah untuk fleksibel dalam kecepatan membaca. Materi yang perlu dibaca perlahan-lahan adalah kontrak kerja, rumus matematika dan puisi. Materi yang bisa dibaca cepat adalah Koran, majalah dan buku non fiksi lainnya.

10. Mengikuti kelas membaca cepat

Terdapat beberapa tempat kursus yang menyediakan pelatihan untuk membaca cepat, selain itu juga terdapat beberapa software yang bisa di download secara gratis untuk meningkatkan kecepatan membaca. Diantaranya adalah www.spreeder.com dimana anda bisa meningkatkan kecepatan membaca anda secara online. 

comments


nikimura