The Dieline: Rujukan Desainer Kemasan Produk Seluruh Dunia! (selesai)


The Dieline: Rujukan Desainer Kemasan Produk Seluruh Dunia! (selesai)

Di tulisan sebelumnya tentang thedieline, kita sudah melihat kategori features dan beberapa hal menarik yang ada di dalamnya. Top Package Designs, Student Spotlight, dan The Dieline Awards. Kali ini, kita akan menengok dua kategori lainnya; industry dan substrate.

Kategori Industry

Di kategori ini, pengunjung disuguhi pengelompokkan desain kemasan produk berdasarkan jenis industrinya. Ada beauty & health yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk para pebisnis obat herbal di negara kita - yang kebetulan mungkin sedang memantau pengusahamuslim.com. Di dalamnya ada contoh kemasan untuk sabun mandi, lulur, lipstik, shampoo, dan sejenisnya. Ada sub kategori fashion yang cocok untuk pengusaha kerudung dan busana muslim dan muslimah. Di situ juga mungkin ada contoh kemasan yang bagus dan cocok untuk kaos kaki, dekker, parfum atau mukena hasil karya Anda. 

Kategori Industri

Untuk pengusaha dunia percetakan, produsen CD murattal dan penerbitan buku, ada rubrik khusus untuk Anda; books & media. Di the dieline, bahkan kemasan buku pun tampil dalam wujud yang sangat menarik. Coba periksa sampul buku Malcolm Gladwell sekarang juga untuk membuktikannya. Jangan lupakan kategori favorit mereka yang bergerak di bidang teknologi informasi; technology. Di di dalamnya, ada contoh desain kemasan perangkat teknologi canggih yang unik tapi nyata. Ada gelang ajaib dari Jawbone. Ada contoh kemasan headset, modem, bluetooth device, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi pengusaha muslim yang bergerak di dunia perdagangan mebel dan furniture, the dieline menyediakan sub kategori office & art. Selain menyimpan contoh kemasan untuk kursi dan sejenisya, di sub kategori ini juga tersedia contoh kemasan alat-alat tulis dan kebutuhan kantor lainnya seperti kemasan stabilo, pensil, pena, kalendar, dan lain-lain. Worth to see.

Anda pengusaha di bidang makanan? Ada kategori food & gourmet untuk Anda. Di dalamnya, thedieline akan memuaskan hasrat Anda untuk contoh-contoh kemasan makanan olahan produksi pabrikan Anda. Ada contoh kemasan cokelat, kopi, crackers, roti, jus, sirup, teh, beras (serius, ternyata di luar negeri ada yang menjual beras dalam botol lho), bumbu (rempah-rempah), garam, dan masih banyak lagi. 

Hmmm, what else do you want? Oh ya, untuk Anda yang berbisnis herbal untuk anak-anak, Anda mungkin perlu bermain-main di sub kategori Kids & Baby. Ada banyak inspirasi di sana untuk Anda yang memproduksi madu khusus untuk anak, minyak ikan untuk anak, atau semua produk yang datang dengan rumus ......... untuk anak (masukkan jenis produk di dalam titik-titik tersebut). 

Kategory Substrate 

Kategori ini adalah sesuatu yang tidak tersedia di POTW. Melalui kategori ini, Andrew Gibbs dan rekan-rekan di the dieline memberikan kemudahan bagi para pengunjungnya untuk memeriksa desain kemasan produk berdasarkan materi/bahan pembuatnya. Dengan demikian, bila Anda ingin contoh desain kemasan yang terbuat dari plastik, Anda sebaiknya masuk ke sini. Di dalamnya Anda akan menemukan semua kemasan yang terbuat dari bahan tidak tahan api ini. Ingin membuat kemasan kado atau pensil yang terbuat dari kertas atau sejenisnya? Right here please

Selain plastik dan kertas, masih ada 11 materi lain yang bisa menjadi inspirasi sekaligus jendela info bagi Anda dalam proses pembuatan kemasan produk. Bagi pengusaha yang membutuhkan kemasan dalam bentuk kaleng, bisa langsung masuk ke sub kategori tin, metal, foil. Di dalamnya ada contoh kaleng untuk cokelat, teh, dan kopi. Bila Anda ingin kemasan Anda tampak seperti sesuatu yang lebih spesial dan "mahal", Anda mungkin harus masuk dan melihat-lihat galeri kemasan di sub kategori sustainable. Sesuai namanya, bagian ini menyimpan info penting tentang kemasan-kemasan yang ramah lingkungan alias bisa didaur ulang tapi tetap tampil dengan estetika yang luar biasa. Salah satu contoh yang dekat dengan keseharian kita adalah gelas/cup minuman instan yang sangat ramah lingkungan hasil rancangan Miller Creative. Cek di sini.

Kategory Substrate

Sampai di sini dulu penjelajahan kita ke situs  thedieline . Ada begitu banyak contoh desain kemasan di dalamnya. Salah satu diantaranya mungkin ada yang bisa menggugah selera Anda. Ya iya lah ... kalau tidak ada ya terpaksa Anda harus merancang dari awal sendiri.

Penutup

Bagi kebanyakan pengusaha, kemasan produk mungkin bukanlah faktor utama untuk memenangkan hati pelanggan, tapi sebagian lainnya, kemasan justru bisa menjadi senjata pertama untuk membuka hati para pelanggannya. Di pihak mana Anda berada itu tidaklah penting, yang penting itu adalah bahwa kami sudah memberi tahu. Hihihihi ... anda sendiri yang memutuskan. Semoga bermanfaat. Insyaallah. Amin.

Artikel www.PengusahaMuslim.com

-------------------

Ingin jadi pengusaha muslim yang sukses dunia akhirat? Bergabunglah di milis Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia. Anda dapat memperkenalkan diri, bertukar pengalaman, berkonsultasi, bertukar informasi dan bekerjasama dengan Anggota milis lainnnya.

Cara untuk menjadi Anggota Milis

Buka http://finance.groups.yahoo.com/group/pengusaha-muslim/join untuk mendaftar sekarang.

Atau kirim email kosong ke: pengusaha-muslim-subscribe@yahoogroups.com

Untuk bertanya dan berdiskusi di milis, silakan kirim pertanyaan ke: pengusaha-muslim@yahoogroups.com

Email Konfirmasi Pendataan Anggota

Setelah mendaftar, Anda harus mengisi formulir pendataan anggota yang akan kami kirimkan melalui email, selanjutnya reply email tersebut agar kami dapat memproses keanggotaan Anda.

Tujuan pendataan ini adalah agar terbentuk komunitas yang berkualitas dan terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Perhatian:

Periksalah folder BULK/SPAM karena boleh jadi email yang berisi formulir tersebut masuk ke dalam folder BULK/SPAM.

Syarat Menjadi Anggota Milis:

1. Beragama Islam.
2. Mengikuti peraturan dan tata tertib milis ini.

MILIS PM-FATWA

Untuk bertanya tentang hukum perdagangan, silakan bergabung di milis pm-fatwa.

Untuk Bergabung, kirim email kosong ke: pm-fatwa-subscribe@yahoogroups.com
Untuk bertanya, kirim pertanyaan ke: pm-fatwa@yahoogroups.com

 

comments