Quickrr Research: Ekstensi Paten Untuk Riset Pasar Online


Quickrr Research: Ekstensi Paten Untuk Riset Pasar Online

Pernahkah Anda dihadapkan pada sebuah kondisi ketika Anda diharuskan untuk membuka beberapa situs pencarian atau jejaring maya sekaligus hanya untuk mengetahui info tentang sebuah produk atau jasa? Misalnya begini; satu tab untuk google.com, satu lagi untuk amazon.com, satu lagi untuk ebay.com, satu lagi buat facebook.com, satu lagi buat twitter.com, dan seterusnya. Kalaulah iya, maka izinkan saya untuk menawarkan sebuah solusi sederhana untuk mengatasi masalah Anda di atas. Solusi yang saya maksud di sini adalah sebuah ekstensi yang bisa diinstal di peramban super cepat milik Google yakni Google Chrome. Namanya Quickrr Research.

Instalasi

Untuk memasang ekstensi kecil ini, Anda hanya perlu pergi ke halaman ekstensi Quickrr Research di Google Chrome Web Store. Setelah sampai, Anda bisa langsung mengklik tombol "Add to chrome" untuk mulai memasang ekstensi ini di peramban Google Chrome kesayangan Anda. Proses instalasi ini biasanya bisa berlangsung cepat apabila Anda sedang berada di lingkungan dengan lalu lintas bandwith yang cukup karena ukuran ekstensi ini pun terbilang sangat kecil; kurang dari 500 kb.

Cara menggunakan Quickrr Research

Setelah terinstal, ikon ekstensi Quickrr Research akan tampil di pojok sebelah kanan atas di samping ikon tombol pengaturan. Sudahkah Anda melihatnya? Itu lho yang berwarna biru dan terlihat seperti kaca pembesar. Bila Anda sudah melihatnya maka saya ucapkan selamat karena sekarang Anda sudah bisa beraksi dan mengambil manfaat besar dari ekstensi kecil ini. Let me show you now.

Untuk menggunakan ekstensi ini, Anda hanya perlu melakukan tiga hal kecil; (1) klik ikon Quickrr Research, (2) masukkan kata pencarian yang hendak Anda telusuri, (3) pilih atau centangi mesin-mesin pencari atau situs yang Anda pilih sebagai sumber informasi, (4) klik tombol "GO". And that's it. It is that simple. Anda tidak perlu buku panduan beratus-ratus halaman untuk melakukannya bukan?

Langsung Praktik

Sebagai alat untuk praktik, saya sarankan Anda untuk mencari informasi tentang ponsel yang sangat digandrungi di dunia, iPhone. Ketika Anda melakukan pencarian sebuah produk terkenal seperti iPhone, entah itu dari mesin pencari, seperti Google dan Bing, atau dari jejaring sosial seperti Facebook dan MySpace, Quickrr Research akan langsung membuka beberapa tab sekaligus yang menampilkan kumpulan hasil pencarian berdasarkan engine pencarian yang Anda pilih. Jadi dalam kasus ini, Quickrr Research akan membuka empat tab di Google Chrome yang berisi empat situs tersebut lengkap dengan hasil pencarian masing-masing. 

Selain bagus untuk mencari informasi terkait produk atau jasa, Quickrr Research juga cocok digunakan bagi Anda yang hendak mencari informasi terkait tokoh atau pribadi-pribadi terkenal lainnya. Dengan bantuan beberapa mesin pencarian dan jejaring sosial terpopuler, informasi yang Anda kumpulkan terkait pribadi atau tokoh sepertinya bisa lebih beragam dan bervariasi. Kalau tidak percaya, cobalah mencari tokoh terkenal seperti "Soekarno", "Hatta", atau bahkan "Mario Teguh".

Add Engine

Meskipun sudah menyertakan 27 situs sumber, tetapi ekstensi kecil ini masih memberikan ruang bagi penggunanya untuk menambahkan situs-situs lain sebagai engine. Dengan fitur ini, para pembaca pengusaha muslim bisa menambahkan beberapa situs lagi yang dianggap bisa menjadi sumur-sumur informasi dari engine yang sudah disediakan. Hmmm, situs apa yang bagus untuk masuk ke dalam engine Quickrr Research? Hei, bagaimana kalau yufid.com. Mesin pencari yang masih berada di dalam naungan keluarga besar Pengusaha Muslim. Setuju?

Setuju atau tidak, berikut akan saya tunjukkan cara menambah engine baru untuk ekstensi ini; (1) klik tombol ekstensi Quickrr Research, (2) Klik teks "Add engine" yang berada di bawah ekstensi, (3) Klik teks "I_Love_Quickrr", (4) Pergi ke yufid.com, (5) Salin clipboard yang sudah Anda copy saat mengklik teks "I_Love_Quickrr" (6) Tekan tombol enter di keyboard Anda (penulis merasa bahwa tahapan nomor 6 ini adalah proses yang paling lama, jadi bersabarlah), (7) di tab baru yang muncul, beri nama engine yang baru saja Anda buat, (8) That's it!

Oke, itulah review untuk kali ini. Dengan ekstensi kecil ini, saya berharap para pembaca budiman di manapun berada bisa menghemat waktu saat meriset data di internet. Khususnya untuk data yang biasanya sudah banyak tersedia di dalamnya. Sekian dari saya dan selamat meriset pasar Anda. Wassalam.

comments