Produk Warung Makan


Produk Warung Makan
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh,

Saudaraku Pengusaha Muslim ysh,

Menyadari bahwa dalam sesi pelatihan "Pelatihan Strategi Pengembangan dan Pemasaran Usaha Restoran" yang Insyaa Allah akan dilaksanakan pada Hari sabtu, 21 September 2013 di Gedung LPMJ itu alokasi waktu yang tersedia sangat terbatas sekali sehingga akan banyak materi yang pastinya luput dari pembahasan padahal materi-materi ini sangat penting untuk diketahui oleh para peserta pelatihan sehingga diharapkan para peserta nantinya akan memiliki pengetahuan yang komprehensif dalam pengelolaan usaha warung makannya. Sengaja materi-materi ini saya "share" di milis Pengusaha Muslim dengan tujuan bahwa bagi anda saudaraku pengusah muslim yang belum sempat untuk dapat ikut di pelatihan tersebut juga akan memperoleh pengetahuan sekitar pengelolaan usaha warung makan ini, tentunya di luar pengetahuan tentang cara-cara membuat "Strategi pengembangan dan pemasaran warung makan" yang memang khusus akan diberikan saat pelatihan.

Produk yang dihasilkan pada layanan makanan dan minuman di usaha warung makan adalah totalitas dari makanan, minuman, dan seperangkat atribut lainnya yang akan dinikmati pelanggan, termasuk di dalamnya yakni rasa, warna, aroma makanan, harga, nama makanan dan minuman, reputasi warung makan, serta jasa pelayanan dengan keramahtamahan yang diterima guna memuaskan keinginan pelanggan.

Produk yang dihasilkan pada layanan makanan dan minuman merupakan produk total dari dua jenis produk yaitu:

(a) Produk berwujud (tangible product) seperti: makanan dan minuman yang lezat dan berkualitas serta barang fasilitas unggul dan modern,

(b) Produk tak berwujud (intangible product) seperti: jasa pelayanan, rasa aman, kenyamanan, keramahtamahan, keindahan, kebersihan, reputasi, hygiene dan sanitasi.

Macam produk dalam operasional makanan dan minuman di usaha warung makan lebih dari hanya sekedar makanan dan minuman yang ditawarkan untuk dijual, akan tetapi juga termasuk di dalamnya adalah pelayanan (service) dan ambience (suasana) dari fasilitas yang ditawarkan, dll. Hal ini beberapa alasan mendasar yang akan mendorong pelanggan untuk tertarik datang ke sebuah warung makan dengan berbagai alasan.

Komponen dari produk dalam operasional makanan dan minuman di usaha warung makan sedikitnya ditentukan oleh beberapa faktor :

a. Faktor Makanan dan minuman, termasuk di dalamnya adalah Jenis/variasi pilihan menu makanan dan minuman, variasi pilihan menu, Rasa makanan dan minuman, Presentasi makanan dan minuman, rasa, tekstur, serta Ukuran porsi makanan dan minuman.

b. Faktor Pelayanan (service) termasuk cara pelayanan, Kecepatan pelayanan , Ketepatan pelayanan , keramahtamahan karyawan, Prilaku karyawan yang siap membantu , Karyawan yang penuh perhatian , Fasilitas reservasi atau pemesanan tempat duduk, Ketersediaan pembayaran dengan cara non tunai, Jam operasional warung makan, valet parking, perhatian khusus seperti ulang tahun, hiburan, dan komplimentari foto untuk pelanggan.

c. Faktor Kebersihan dan higienitas, termasuk di dalamnya adalah Penampilan karyawan yang bersih dan rapi / faktor staff grooming, kebersihan pakaian seragam karyawan, Daftar makanan dan minuman (menu) yang bersih dan rapi, suhu penyajian makanan dan minuman, dan Kebersihan area keseluruhan.

d. Faktor Harga, termasuk kesesuaian antara kepuasan yang diperoleh dengan sejumlah uang yang dikeluarkan pelanggan atau "Value for money", Pemberian diskon, dan "Happy hour"

e. Faktor Suasana / Atmosfir (ambience), termasuk : Desain dan dekorasi warung makan , tema, pengaturan suhu udara, lighting / Pencahayaan yang tepat , seragam, Kenyamanan furnitur, kebersihan, perlengkapan, penataan meja makan, tingkat kegaduhan (noise level) atau prilaku tamu-tamu yang ada di warung makan dan perilaku karyawan, dan Hiburan (entertainment). Faktor suasana/ Atmosfir dalam operasional makanan dan minuman di usaha warung makan dapat dibagi atas atmosfir yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dirasakan, dan yang dibaui.

Semoga bermanfaat . .

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh,

Oleh: Bpk. Amriwansyah Kumara (Beliau adalah HUMAS KPMI  dan juga seorang praktisi pemasaran, owner jaringan usaha Restoran, dan Cafe & Resto)

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting

Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Dukung kami dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR. 081 326 333 328 & 087 882 888 727

Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial

Klik Daftar KPMI

>>> Informasi Agenda Pelatihan KPMI Jakarta <<<
comments