Mengenalkan Islam Pada Anak Melalui Aplikasi Gratis Di Iphone Dan Ipad


Mengenalkan Islam Pada Anak Melalui Aplikasi Gratis Di Iphone Dan Ipad

by: Tri Pratiwi BSc. MEng. MPhil

Di era teknologi seperti saat ini, iPhone adalah salah satu gadget yang sangat digemari oleh banyak kalangan, mulai dari dewasa, remaja bahkan anak–anak. Di kehidupan sehari–hari kita sering menjumpai orang tua yang memberikan smartphone besutan Apple ini pada anak–anaknya sebagai teman bermain. Tapi bagaimana ya supaya mainan baru ini bisa menjadi sarana mengenalkan Islam pada anak?

Salah satu caranya adalah dengan menginstal aplikasi–aplikasi Islam yang tersedia di App store baik di iPhone atau pun di iPad. Berikut beberapa koleksi aplikasi bernuansa Islam yang bisa diunduh gratis untuk anak:

1. Muslim kids series: Hijaiya

Aplikasi islam IPAD untuk anak

Di aplikasi ini terdapat dua program utama yaitu belajar membaca dan juga menulis huruf–huruf Hijaiya. Untuk program membaca huruf hijaiya, masing–masing hurufnya diberikan tiga cara membaca menggunakan fathah (), damma () dan kasrah ().  Sedangkan untuk program menulis huruf hijaiya, anak-anak diberikan kesempatan untuk menggambar huruf-huruf hijaiya dengan mengikuti pola yang telah disediakan, dengan cara menyentuh layar iPhone/iPad. Jika sang anak berhasil untuk mengikuti pola dengan baik, maka program ini akan memberikan tiga bintang sebagai penghargaan untuk si anak. Menarik bukan?

2. Muslim Kids Series: Dua

Download gratis aplikasi doa anak IPAD dan IPHONE

Aplikasi ini mengajarkan doa–doa sehari hari pada anak. Terdapat 39 doa seperti doa bangun tidur, doa masuk dan ke luar kamar mandi, doa memakai pakaian, doa melepas pakaian, doa sebelum makan dan masih banyak lagi. aplikasi ini juga disertai dengan cara membaca doa dan arti doa tersebut.  Terdapat juga dua pilihan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

3. Muslim kids series: Wudu

Aplikasi ini memberikan ilustrasi bagaimana cara mengambil air wudu, dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik. Dimulai dari membaca basmallah, berkumur-kumur, membasahi muka, mencuci tangan hingga ke siku, mengusap kepala, mencuci kaki, sampai membaca doa setelah berwudu. Anak-anak akan sangat menyukai aplikasi ini dan lebih termotivasi untuk mempraktekkan wudu. Sayangnya aplikasi ini hanya dilengkapi dengan bahasa Inggris. Tapi hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan bahasa inggris sedikit demi sedikit ke anak–anak.

4. Islam academy

Aplikasi ini adalah permainan berbasis Islam untuk anak – anak, di sini anak diberikan pertanyaan-pertanyaan dasar seputar Islam seperti: apakah Al-Quran? apakah 5 rukun Islam? dan banyak pertanyaan lainnya. Layaknya permainan yang lain, semakin banyak pertanyaan yang di jawab dengan benar, maka semakin tinggi nilai yang didapatkan. Dengan adanya aplikasi ini, anak bisa bermain sambil belajar pengetahuan dasar keislaman.  Menariknya lagi, aplikasi ini bisa mengajak si pemain untuk bertanding dengan pemain yang lain untuk memperebutkan nilai tertinggi. Lagi-lagi, sayangnya aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa inggris.

5. Supplications

Aplikasi ini juga menyediakan doa-doa sehari-hari yang bisa diajarkan pada anak–anak, tetapi gambar-gambar yang tersedia jauh lebih sedikit dibandingkan aplikasi kids dua. Kelebihan dari aplikasi ini adalah banyaknya doa-doa yang tersedia jika dibandingkan dengan kids dua. sehingga tidak hanya anak yang bisa menggunakan aplikasi ini, tetapi juga orang tua. Contoh-contoh doa yang tersedia adalah doa saat jual beli, dua di kala kesusahan, doa saat di perjalanan dan lain-lainnya. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa merekam hafalan doa kita.

Selain aplikasi di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi-aplikasi iPhone dan iPad yang bisa digunakan untuk mengajarkan anak untuk lebih dekat kepada Islam. Anda bisa mencarinya di App store dengan mengetikkan kata kunci “muslim kids” pada kotak pencarian. Sewaktu saya melakukannya, saya menjumpai tidak kurang dari 72 aplikasi, baik yang gratis maupun yang berbayar yang bisa Anda jadikan tools untuk mengenalkan Islam kepada buah hati Anda. Selamat mencoba.

comments


nikimura