Lima Keterampilan Sales: Sudahkah Anda Miliki?


Lima Keterampilan Sales: Sudahkah Anda Miliki?

Taktik sales lama dan digunakan oleh banyak tenaga sales di masa lalu tidak bisa diterapkan dalam ekonomi baru. Jika Anda ingin mendapatkan penjualan yang sukses di situasi ekonomi saat ini dan di tiga hingga lima tahun mendatang, Anda harus beradaptasi dengan cara baru dalam penjualan.

Ketrampilan ini bukanlah hal baru bagi orang sales top. Ketrampilan tersebut sama dengan yang saya pelajari.

Tenaga sales di ekonomi baru perlu memiliki lima ketrampilan berikut:

  1. Empati pada klien.
  2. Ketrampilan membangun hubungan jangka panjang.
  3. Kemampuan bekerja sama dengan departemen lain dalam perusahaannya.
  4. Pengetahuan pasar yang mendalam.
  5. Melayani pelanggan.

Mari kita lihat satu demi satu secara mendalam:

Orang sales yang sukses memiliki empati pada klien.

Kamus mendefinisikan empati sebagai; pengetahuan intelektual dengan menggunakan pengalaman yang pernah dirasakan, pikiran atau sikap pada orang lain.

Dalam istilah Layman, berarti Anda harus bisa menempatkan diri Anda pada posisi klien. Anda harus bisa melihat segala sesuatunya dari kaca mata mereka, merasakan apa yang mereka rasakan dan peduli dengan apa yang menjadi perhatian mereka, mengesampingkan ide dan perasaan Anda terhadap apa yang benar buat mereka.

Ada ungkapan tua yang mengatakan, orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu, sampai mereka tahu seberapa besar perhatian Anda. Mulai peduli dengan apa yang dikatakan klien dan apa yang tidak mereka katakan pada Anda.

Seorang sales sukses memiliki ketrampilan membangun hubungan jangka panjang.

Banyak orang sales dan perusahaan yang mengeluarkan banyak waktu dan uang untuk mendapatkan klien baru dibandingkan mempertahankan yang sudah ada. Ini sangat terbalik Dari pertama kali Anda melakukan kontak dengan klien Anda sudah harus memikirkan hubungan jangka panjang. Ketika klien membeli dari Anda dan mereka suka serta percaya pada Anda, mereka jadi lebih yakin untuk lebih memilih Anda dan menjadi duta Anda.

Saat Anda mengembangkan hubungan jangka panjang, ramah dengan klien dan mereka memuji-muji anda di depan orang lain yang mereka kenal, maka sales akan menjadi lebih mudah.

Seperti yang sudah Anda ketahui, merupakan hal yang menyenangkan saat telepon berdering dan ternyata dari klien yang memberikan Anda referral atau justru si referral itu sendiri yang menghubungi Anda untuk melakukan transaksi.

Seorang sales sukses mampu bekerja sama dengan departemen lain dalam perusahaannya.

Anda harus memiliki hubungan jaringan yang baik di semua departemen dalam perusahaan. Ingatlah, Anda semua bekerja sama untuk mencapai satu tujuan, membuat klien senang sehingga perusahaan mendapatkan profit.

Anda tidak pernah tahu kapan Anda membutuhkan bantuan; pengiriman yang lebih cepat, penambahan dalam pembelian, rekan yang harus lembur untuk menyelesaikan order, siapa tahu mungkin Anda membutuhkan bantuan orang lain suatu hari.

Seorang sales sukses memiliki pengetahuan pasar yang mendalam.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membedakan diri Anda dengan orang lain yang menjual produk atau jasa serupa selain mengetahui apa saja yang terjadi di pasar Anda.

Apakah Anda tahu yang dijual competitor, berapa mereka menjualnya, dan seperti apa layanan pelanggannya? Apakah ada tren baru?

Gali lebih dalam, selesaikan PR Anda dan cari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk pasar. Seringkali sales dengan pengetahuan yang mendalam memenangkan penjualan, terlepas dari masalah harga.

Seorang sales sukses memiliki dedikasi dalam melayani pelanggan.

Penjualan tidak berhenti saat Anda menerima cek atau form order. Ini akan berlanjut bahkan setelah proses pengiriman dan selama bertahun-tahun mendatang.

Ingatlah, hubungan jangka panjang yang dibangun, terlibat dalam proses secara keseluruhan. Jangan hanya bisa menyerahkan segala sesuatunya pada orang lain dalam perusahaan. Tetaplah terlibat, sekalipun untuk berkomunikasi dengan klien. Jenis follow-up seperti ini akan meningkatkan repeat order dan referral bisnis.

Kelima ketrampilan kunci ini sudah saya terapkan selama 27 tahun dan sebagai dasar untuk pelatihan produk dan jasa.

***

Oleh Jim Klein
Sumber: www.bestmanagementarticles.com

Diterjemahkan oleh Iien - tim pengusahamuslim.com

comments