Kunci Keberhasilan Bisnis Rumahan


Kunci Keberhasilan Bisnis Rumahan

 

Keseimbangan kehidupan pekerjaan bukan lagi basa-basi yang sering diucapkan pada saat berbicang-bincang dengan teman untuk menghabiskan waktu, tapi pada saat ini banyak orang yang mulai menghadapi fenomena ini.
Orang akan semakin bosan dan lelah melakukan pekerjaan sehari-hari yang memberikan sedikit kepuasan dan mereka kehilangan waktu yang berharga untuk keluarga karena merasa lelah diakhir hari. Semakin banyak orang yang membuat pilihan gaya hidup dan salah satunya yang paling populer adalah memulai usaha dari rumah. Bukan hanya karena biaya perawatan anak yang mahal, namun benefit yang didapat adalah peluang untuk mengatur waktu kapan dan bagaimana anda mengelola waktu untuk bekerja dan keluarga.

So, kunci penting apa saja yang harus dimiliki untuk menciptakan keberhasikan bisnis rumahan?.

1. Disiplin. Seperti hal-hal lain dalam hidup, disiplin memiliki peran, namun dalam bisnis rumahan dimana Anda sebagai boss, maka ini juga berlaku pada Anda. Kini Anda mengelola sendiri kegiatan harian, mulai bangun tidur sampai ke rumah-kantor. Tapi, apa yang Anda ingin buat adalah menciptakan jadwal kerja atau kebiasaan diamana Anda dapat meraih kesuksesan. Karena kita bekerja di rumah, maka kita dengan mudah terjebak dalam kenyamanan dan terganggu dengan pekerjaan rumah, anak-anak, dsb.
Ciptakan jadwal disiplin untuk diri sendiri terkait dengan pekerjaan dan tidak ada alasan kenapa tidak bisa fleksibel karena saat ini Andalah bosnya.

2. Motivasi. Ada perasaan terasing saat mulai menjalankan bisnis rumahan. Sebelumnya anda menikmati bekerja di perusahaan dan berinteraksi dengan teman, kolega, dan kini Anda harus melakukannya sendirian. Anda tidak lagi memiliki akses ke orang lain untuk mendapatkan masukan atau dukungan. Ini tidak berarti Anda sendirian disepanjang perjalanan. Anda memerlukan penyesuaian diri didalam situasi yang baru anda temukan. Belajar untuk menset-up KPI atau key performance indicator yang membuat Anda bersemangat dan menghadiahi diri sendiri ketika berhasil menyelesaikannya. Mengapa tidak mencoba men-set up target dan pada saat diselesaikan berikan waktu istirahat untuk diri Anda. Juga lihat asosiasi UKM. Mereka adalah sumber bantuan yang besar dan memberikan Anda peluang untuk berinteraksi dengan pengusaha lainnya yang berada dijalur seperti Anda.

3. Keseimbangan. Setelah Anda memulai usaha rumahan, untuk mendapatkan keseimbangan antara bisnis dan keluarga yang menjadi hak Anda. Hal yang sering terjadi saat kita memulai usaha adalah segera menampakkan hasil. Sayangnya ini berarti Anda bekerja lebih panjang daripada sebelumnya. Anda harus ingat awal membuka usaha. Supaya bisa lebih menikmati keseimbangan sehingga Anda tidak perlu menggunakan waktu yang semestinya untuk Anda, tapi digunakan untuk bekerja. Belajar untuk menghentikan kegiatan sesuai dengan jadwal, misalnya menjemput anak pulang seklolah dsb sehingga anda benar-benar menikmati momen bersama mereka. Pisahkan kehidupan kerja dan rumah sehingga Anda mendapatkan kenikmatan keduanya.

Memulai bisnis rumahan di akhir hari akan memberikan pengalaman yang tidak ternilai. Anda mendapatkan kebebasan dan lebih banyak mengendalikan kehidupan anda.


Sumber: authorpalace.com
Diterjemahkan oleh: Iin - Tim Pengusaha Muslim. com

comments


nikimura