Es File Explorer: Seperti Windows Explorer, Tapi Untuk Android


Es File Explorer: Seperti Windows Explorer, Tapi Untuk Android

Di sistem operasi Windows, mungkin kita semua sudah tahu dan mengenal aplikasi Windows Explorer. Sebuah program yang dibuat oleh Microsoft untuk memudahkan para pengguna dalam mengelola, menjelajah sekaligus mengutak-atik berkas maupun folder sistem operasinya. Aplikasi semacam ini seperti menjadi sebuah keharusan untuk semua sistem operasi, termasuk Android. 

Di Android, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih untuk menjalankan tugas laiknya Windows Explorer. Tapi yang saya rekomendasikan adalah ES File Explorer. Jujur saja, ES File Explorer bukanlah aplikasi yang saya unduh atas kemauan saya sendiri. Saat membeli dan membawa pulang ponsel Nexian Journey yang masih saya gunakan sampai saat ini, aplikasi berlogo biru ini sudah terpasang langsung (baca: default). Saat pertama kali membukanya, saya bisa paham bahwa inilah Windows Explorer-nya Android. 

fitur canggih android

Fitur

Laiknya aplikasi penjelajah, ES File Explorer dijejali beragam kemampuan yang akan membuat pengguna nyaman dalam mengelola file dan folder yang ada di ponsel Android. Fungsi-fungsi seperti Cut, Copy, Multi select, Rename, Select All, Shortcut, hingga Bookmark adalah fitur yang akan mengingatkan kita dengan Windows Explorer. Tapi tentu saja, berhubung ponsel Android kita tidak dilengkapi dengan mouse, mungkin pengguna akan merasa agak canggung ketika mencoba aplikasi ini untuk pertama kalinya. 

Di Windows Explorer, menggandakan (baca: copy) sebuah folder atau berkas cukup dilakukan dengan mengklik tombol [ctrl] + [c] lalu diteruskan dengan [ctrl] + [v]. Tapi di ES File Explorer, tentu saja kita tidak akan melakukan hal yang sama. Jadi alih-alih menekan kombinasi tombol di atas, kita justru diminta untuk menekan berkas yang dimaksud untuk beberapa saat (baca: tap & hold) kemudian pilih opsi "Copy" pada menu yang akan muncul lalu pilih folder atau tempat yang akan menjadi tujuan. Sesaat memang terasa agak ribet. Tetapi kecanggungan seperti ini saya prediksi akan hilang dengan sendirinya bila sudah menjadi kebiasaan. Terlebih bila Anda termasuk pengguna Android yang hobi mengutak-atik "jeroan" ponsel. 

Fitur tambahan

Di samping fitur dasar seperti di atas, aplikasi besuten Estrong ini juga menyediakan beberapa fitur tambahan. Diantaranya ada yang sudah terinstal tapi ada juga yang masih harus diunduh dulu. Salah satu fitur tambahan yang bisa langsung kita pakai adalah fitur pengompress berkas. Di dunia Windows, kita mungkin sudah mengenal aplikasi-aplikasi pengompress data seperti Winzip, Winrar, 7Zip, Jzip, dan seterusnya. Nah di Android, ES File Explorer juga sanggup melakukan hal yang sama. Tentunya dengan cara yang agak sedikit berbeda. Di Windows, Anda hanya perlu melakukan operasi klik-kanan kemudian pilih compress this file atau sejenisnya. Tapi di ES File Explorer, cukup tap & hold file yang akan dipampatkan kemudian pilih ekstensi format yang sesuai dengan selera, bisa .zip ataukah .gz. 

Anda mungkin bertanya? Mana yang lebih baik di antara keduanya? Jawabannya adalah sebagai berikut: dua-duanya sama baiknya. Faktor yang akan mempengaruhi pilihan Anda adalah pada platform komputasi yang Anda gunakan. Bila Anda pengguna Windows, saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan format .zip, tapi bila Anda bermain di Linux, mungkin memampatkan .gz tidak akan menjadi masalah besar buat Anda. Kalau Anda bertanya mana yang mampu memampatkan dengan rasio file paling kecil, maka .gz adalah jawabannya. 

Network dan FTP

Oh ya, satu lagi sebelum ditutup. Selain mampu mengakses berkas lokal yang ada di dalam ponsel, ES File Explorer juga menyediakan opsi untuk masuk ke komputer-komputer lainnya yang masih berada dalam satu jaringan. Di samping itu, aplikasi gratisan ini juga memberikan fitur untuk masuk ke dalam FTP server bila dibutuhkan. Saya belum mencoba dua fitur ini di ponsel Android saya, tapi melihat antarmukanya, saya yakin sekali Anda akan bisa mengoperasikannya secara cepat mengingat kemiripannya dengan aplikasi-aplikasi sejenis di Microsoft Windows.

kinerja robot android

Oke, that's the review for today. Thanks for reading me. Semoga Bermanfaat. Insyaallah. Jangan ragu untuk mengunduh ES File Explorer di Google Play.

comments