Ekstensi Google Chrome Yang Bisa Memudahkan Pekerjaan Anda (bagian 2)


Ekstensi Google Chrome Yang Bisa Memudahkan Pekerjaan Anda (bagian 2)

Alhamdulillah, saya beryukur karena di kesempatan sebelumnya Allah sudah mengizinkan saya untuk me-review dua ekstensi yang bisa memudahkan kita semua; Screen Capture by Google dan Read Later Fast. Untuk kesempatan kali ini, saya akan mengangkat dua ekstensi lagi; Fauxbar dan Converter. Insyaallah, saya jamin Anda semua tidak akan menyesal bila memakainya.

Untuk membuat semua pembaca pengusahamuslim.com bahagia, saya akan memberi tahu dulu bahwa semua Chrome Extension yang akan saya bahas di sini adalah gratisan. Jadi Anda tidak perlu memasukkan nomor kartu kredit atau mentransfer uang sepeserpun! This is free and this is yours.

Fauxbar, bukan sekedar alternatif Chrome Omnibar

Tahu tidak ya akhi? Sewaktu membaca dan mengeja nama ekstensi ini, lidah saya sebenarnya langsung "bergetar". Maklum, mendengar kata "bar", saya langsung teringat dengan iklan makanan ringan, "The Fruit Soybar". Hehehe, tapi kita lupakan dulu soal makanan. Ini adalah tentang ekstensi yang bisa membuat Anda lupa dengan Omnibox yang ada di Google Chrome. Tapi tunggu dulu, mungkin di antara Anda ada yang belum tahu tentang Omnibox. Omnibox sebenarnya adalah nama lain dari address bar yang ada di bagian paling atas Google Chrome. Itu tuh, tempat Anda mengetikkan alamat web yang hendak Anda tuju seperti www.facebook.com atau www.pengusahamuslim.com.

Ketika Anda sudah menginstal ekstensi ini, Fauxbar tidak serta merta menggantikan posisi Omnibox. Dan mungkin ini tidak akan diizinkan oleh tim dari Google sendiri. Jadi, alih-alih mengambil tempat Omnibox, Fauxbar justru menampilkan address bar sendiri di bawah Omnibox. Meskipun begitu, Anda tidak perlu takut salah pilih karena tampilan fauxbar tidak persis dengan Omnibox. Berbeda dengan Omnibox yang memiliki hanya satu bar, Fauxbar justru memiliki dua. Satu untuk mencari alamat situs yang sudah Anda bookmark dan kunjungi, sementara satunya lagi untuk melakukan pencarian menggunakan tiga mesin pencari; Google, Bing, dan Yahoo.

Jadi, apa keistimewaan Fauxbar? Berikut diantaranya;

a) Fauxbar bisa "mengingat" situs-situs yang Anda kunjungi

Fauxbar bisa "mengingat" situs-situs yang Anda kunjungi

Fauxbar mampu menampilkan lebih banyak data ketimbang Omnibox Chrome

Pernahkah Anda suatu kali ingin sekali mengunjungi situs yang dulu-dulu pernah Anda kunjungi tapi sudah lupa alamatnya? Bila Anda menjawab "Ya", berarti kita sama. Saya juga sering begitu. Sebagai salah seorang staff yang sering mencari solusi permasalahan yang terkait dengan Microsoft SQL Server, saya sering tidak sempat untuk mem-bookmark alamat situs-situs tersebut. Padahal alamat-alamat situs itu penting sekali.

Sebagai solusinya, saya sebenarnya mengandalkan Omnibox milik Chrome. Tapi sayang, ketika saya mengetikkan 'SQL' di omnibox Google Chrome, hasilnya kurang menggembirakan. Omnibox hanya memberikan 3 hasil pencarian dari situs-situs yang dulu pernah saya kunjungi. Itupun terkadang bukanlah situs yang saya maksud. Tapi untung Fauxbar tidak begitu. Dengan ekstensi gratisan ini, saya bisa tersenyum lebar, karena ketika mengetikkan 'SQL', alhamdulillah fauxbar menampilkan semua situs ter-bookmarked plus riwayat hasil pencarian saya yang masih ada hubungannya dengan SQL. Sungguh mengagumkan. Anda yang mungkin memiliki usaha di dunia online dan sering browsing kesana-kemari tentunya bisa terbantu dengan ekstensi ini. Insyaallah.

b) Fauxbar bisa merapikan tampilan Chrome

Anda yang pemula dalam menggunakan Chrome mungkin saja tidak memerlukan fungsi ini, tapi yakinlah, bila Anda sudah terjangkit penyakit "hobi menginstal ekstensi", Anda mungkin sangat berharap dengan yang satu ini. Yup, bila Anda memiliki puluhan atau mungkin ratusan ekstensi di Google Chrome, Anda mungkin sudah waktunya memasang fauxbar karena ekstensi ini sanggup merapikan tampilan kumpulan ekstensi tersebut.

Berikut tampilan ekstensi Chrome saya tanpa fauxbar:

Fauxbar bisa merapikan tampilan Chrome

Dan berikut tampilannya dengan fauxbar;

Fauxbar bisa merapikan tampilan Chrome

Bila Anda cermati, Chrome yang dibantu fauxbar tampaknya terlihat lebih rapi dan teratur ketimbang Chrome tanpa fauxbar. Dengan Fauxbar, setiap ekstensi diberi box laiknya apps shortcut yang sering kita jumpai di smartphone terkenal, iPhone.

Baiklah, pembahasan serial tulisan ekstensi Chrome bagian kedua ini kita akhiri dulu sampai di sini. Di tulisan berikutnya, penulis masih memendam beberapa ekstensi unik yang mungkin sanggup membuat Anda berkata, "Wow, it just blown me away". Hahahah, saya harap Anda semua penasaran dengan ekstensi Chrome berikutnya. Insyaallah.

comments


nikimura