Ekstensi Google Chrome Yang Bisa Memudahkan Pekerjaan Anda (bagian 1)


Ekstensi Google Chrome Yang Bisa Memudahkan Pekerjaan Anda (bagian 1)

Di dunia ini, semua manusia dari berbagai jenis profesi ternyata membutuhkan tools atau peralatan untuk menunjang dan memudahkan pekerjaan masing-masing. Seorang programmer dan blogger mungkin butuh komputer yang bisa melaju dengan cepat ketika dipakai untuk mengetik. Seorang arsitek mungkin membutuhkan gabungan aplikasi dari Adobe dan AutoCAD untuk menghasilkan desain bangunan yang bermutu tinggi. Bahkan seorang pemotong rumput panggilan pun yang hanya menerima upah Rp 25.000,-/order butuh tools tersendiri, yakni kaca mata dan mata pisau yang bermacam-macam.

Apapun bentuk dan jenis tool itu, semuanya memiliki tujuan yang sama; memudahkan. Nah, hal yang sama juga bisa kita temui di dalam dunia aplikasi penjelajah dunia maya alias browser. Di ekosistem yang dihuni oleh beberapa aplikasi ini (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Apple Safari, Google Chrome, Opera), tools tampil dalam bentuk add ons atau extension. Di jagat maya, sudah tersedia ribuan add ons yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan Anda. Tapi, berhubung browser yang saya pakai adalah Google Chrome, pembahasan kali ini hanya diperuntukkan untuk extension yang sudah kompatibel dengan browser besutan Google ini saja, bukan yang lain.

Dan berikut adalah dua Chrome extension yang masuk ke dalam kategori di atas;

1. Screen Capture by Google

Screen Capture by Google

Sesuai namanya, ekstensi gretisan yang merupakan buah karya tim dari Google ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengambil gambar/tampilan halaman web yang sedang Anda buka. Screen Capture by Google menyediakan 4 jenis pengambilan printscreen; Capture Page Region (Ambil tampilan dari halaman web yang sedang dibuka), Capture Visible Content (Ambil Tampilan Halaman Web yang sedang terlihat), Capture Whole Page (Ambil tampilan dari seluruh halaman web yang sedang dibuka), Capture Screen Region (sama seperti Capture Page Region dengan modus aksi yang berbeda dalam hal penyuntingan gambarnya).

Selain datang dengan keempat modus pengambilan gambar di atas, Screen Capture by Google juga menyediakan fitur pengeditan gambar untuk para penggunanya. Tentu saja, tidak sesempurna Adobe Photoshop atau Corel Draw. Fitur yang disediakan antara lain Highlight (membuat border atau batas), Redact (untuk menyensor gambar), Text (untuk menambahkan teks), dan Line (untuk membuat garis penunjuk).

Apa sudah cukup sampai di situ saja? Tenyata tidak. Ekstensi dengan logo berwarna biru ini juga masih memungkinkan penggunanya untuk menyebarkan (sharing) gambar hasil tangkapannya ke tiga tempat; Facebook, Picasa Web, dan Sina Microblog. Well, this is awesome. A simple tool with a great advantages. Try it now!

Download dan Instal

2. Read Later Fast

Read Later Fast

Lagi-lagi, dari namanya saja, Anda mungkin akan langsung tahu untuk apa ekstensi yang satu ini. Yup, tepat sekali; untuk menyimpan halaman web yang akan Anda baca kemudian. Sebenarnya, fungsi ekstensi ini hampir menyerupai fitur "save" atau tombol "ctrl + s" pada browser. Karena sejatinya, ekstensi yang juga tersedia sebagai add on Mozilla Firefox ini juga bekerja dengan cara menyimpan halaman web, hanya saja Read Later berfungsi dengan cara yang lebih intuitif. Jadi, alih-alih repot mencari lokasi penyimpanan halaman web di hardisk, Read Later memungkinkan Anda untuk mengorganisasi halaman-halaman web yang hendak Anda baca kemudian di Google Chrome itu sendiri. Jadi, manakala Anda ingin membaca halaman-halaman web yang  Anda pikir keren tapi belum punya waktu untuk membacanya saat itu juga, Anda cukup menjalankan Google Chrome lalu menekan shortcut Read Later Fast di halaman Apps. Tanpa perlu koneksi internet.

Cara penggunaan ekstensi dengan logo berwarna merah-hitam ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu klik kanan kemudian klik opsi Read later yang biasanya berada di atas pilihan Inspect Element. Nantinya, halaman web yang sudah Anda save dengan Read later bisa Anda baca kembali dalam dua modus; original (dengan format yang sama seperti format semula) dan text view (hanya teks). That's it. It's really easy. No need to mess up with  anything. Saat ini juga Anda bisa langsung mengunduh ekstensi ini secara gratis di Google Chrome Web Store. Jangan pake lama ya ......

Download dan Instal

Apakah cuma dua ekstensi Google Chrome ini yang bisa memudahkan hidup Anda? Alhamdulillah untungnya tidak. Masih ada beberapa lagi yang perlu diangkat ke dalam tulisan. Tapi itu di kesempatan berikutnya. Insyaallah. So stay tuned with us here in PengusahaMuslim.com.

Artikel www.PengusahaMuslim.com

comments