Berjualan Sambil Melestarikan Lingkungan, Mungkinkah?


Berjualan Sambil Melestarikan Lingkungan, Mungkinkah?

Tahukan anda di Amerika serikat sendiri, lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap tahunnya. Hal ini menghasilkan delapan ratus ribu ton sampah plastik dibuang ke lingkungan. Bisa dibayangkan jika seluruh dunia membuang limbah plastik ini ke lingkungan. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja adalah penggunaan green bag, atau bisa di sebut juga tas ramah lingkungan. Tas ramah lingkungan adalah tas yang biasanya terbuat dari bahan selain plastik, seperti karung goni, karung gandum atau bahkan berbahan batik. Tas ini bisa digunakan berkali-kali oleh para pembeli, karena materialnya yang kuat dan tahan lama. Lalu bagaimana caranya agar pembeli mau menggunakan tas ini saat berbelanja? Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan.

1. Mendesain tas secantik mungkin

Desain tas yang cantik akan menarik minat pembeli. Modal untuk membuat tas ramah lingkungan ini berkisar Rp.2500 sampai Rp.7000. Kita bisa menjualnya lagi ke pembeli dengan harga Rp.10000.

2. Memberikan tas ramah lingkungan secara gratis

Tas ramah lingkungan mungkin bisa diberikan secara gratis, jika pembeli melakukan pembelian yang cukup besar, contohnya diatas Rp.50000 atau Rp.100000.

3. Memberikan diskon atau poin saat pembeli menggunakan tas ramah lingkungan

Agar pembeli tertarik untuk tetap menggunakan tas ramah lingkungan, berikan diskon Rp.500 setiap pembeli menggunakan tas ini, atau bisa diberikan poin-poin kecil yang bisa ditukarkan hadiah-hadiah kecil seperti piring.

4. Kampanye ramah lingkungan

Poster-poster mengenai pentingnya menjaga lingkungan bisa di pasang toko-toko anda.

Lalu apa keuntungan bagi pengusaha? Memang tidak ada keuntungan berupa uang bagi para penjual dalam menerapkan strategi ini. Tapi dengan menerapkan strategi ini, kita bisa berkontribusi sedikit untuk menyelamatkan lingkungan. Disisi lain, dengan cara ini kita bisa meningkatkan menarik konsumen dengan diskon-diskon kecil dan poin-poin yang diberikan dari strategi ini. Di negara-negara Eropa, penggunaan tas ramah lingkungan seperti ini sudah diterapkan oleh banyak supermarket, bahkan beberapa supermarket mengharuskan pembeli untuk membayar setiap kantong plastik  yang mereka gunakan setiap kali belanja, tentunya dengan harga yang murah. Tapi hal ini cukup memberikan motivasi yang besar bagi para pembeli untuk menggunakan tas ramah lingkungan, karena mereka tidak mau mengeluarkan uang lagi untuk pembelian kantong plastik. Selamat mencoba.

Saran dan kritik bisa disampaikan ke tripratiwi@gmail.com

comments