8 Istilah Twitter Untuk Anda Yang “tuna Status”


8 Istilah Twitter Untuk Anda Yang “tuna Status”

Ada begitu banyak istilah yang mengitari twittersphere. Tapi diantara puluhan bahkan ratusan istilah itu, tentunya ada yang benar-benar penting untuk diketahui sehingga bisa menjadi awal pengobatan Anda untuk yang berstatus "tuna status". Semoga "resep-resep dokter" di bawah ini bisa manjur. Amin.

1. tweet

Dalam bahasa saya, tweet sering saya ungkapkan sebagai "kicauan". Istilah tweet digunakan untuk membahasakan update status yang dilakukan oleh seorang penguna twitter. Jadi ketika Pak Kumis (kasih link ke tulisan pertama soal pak kumis) menuliskan 140 karakter atau kurang, kemudian ia mem-publishnya, maka ke-140 karakter itulah yang disebut dengan tweet.

2. twitter timeline

Istilah untuk menggambarkan kumpulan seluruh update status dari pengguna akun twitter yang Anda follow. Biasanya ditampilkan dalam bentuk satu kolom kotak yang berisi karakter tidak lebih dari 140. Twitter time line biasanya ditampilkan berdasarkan waktu penerbitan tweet. Tweet yang paling baru di-publish akan ditampilkan dalam kotak paling atas.

Saat ini twitter timeline sudah berbasis ajax, sehingga pengguna twitter tidak perlu merefresh seluruh halaman kalau hanya ingin melihat status-status terbaru dari pengguna akun twitter lain yang mereka follow.

3. follow

Ah, gampang banget menjelaskan istilah yang satu ini. Dalam bahasa Indonesia, "follow" berarti "ikuti". Bila Anda mem-follow seseorang di twitter, itu berarti Anda ingin agar status atau tweet-nya ditampilkan dalam twitter timeline Anda. Di dalam istilah facebook, follow persis dengan "add as friend". Semakin banyak akun twitter yang anda follow, maka akan semakin banyak pula jumlah tweet yang berlalu-lalang di twitter timeline Anda.

Saran saya, sebaiknya Anda pilih-pilih dalam mem-follow seseorang atau suatu akun. Mem-follow akun twitter orang lain secara membabi buta akan membuat twitter timeline Anda jadi tidak bermakna. Kalau sudah tidak bermakna, kecil kemungkinan Anda bisa menikmati twitter secara keseluruhan. Bukankah twitter sejatinya adalah tempat untuk update sekaligus memajang status?!

4. Follower

Istilah ini Anda gunakan kepada orang-orang di twitter yang sudah mem-follow akun Anda. Di twitter, jumlah follower berhubungan erat dengan reputasi Anda. Semakin banyak follower Anda, maka semakin tinggi pula reputasi (baca: harga diri digita;) Anda di sana.

Tapi ingat, jumlah follower bukanlah semata-mata penentu harga diri, yang lebih penting dari itu adalah siapa di balik akun twitter yang mem-follow Anda itu. Bila follower Anda berjumlah 1000 tapi orang-orang yang ada di balik akun itu bukanlah orang populer, maka boleh jadi reputasi Anda masih kalah mentereng ketimbang mereka yang akunnya hanya di-follow oleh 200 pengguna tetapi pengguna itu selebritis semua.

Saat ini manusia yang memiliki harga diri atau reputasi paling mentereng di twitter adalah Presiden Barrack Obama karena jumlah follower-nya sudah di atas 1 juta. Hayo, siapa yang bisa mengalahkan Presiden Amerika Serikat di twitter?

5. @reply

Bahasa Indonesia-nya, "balas". @reply adalah fitur di twitter yang bisa Anda gunakan untuk membalas sebuah tweet dari pengguna twitter lainnya. Dalam penggunaannya, @reply tidak melulu digunakan untuk membalas/menjawab tweet milik pengguna twitter lain, tapi juga untuk keperluan lain seperti pemberitahuan atau meminta perhatian. @reply adalah fitur di twitter yang sifatnya "public". Jadi hasil @reply Anda bisa terlihat tidak hanya oleh si pengguna twitter yang Anda tuju, tapi juga seluruh penghuni twitter.

Di dalam twitter timeline, @reply akan tampil dengan wujud @twitteraccount (ganti "twitteraccount" di samping dengan nama akun twitter Anda masing-masing). Dalam kasus Pak Kumis pemilik angkringan pak kumis, misalkan beliau hendak me-reply saya yang memiliki nama akun @wimkhan, maka yang akan tampil adalah @wimkhan. Dan ketika saya membalasnya, saya akan menampilkan @pakkumis di dalam kotak update twitter saya.

Bila Anda ingin sesuatu yang private, maka gunakanlah fitur di nomor 6.

6. Direct Messaga (DM)

Bila @reply bersifat publik, maka DM adalah sebaliknya. Sejatinya DM memiliki fungsi yang sama dengan @reply, kecuali dari sisi sifatnya. DM adalah sesuatu yang private. Jadi DM yang anda kirimkan ke pengguna twitter lain tidak akan ditampilkan di twitter timeline laiknya @reply.

Sekedar tips untuk pengguna twitter, Anda sebaiknya tidak usah terlalu sering menggunakan fitur DM bila tweet yang hendak Anda sampaikan bukanlah sesuatu yang benar-benar bersifat privat karena bisa saja hal ini justru mengganggu kenyamanan rekan Anda di twitter.

7. #

Hashtags. Yeah, itu adalah simbol "hashtags". Anda bisa menganggapnya sebagai "penanda status". Setiap status yang diberi hashtag secara otomatis akan tergabung ke dalam kelompok status-status lain yang juga diberi hashtag yang sama. Misalnya begini, pak kumis meng-update statusnya,

"menu sehat angkringan harus bersifat 4 sehat 5 sempurna. makanya ada minuman susu di warung kami #angkringan".

kemudian saya balas,

"@pakkumis, wah susunya yang produksi pabrik atau susu murni dari sapi di wonosari pak? #angkringan."

Dua status di atas akan dikelompokkan dalam group #angkringan di twitter timeline. Untuk mengakses group #angkringan, pengguna hanya perlu mengklik tulisan #angkringan yang memang sudah ditampilkan dalam bentuk tulisan yang mengandung link oleh twitter.

8. Fail whale

Ah ini dia salah satu istilah yang membuat twitter sangat terkenal; fail whale. Kalau di bahasa Indonesia-kan, fail whale berarti "paus yang gagal". Istilah ini datang dari nama ilustrasi yang ditampilkan di situs twitter ketika situs ini sedang hang alias overload. Harap maklum, dahulunya twitter adalah sebuah situs dalam versi beta yang sudah dihuni oleh jutaan pengguna dengan jutaan update status. Tidak heran bila server mereka sering kena "ledakan traffic". Boom!

Semoga bermanfaat. Amin.

Implementasi penggunaan twitter untuk bisnis bisa dibaca di beberapa artikel saya sebelumnya; satu dan dua.

Artikel www.pengusahamuslim.com

comments


nikimura