6 Alasan Anda Akan Menyukai Desain Terbaru Pengusaha Muslim (bagian 2)


6 Alasan Anda Akan Menyukai Desain Terbaru Pengusaha Muslim (bagian 2)

Oke, baiklah pembaca, kita akan lanjutkan paparan kita dari tulisan sebelumnya. Saya harap Anda semua bisa mengambil manfaat dari tulisan ini. Amin.

6. Terhubung alias "Get connected"

get connected

Melalui panel ini, para pembaca pm.com diberikan kemudahan untuk "stay up to date" dengan channel milik pm, baik itu yang ada di yahoo, fb, maupun twitter. Tim yang berada di balik desain ulang situs pm memang layak diacungi jempol, saat ini, pembaca bisa langsung mendapatkan info tentang jumlah follower, friend, atau member secara otomatis ketika kursor diarahkan ke setiap icon social media di panel terhubung. It is simply awesome!

7. Banner Ads

banner ads

Penempatan banner ads patut dipuji. Satu di atas, dan delapan di samping. Alhamdulillah, semua ads merupakan image kecil yang tidak bergerak kesana-kemari. Dengan demikian, pembaca tetap bisa lebih fokus kepada konten alih-alih ads. Tapi meskipun begitu, kemungkinan ads untuk diklik pun tetap ada. Walau mungkin tidak sebagus bila diletakkan di tengah-tengah tulisan.

8. Brand New Tag Clouds

brand new tag clouds

Umumnya tag cloud hanya ditampilkan dalam bentuk teks besar dan kecil yang "beterbangan" laiknya awan. Besar kecilnya ukuran font menunjukkan tag yang paling banyak digunakan di situs tersebut. Tapi di sini tidak begitu. Tag tetap ditampilkan, tapi dengan ikon ilustrasi yang menawan dan bisa membuat Anda tergoda untuk mengkliknya.
 
9. About PM Tampil Anggun dan Ringkas

about PM

Sekarang, para pembaca pengusahamuslim.com yang sebelumnya kurang familiar dengan pm.com bisa langsung mengetahui sekilas tentangnya melalui footer paling kiri. Dengan demikian, sang pembaca tidak perlu repot untuk mencari link semacam "about us" yang kalau hanya ingin mengetahui pm.com secara cepat.

10. Twitter stream

twitter stream

Footer situs di bagian tengah menampilkan tweet terbaru dari akun pm di twitter. Sebagian berisi dengan link-link yang menuju ke artikel pm sendiri, sebagian lainnya berisi nasehat-nasehat singkat yang biasanya dikutip dari ayat al-qur'an dan hadis. Two thumbs Up!

11. Subscribe to Newsletter

newsletter

Untuk memudahkan Anda yang tidak ingin ketinggalan berita-berita terbaru di pm.com, Anda bisa langsung memasukkan alamat email Anda di footer paling kanan. Dengan fitur ini, para pembaca yang menjadi anggota newsletter pm.com dapat mengakses berita-berita atau artikel di pm melalui emailnya. Sebagai seorang newbie dalam dunia desain, saya lebih sreg kalau form newsletter ini ditempatkan di bagian atas situs. Tepatnya di bawah panel "terhubung". Selain memiliki kesamaan tujuan, yakni menghubungkan pembaca dengan pm.com, meletakkan form pendaftaran di bawah panel "terhubung" juga memungkinkan pembaca untuk lebih sering melihat dan mengakses form ini ketimbang bila diletakkan di bagian bawah.

Apa yang hilang?

Sebagai seorang freelance writer baru untuk situs yang sudah mengudara sejak tahun 2005 ini, tentunya saya merasa senang, bangga sekaligus bersemangat melihat perubahan positif ini. Meskipun begitu, tetap saja ada hal kecil yang saya keluhkan dari desain terbaru ini yakni ketiadaan statistik per artikel. Adanya statistik ini sebenarnya bisa membuat para penulis semakin bersemangat untuk menemukan topik-topik baru yang mungkin disukai oleh para pembaca. Nah berhubung fitur ini sudah lenyap, para penulis kini hanya bisa mengandalkan jumlah komentar untuk mendeteksi topik-topik yang mungkin akan disukai pembacanya.

What next?

Tim kreatif di balik pengusahamuslim.com masih memiliki banyak peluang untuk meningkatkan performa situs kesayangan kita ini. Bisa dengan penambahan fitur; integrasi dengan facebook dan twitter untuk kemudahan comment, live chat, dan sebagainya. Atau bahkan dengan mengurangi fitur yang sudah ada. Tentunya kalau apa yang sudah ada saat ini dirasakan kurang bermanfaat di kemudian hari. Who knows?

Kita semua tidak akan tahu apa yang terjadi setahun atau sepuluh tahun lagi dengan situs ini. Tapi saya memiliki keyakinan bahwa semakin banyak interaksi yang terjadi antara pm dengan pembacanya, maka akan semakin langgeng pula usia pm. Insyaallah. Wallahu'alam bis showab.

Perubahan desain sudah datang ..... semoga Allah memberi keberkahan untuk yang satu ini. Amin.

Artikel www.PengusahaMuslim.com

comments


nikimura