4 Kebiasaan Untuk Bisnis Anda Agar Tetap Eksis Di Jejaring Sosial


4 Kebiasaan Untuk Bisnis Anda Agar Tetap Eksis Di Jejaring Sosial

Supaya bisnis anda bisa tetap terlihat baik bagi para pelanggan baru, maupun bagi pelanggan lama, ada beberapa kebiasaan harian yang harus anda lakukan. Berikut adalah rangkuman tipsnya:

1. Log in setiap hari

Kegiatan ini perlu dilakukan setiap hari, sesibuk apapun anda. Hal ini bertujuan untuk memeriksa keaktifan profil anda dijejaring sosial. Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada saat kita telah log out dari akaun jejaring sosial kita. Pernah saya mendapatkan satu cerita tentang satu bisnis yang diambil alih akaun nya oleh seorang hacker. Sang pemilik akaun tidak memeriksa akaun tersebut karena saat itu sedang berlibur. Alhasil, banyak pelanggan yang menderita kerugian karena telah mentransfer ke rekening yang telah di palsukan oleh sang hacker. Karena itulah kita perlu melakukan pengecekan terhadap akaun bisnis kita sesibuk apapun.

2. Memberi respon kepada pelanggan

Jika kita mendapatkan pesan langsung dari pelanggan, baik berupa pesan di inbox facebook, atau di wall facebook, twitter direct message atau pesan twitter@, maka segeralah untuk menjawabnya. Cepatnya respon kita terhadap pelanggan mampu meningkatkan kredibilitas bisnis dimata pelanggan. Pelanggan akan cenderung memilih bisnis lain yang mampu merespon cepat dan memberikan pelayanan yang bagus. Penting juga untuk memberikan respon negatif dari pelanggan dengan cara yang baik. Walaupun mendapatkan kritik dari pelanggan terkadang sedikit mengganggu, tapi tetaplah coba memberikan ucapan terima kasih dan senyum smily setiap berinteraksi dengan pelanggan.

3. Post pertanyaan yang bisa mengundang opini banyak orang

Setelah kita merespon pesan-pesan dari pelangga, maka langkah selanjutnya adalah memposting pertanyaan, cerita dari suatu blog, foto dan kata-kata yang bisa menginspirasi atau opini positif yang mampu mengundang para pembaca untuk berinteraksi. Dengan cara ini, profil kita akan berada pada berita teratas dan akan mengundang banyak pelanggan baru yang mungkin akan melihat-lihat produk pada album foto kita.

4. Tambah teman dan follower baru

Untuk mencari teman atau follower kita yang mau perduli dengan apa yang kita posting bukanlah hal yang mudah. Sebanyak apapun kita posting, jika targetnya kurang tepat sasaran, maka promosipun akan kuran efektif. Cara yang paling efektif adalah dengan melihat teman dan follower dari suatu toko yang mempunyai produk yang lebih kurang sama dengan bisnis kita. Cobalah untuk menambah teman yang aktif memberikan komentar atau wall pada bisnis tersebut. Dengan cara ini posting-posting produk yang kita lakukan akan mempunyai peluang lebih besar untuk dilihat oleh pelanggan baru.

Selamat mencoba :)

Referensi: entrepreneur.com

comments