40 Cara Meningkatkan Produktifitas (bagian 1)


40 Cara Meningkatkan Produktifitas (bagian 1)

Masih bingung tentang meningkatkan produktifitas saat bekerja? Pertama-tama anda harus menganalisana apa faktor utama penyebab ketidakproduktifitasan anda. Jika anda masih tidak bisa menemukan alasannya, cobalah 40 tips berikut ini:

1. Istirahat sejenak

Otak yang sudah lelah tidak akan menghasilkan hasil kerja yang baik walaupun anda berusaha untuk memaksa. Jika anda sudah letih maka istirahatlah sejenak. Sebagai umat islam kita sangat beruntung karena kita memiliki solat 5 waktu, yang menjadi penyeimbang hidup kita. Jadikan solat ini sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah sehingga pikiran menjadi segar kembali.

2. Pasang timer untuk setiap yang anda kerjakan. Tujuannya adalah agar anda bisa mengukur seberapa cepat atau lambat anda bekerja. Jika perlu bandingkan waktu anda dengan orang lain untuk mendapatkan gambaran  seberapa bagus anda dalam memaksimalkan waktu.

3. Hilangkan semua gangguan

Matikan gadget, internet, notifikasi email dan jangan membuka lebih dari 1 browser dalam 1 waktu.

4. Cintai pekerjaan anda

Sangat sulit untuk fokus pada pekerjaan yang tidak anda sukai. Ketidakfokusan ini akan menyebabkan anda sulit untuk produktif, karena hati dan pikiran anda tidak mau mengerjakan pekerjaan tersebut.

5. Selesaikan pekerjaan tersusah

Selesaikan pekerjaan yang paling sulit dan paling anda takutkan di pagi hari, saat pikiran anda masih jernih.

6. Mulai saat ini juga

Memulai adalah pekerjaan yang paling sulit. Terkadang setelah anda berhasil memulai, anda menjadi terlarut dalam pekerjaan tersebut.

7. Gunakan waktu emas anda

Setiap orang mempunyai jam biologi tersendiri, ada yang sangat bagus bekerja di pagi hari, ada yang sangat produktif bekerja di malam hari. Kenalilah jam biologi anda dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk bekerja.

8. Bawa buku catatan kecil dan nota setiap saat

Buku catatan ini berguna untuk mencatat ide-ide, saran dari orang lain dan hal-hal kecil lainnya yang terkadang terlintas dipikiran kita saat kita bekerja. Jika anda tidak mencatat maka pikiran anda akan terus mengingatkan anda tentang pekerjaan-pekerjaan ini, sehingga anda akan menjadi susah untuk konsentrasi.

9. Buat blog perkembangan diri

Blog ini berguna untuk mencatat perkembangan diri anda. Sehingga anda bisa memantau apakah dalam kurun waktu tertentu terdapat perkembangan secara keilmuan dan kepribadian pada diri anda. Jika tidak anda perkembangan, maka anda harus berusaha untuk meningkatkan kualitas diri anda.

10. Rencanakan menu makan anda setiap ujung minggu

Hal ini bertujuan agar anda bisa menghemat waktu dan energi otak, sehingga anda tidak perlu memikirkan apa yang harus anda makan atau berbelanja setiap kali anda memasak.

11. Tulis daftar pekerjaan setiap hari

Tulislah pekerjaan yang anda ingin kerjaan besok, sebelum anda tidur. Dengan cara ini anda bisa membuat prioritas pekerjaan yang harus terlebih dahulu dilakukan.

12. Analisa lagi produktifitas anda setiap saat

Setiap kali anda selesai melakukan pekerjaan anda, maka tanyakanlah ke diri anda apakah anda sudah memaksimalkan waktu sebaik mungkin? Hal ini bertujuan untuk mengingatkan anda kembali tentang pentingnya menggunakan waktu seefisien mungkin.

13. Tidur cukup

Tidur yang cukup bisa memulihkan konsentrasi anda. Perlu diingat bahwa tidur berlebihan justru bisa menurunkan konsentrasi anda.

14. Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan di kantor bisa meningkatkan produktifitas dan jalan-jalan singkat setelah makan siang juga bisa meningkatkan produktifitas.

15. Rapikan meja anda

Sempatkan untuk rapikan meja anda. Ruang kerja yang rapi akan berpengaruh terhadap psikologi anda. 

Sumber: lifehacker.org

comments


nikimura