Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Artikel, Research and Development

Mengoptimalkan Hp Murah

Banyak orang yang berperilaku mubazir dengan membeli handphone mahal dengan selusin fitur, namun nyatanya hanya dipakai untuk menelpon dan SMS-an, dan mungkin ditambah facebook-an.What a pity. Padahal, ternyata dengan HP murah saja kita bisa melebihi itu jika tahu cara mengoptimalkannya.

Sebelumnya perlu kita samakan persepsi istilah ‘HP murah’ di sini. Yaitu HP yang berkisar harga 500 ribu ke bawah. Yang biasanya tidak memiliki fitur sistem operasi android, wifi, 3G.

Nah, berikut ini beberapa tips mengoptimalkan HP murah anda agar tetap powerfull dan tidak kalah produktif dengan HP mahal

Mendengar Rekaman Audio Pengajian

HP murah dengan kisaran harga 350 – 500 biasanya dilengkapi fitur memutar file audio seperti mp3 atau ogg. Fitur ini bisa kita manfaatkan untuk mendengarkan rekaman pengajian yang di-copy dari komputer ke HP. Di waktu luang anda, saat macet, saat mengantri, menunggu, buat waktu anda berkualitas dengan memutar rekaman pengajian dari HP. Tentu saja bukan hanya rekaman pengajian yang bisa diputar, bisa juga rekaman audio seminar, kuliah, pidato, dll yang bermanfaat.

Merekam Suara

Fitur ini biasanya ada di setiap HP bahkan yang termurah sekalipun. Fitur ini bisa kita manfaatkan secara luas untuk berbagai keperluan. Bisa untuk merekam pengajian, merekam testimoni pelanggan anda, merekam suara-suara alam yang indah, merekam wawancara, merekam hal-hal yang perlu diingat, dll. Tentu saja pemanfaatannya disesuaikan dengan batas maksimal waktu perekaman yang berbeda pada masing-masing HP.

Menulis Quick Notes

Pada beberapa HP murah terdapat fitur notes, dimana kita bisa menyimpan catatan bebas di dalamnya. Berbagai quick notes bisa kita simpan di sini. Bisa berupa alamat rumah klien anda, nomor resi pengiriman, nomor rekening bank, nomor pelanggan PLN, nomor pelanggan Speedy. Anda juga bisa gunakan fitur ini untuk mencatat daftar belanjaan ketika ke pasar atau supermarket, mencatat to-do-list[1] pekanan anda, mencatat barang-barang yang akan dibawa ketika akan bepergian, dll.

Menulis to-do-list

Selain fitur notes, terkadang pada sebagian HP murah juga disediakan fitur to-do-list tersendiri. Untuk Jika ada, maka ini lebih efektif dibanding menggunakan fitur notes. Karena biasanya fitur to-do-list dilengkapi pilihan priority untuk menentukan mana to-do-item yang lebih diprioritaskan. Dan juga biasanya dilengkapi juga dengan fitur deadline untuk memberikan diri kita sendiri tenggat waktu pada hal-hal yang akan kita kerjakan.

Menulis Jadwal

Temukan fitur organizer atau kalender pada HP murah anda. Biasanya disana ada kapabilitas untuk menyimpan agenda pada tanggal-tanggal yang anda tentukan. Lengkap dengan fitur waktu dan alarm pengingat. Gunakan fitur ini untuk menjadwalkan pertemuan-pertemuan anda, acara makan bersama kolega, rapat, presentasi produk, tanda-tangan kontrak, pengajian akbar dan rutin, dll.

Memfoto

HP 400ribu-an biasanya sudah dilengkapi kamera dengan resolusi kualitas VGA. Tentu saja dengan keterbatasan ini anda tidak bisa berfotografi ria dengannya. Namun fitur kamera ini banyak manfaatnya. Bisa anda gunakan untuk memfoto produk yang unik dan bisa ditiru konsepnya, memfoto contoh produk anda untuk ditunjukkan ke teman, memfoto jadwal boarding dan gate pada information board di bandara supaya tidak lupa, memfoto plat nomor kendaraan yang mencurigakan, dll

Membaca Al Qur’an

Banyak HP murah yang mendukung aplikasi java. Jika HP anda salah satunya, segera cari aplikasi Al Qur’an berbasis java. Dapat anda download dari getjar.com. Setelah anda menginstallnya, anda dapat tilawah Al Qur’an dari HP murah anda dimana saja dan kapan saja.

Ngenet Ketika Mepet

Pada umumnya semua HP murah dapat mengakses internet melalui koneksi GPRS. Yah, memang tidak dapat memuaskan semua kebutuhan ngenet anda. Tapi ternyata ini bisa bermanfaat untuk aktifitas ngenet yang sederhana di kala mepet. Walau dengan tampilan web yang sederhana, minimal anda bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Misalnya, sekedar mencari nomor telepon polisi dan rumah sakit daerah setempat via Google, melihat jadwal shalat di website penyedia jadwal shalat, mencari tau frekuensi FM radio pengajian yang bagus via Google, dll.

Mendengar Radio Pengajian

Fitur radio FM biasanya sudah disediakan pada HP 300ribu-an. Banyak radio Islami yang bermanhaj shahih sudah on air pada frekuensi FM. Anda dapat membuat waktu anda lebih berkualitas dengan memutar radio-radio tersebut melalui pemutar radio FM, tanpa dikenai biaya sedikit pun.

Nah, ternyata HP murah anda cukup powerfull bukan? Bahkan bisa jadi lebih produktif dari pada ponsel berlayar sentuh jutaan rupiah. Lebih lagi HP murah punya keunggulan yang jarang dimiliki HP mahal: baterai yang tahan lama.


[1] To-do-list = daftar hal-hal yang akan anda lakukan atau masih dalam perencanaan

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia. Dukung dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 8610185593 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur

Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28