2 Blog Yang Bisa Membantu Anda Menjadi Expert Dalam Blogging (bagian 1)


2 Blog Yang Bisa Membantu Anda Menjadi Expert Dalam Blogging (bagian 1)

Jika Anda memang ingin sukses dengan blog yang Anda buat, entah itu untuk tujuan pembentukan personal branding, make money blogging, company branding, atau sekedar untuk mendongkrak jumlah traffic blog Anda yang dari dulu begitu-begitu saja, maka inilah dua blog yang harus Anda pantau sekarang juga!

1. Problogger Blog Tips

Blog ini dirintis, dibangun, dan dikembangkan oleh Darren Rowse. Sampai saat tulisan ini dibuat, Problogger.net sudah menjadi semacam "mekkah" bagi orang-orang yang ingin belajar untuk mendulang ulang melalui blog. Darren Rowse sendiri bukanlah blogger sembarangan. Di seluruh dunia, mungkin hanya segelintir orang saja yang mampu mendulang jutaan dollar (six figure income) dari aktivitas ngeblog, dan Darren adalah salah satunya.

Sampai tulisan ini diterbitkan, Problogger.net sudah mengoleksi ribuan tulisan yang umumnya membahas seluk-beluk dunia per-blogging-an. Darren Rowse, yang juga turut mendirikan jaringan blog b5media, membagi Problogger ke dalam 28 kategori. Diantaranya; Blogging for Dollars, Adsense, Search Engine Optimization, Blog Design, Blogging Tools and Services, dan Blog Promotion.

Apa saja yang bisa Anda ambil dari blog ini?

Ilmu dan pengetahuan tentunya. Mulai dari teknik mendulang uang dengan Google Adsense atau alternatifnya, penjelasan seputar afiliate marketing, pemanfaatan blog untuk menjual produk digital atau non-digital, sampai ke curhat pribadi Darren tentang bagaimana ia mengatur waktunya secara adil untuk keluarga, hobi pribadi, proyek-proyek blog lainnya, dan problogger.net sendiri.

Selain diisi oleh tulisan-tulisan Darren, problogger.net juga diisi oleh para guest blogger yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini tentunya bisa menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan bagi pembaca problogger karena setiap guest blogger akan membawa ilmu dan pengalaman yang khas sesuai dengan pengalaman dan tempat dia berasal. Singkat cerita, rugi kalau tidak berlangganan feednya!

Nama Blog: Problogger
Akun twitter: @problogger
Rss Feed: problogger feed

2. QuickSprout

Salah satu blogger yang seringkali saya rujuk ilmunya adalah Neil Patel. Neil adalah seorang pemuda kelahiran  24 April 1985 - hei, dia bahkan lebih muda sekitar 3 bulan ketimbang saya - yang berada di balik blog terkenal, QuickSprout. Di dalam QuickSprout, Neil sering menerbitkan tulisan atau artikel seputar SEO (Search Engine Optimization), tips dan trik dalam menjalankan bisnis, pengalaman-pengalaman pahit dan manisnya dalam berbisnis, kiat-kiat sukses dalam membangun blog, atau bahkan sesekali ia pernah juga membagikan sebuah infographic yang keren tentang ruwetnya perpajakan di USA.

Salah satu hal yang membuat saya terkesan dengan Neil adalah keberanian dan ketulusannya dalam membagi pengalaman-pengalaman hidupnya sebagai seorang pebisnis yang penuh dengan lika-liku dan cobaan. Dan itulah salah satu hal yang membuat saya gemar membaca blog ini, saat membaca tulisan-tulisan Neil Patel, kita seperti diajak untuk menonton aksi-aksi Neil di masa lalu. Seorang anak ingusan yang pernah menjual CD dengan konten yang ilegal, yang pernah menjajal berjualan onderdir mobil, melakoni nasib sebagai petugas cleaning service, menjadi sales vacum cleaner seharga $1600, sampai akhirnya sukses meraih jutaan dollar dari bisnis onlinenya; Crazy Egg dan KISS Metric.

Keistimewaan QuickSprout


Setiap blog terkenal umumnya memiliki sisi kekhasan masing-masing yang mungkin sulit untuk ditiru oleh blog-blog terkenal lainnya. Dan di QuickSprout-pun kita dengan mudah akan menemukannya. Lalu apa itu? Di sini, Neil tampaknya selalu berusaha untuk membalas semua comment yang masuk ke dalam blognya. Entah apakah komentar itu berupa pertanyaan, pujian, atau bahkan kritikan, Neil tampaknya selalu membalas komentar tersebut.

Kalau tidak percaya, Anda boleh langsung menuju TKP. Sebagai awalan, cobalah melongok ke halaman "About Page" milik pemuda yang pernah masuk sebagai TOP 100 Blogger versi Technorati ini. Di sana sudah ada sekitar 1067 komentar - sampai tulisan ini dibuat - yang dimulai sejak tanggal 4 November 2008 sampai ke 17 Agustus 2011. Di halaman tersebut jelas sekali kalau Neil selalu berkeinginan untuk membangun koneksi berkepanjangan dengan pembacanya. Wow ...... bila Anda tidak mencintai pembaca Anda, mungkin Anda tidak akan mampu melakukan hal seperti ini. Subhanallah, salut deh untuk Neil Patel!

Nama Blog: QuickSprout
Twitter: @neilpatel
FB Fan Page: QuickSprout

Baiklah pembaca pm.com, untuk sementara dua tokoh dulu, di lain kesempatan, insyaallah akan saya review lagi beberapa blog yang tampaknya sangat sayang bila tidak diketahui oleh semua pembaca di pm.com. Bila ada saran atau kritikan mohon jangan sungkan melepas komentar di situs kita yang tercinta ini.

comments